Partisipasi masyarakat transmigran dalam manajemen pengembangan sarana prasarana sekolah (Studi kasus di SMA Negeri 11 Sijunjung Sumatera Barat) / Bagus Budi Antoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Partisipasi masyarakat transmigran dalam manajemen pengembangan sarana prasarana sekolah (Studi kasus di SMA Negeri 11 Sijunjung Sumatera Barat) / Bagus Budi Antoro

Antoro, Bagus Budi (2013) Partisipasi masyarakat transmigran dalam manajemen pengembangan sarana prasarana sekolah (Studi kasus di SMA Negeri 11 Sijunjung Sumatera Barat) / Bagus Budi Antoro. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Antoro Bagus B. 2013. Partisipasi Masyarakat Transmigran dalam Manajemen Pengembangan Sarana Prasarana Sekolah (Studi Kasus Di SMA Negeri 11 Sijunjung Sumatera Barat). Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. M. Huda A. Y. M. Pd. (II) Prof. Dr. Ali Imron M.Pd. Kata Kunci partisipasi masyarakat transmigran manajemen pengembangan sarana prasarana sekolah. 12288 12288 12288 12288 Dengan diberlakukannya otonomi daerah dalam desentralisasi pendidikan sejak tahun 2000 maka penyelenggaraan pendidikan harus mengacu pada kepentingan masyarakat yang komplek dan terus berubah karenanya harus dapat menyerap aspirasi anggota masyarakat dan dapat mendayagunakan potensi masyarakat dan daerah. Untuk konteks Indonesia saat ini bentuk partisipasi masyarakat dalam bidang pendidikan baik dalam kualitas maupun kuantitas menunjukan keanegaragaman antara satu daerah dengan daerah lain. 12288 12288 12288 12288 Cara untuk penyaluran partisipasi dapat diciptakan dengan berbagai variasi cara sesuai dengan kondisi masing-masing wilayah atau komunitas tempat masyarakat dan lembaga pendidikan itu berada. Salah satu kelompok masyarakat yang cukup menarik untuk diteliti terutama dalam partisipasi mereka terhadap pendidikan adalah kelompok masyarakat transmigran. 12288 12288 12288 12288 Dalam penulisan karya ilmiah ini peneliti menggunakan metode penelitian sebagaimana yang lazim digunakan dalam penelitian kualitatif yang terdiri dari pendekatan dan jenis penelitian kehadiran peneliti data dan sumber data metode pengumpulan data pengecekan keabsahan data analisis data tahap penelitian dan lokasi penelitian. 12288 12288 12288 12288 Fokus yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Perencanaan pengembangan sarana prasarana di SMA Negeri 11 Sijunjung oleh masyarakat transmigran yaitu program jangka pendek jangka menengah jangka panjang (2) Pengorganisasian (3) Pelaksanaan (4) Pengawasan dan (5) Hasil pelaksanaan program pengembangan sarana prasarana di SMA Negeri 11 Sijunjung ditinjau dari analisis SWOT. 12288 12288 12288 12288 Hasil dari penelitian ini adalah Pada tahap perencanaan pengembangan prasarana SMA N 11 Sijunjung melalui partisipasi masyarakat masyarakat terlihat sangat antusias ikut berpartisipasi Ada beragam alasan masyarakat sehingga mereka ikut berpartisipasi yang pada intinya adalah adanya pemberitahuan kepada mereka tentang perencanaan pembangunan prasarana SMAN 11 Sijunjung. 12288 12288 12288 12288 Secara umum kondisi yang terjadi adalah bahwa struktur organisasi sekolah menunjukkan SMAN 11 Sijunjung telah melaksanakan pembagian tugas yang jelas terhadap semua komponen yang ada. Khusus bidang yang menangani kehumasan dijabat oleh wakil kepala sekolah yang khusus membidangi itu seperti dalam struktur organisasi yang ada di SMAN 11 Sijunjung. 12288 12288 12288 12288 Bila dibandingkan dengan partisipasi masyarakat pada tahap perencanaan pada tahap pelaksanaan keikutsertaan masyarakat meningkat . Hal ini disebabkan oleh anggapan masyarakat yang menyatakan bahwa jika pada tahap perencanaan adalah urusan bagi yang warga yang terpilih dan duduk sebagai panitia pendirian SMA sedangkan pada tahap pelaksanaan warga masyarakat beranggapan bahwa siapapun boleh terlibat apalagi prasarana pendidikan yang dibangun berada di lingkungan permukiman warga transmigran. 12288 12288 12288 12288 Dalam pengawasan kegiatan pengembangan prasarana sekolah didapat data bahwa masyarakat cukup aktif. Berdasarkan notulensi rapat terlihat bahwa masyarakat yang aktif berpartisipasi dalam pengawasan meningkat dibanding pada tahap perencanaan dan pada tahap pelaksanaan. Peningkatan ini disebabkan adanya rasa kepemilikan masyarakat terhadap prasarana pendidikan yang dibangun di tempat tinggal mereka. 12288 12288 12288 12288 Hasil Analisis SWOT Partisipasi Masyarakat dalam Manajemen Pengembangan Prasarana Pendidikan. Kekuatan (Strenghts) adalah tersedianya dana dan SDM untuk memenuhi kebutuhan partisipasi tersedianya peraturan perundang-undangan partisipasi pendidikan adanya lembaga swadaya masyarakat untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan masyarakat adanya Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah adanya Dunia Usaha dan Industri. 12288 12288 12288 12288 Kelemahan (Weaknesses) adalah tugas rangkap pemberi pelayanan hubungan masyarakat kurangnya dedikasi dan mutu sebagian masyarakat (SDM) belum optimalnya fungsi team perencanaan kurangnya informasi di bidang partisipasi dalam pendidikan input berasal dari kalangan yang berpendidikan relative rendah serta dilatarbelakangi oleh ekonomi yang lemah. 12288 12288 12288 12288 Peluang (Opportunities) adalah adanya keinginan partisipasi masyarakat yang cukup besar di bidang pendidikan adanya dukungan pemerintah adanya Dunia Usaha/ Industri yang bersedia kerjasama kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan pendidikan adanya pelayanan pendidikan yang baik adanya kebijakan pengembangan pendidikan. 12288 12288 12288 12288 Ancamannya (Threats) adalah perilaku dan budaya masyarakat yang kurang mendukung program partisipasi pendidikan masih adanya krisis ekonomi yang melemahkan kemampuan masyarakat secara finansial belum mampunya pemerintahan kabupaten membantu biaya penyelenggaraan pendidikan sepenuhnya. 12288 12288 12288 12288 Saran penulis untuk pengembangan ilmu pengetahuan peneliti berikutnya agar dapat dilakukan penelitian multisitus pada situs yang lebih luas dan dalam kasus yang berbeda (Multi Case) penelitian tentang partisipasi masyarakat ini dapat dilakukan secara lebih mendalam dan intensif mengingat peran serta masyarakat dalam pendidikan mengalami pluktuasi dari waktu ke waktu berdasarkan faktor yang ikut mempengaruhinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57490

Actions (login required)

View Item View Item