KIepemimpinan kepala sekolah dalam visi dan misi sekolah (Studi multisitus di SD Negeri Melati 04 dan SD Negeri Mawar 01 Kecamatan Bumi Kota Apel) / Komsiyatin - Repositori Universitas Negeri Malang

KIepemimpinan kepala sekolah dalam visi dan misi sekolah (Studi multisitus di SD Negeri Melati 04 dan SD Negeri Mawar 01 Kecamatan Bumi Kota Apel) / Komsiyatin

Komsiyatin (2013) KIepemimpinan kepala sekolah dalam visi dan misi sekolah (Studi multisitus di SD Negeri Melati 04 dan SD Negeri Mawar 01 Kecamatan Bumi Kota Apel) / Komsiyatin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kepemimpinan kepala sekolah visi dan misi sekolah Sekolah Dasar Perkembangan era globalisasi menuntut tersedianya sumberdaya manusia berkualitas yang dapat diperoleh melalui mutu pendidikan yang baik. Mutu pendidikan yang baik tidak lepas dari peranan sekolah. Sekolah bermutu adalah sekolah yang mampu mewujudkan visi dan misi sekolah yang disusun sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Untuk menciptakan sekolah bermutu saat ini sedang dikembangkan manajemen berbasis sekolah (MBS) yang diharapkan mampu meningkatkan mutu pendidikan. Penerapan MBS di sekolah-sekolah tentu tidak terlepas dari kepemimpinan kepala sekolah yang efektif. Yang menjadi permasalahan kajian ini adalah bagaimana kepemimpinan kepala sekolah menjadi faktor utama dalam upaya mewujudkan visi dan misi sekolah. Untuk itu penelitian ini difokuskan pada (1) Peran Kepala Sekolah Dasar (SD) Negeri Melati 04 dan Kepala Sekolah Dasar (SD) Negeri Mawar 01 dalam mewujudkan Visi dan Misi Sekolah yang terdiri dari (a) manajemen (b) kurikulum (c) kesiswaan (d) proses belajar mengajar (e) tenaga pendidik dan kependidikan (f) sarana dan prasarana (2) langkah yang ditempuh oleh Kepala Sekolah Dasar (SD) Negeri Melati 04 dan Kepala Sekolah Dasar (SD) Negeri Mawar 01 dalam meningkatkan dukungan dan mengatasi hambatan dalam mewujudkan Visi dan Misi Sekolah dan (3) faktor pendukung dan penghambat Kepala Sekolah Dasar (SD) Negeri Melati 04 dan Kepala Sekolah Dasar (SD) Negeri Mawar 01 dalam mewujudkan Visi dan Misi Sekolah. Ketiga fokus penelitian tersebut dianalisis secara lintas situs untuk memahami dan mendeskripsikan pola temuan akibat persamaan karakteristik pada kedua situs. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan di SD Negeri Melati 04 dan SD Negeri Mawar 01 Kecamatan Apel Kota Wisata sebagai sekolah berprestasi dalam mewujudkan visi dan misi sekolahnya dengan jenis penelitian multisitus pada metode induksi analitik yang dimodivikasi untuk menemukan makna dari fenomena pada latar penelitian. Penentuan informan dilakukan dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling internal sampling time sampling dan teknik bola salju (snowball sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara mendalam (2) observasi partisipan dan (3) studi dokumentasi. Data yang terkumpul dari ketiga teknik tersebut dianalisis secara berulang yang di dalamnya melibatkan kegiatan reduksi data sajian data dan verivikasi/penarikan kesimpulan baik melalui analisis dalam situs maupun analisis lintas situs guna menyusun konsep temuan lapangan. Kredibilitas data di cek melalui trianggulasi sumber trianggulasi metode member check diskusi teman sejawat dan kecukupan referensi. Sedangkan dependabilitas dan konfirmabilitas diperoleh melalui pengauditan oleh dosen pembimbing. Temuan penelitian ini adalah pertama kepemimpinan efektif kepala sekolah mempunyai ciri-ciri kepemimpinan transformasional yaitu mampu mempengaruhi seluruh komponen sekolah untuk mewujudkan visi dan misi sekolah. Kepala sekolah dapat mengelola berbagai aspek baik manajemen tenaga pendidik dan kependidikan sarana dan prasarana kurikulum kesiswaan dan proses belajar mengajar secara optimal sehingga dapat mendukung terwujudnya visi dan misi sekolah. Kepala sekolah adalah sosok pemimpin yang gigih disiplin dan bertanggungjawab dalam usaha mewujudkan visi dan misi sekolah namun juga tidak lupa menciptakan suasana kerja yang nyaman serta menjalin hubungan yang harmonis dengan semua stakeholder dan masyarakat sekitar. Kedua langkah-langkah yang ditempuh kepala sekolah dalam usaha meningkatkan dukungan untuk mewujudkan visi dan misi sekolah antara lain (a) mensosialisasikan visi dan misi sekolah di setiap kesempatan (b) menggunakan sarana dan prasarana yang ada secara maksimal (c) menjalin hubungan baik dengan masyarakat sekitar (d) mengadakan kerjasama dan hubungan yang harmonis dengan seluruh sakeholder dan warga sekolah serta (e) menunjukkan prestasi yang diraih sekolah. Sedangkan langkah yang ditempuh kepala sekolah dalam mengatasi hambatan untuk mewujudkan visi dan misi sekolah antara lain (a) koordinasi secara rutin dengan dewan guru karyawan komite dan paguyuban kelas dan (b) mengadakan evaluasi program sekolah serta mensosialisasikan hasilnya kepada seluruh stakeholder. Ketiga faktor pendukung terwujudnya visi dan misi sekolah antara lain (a) sebagian besar tenaga pendidik dan kependidikan sudah memenuhi kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan (b) sarana dan prasarana yang memadai (c) dukungan komite dan paguyuban sekolah (d) adanya teamwork yang baik dalam sekolah. Beberapa faktor pendukung tersebut diberdayakan semaksimal mungkin dalam usaha mewujudkan visi dan misi sekolah. Sedangkan faktor penghambat terwujudnya visi dan misi sekolah antara lain (a) kurangnya jumlah ruang kelas (b) adanya sebagian guru yang masih menempuh pendidikan untuk memenuhi kualifikasi yang dipersyaratkan (c) sempitnya lahan sekolah. Beberapa faktor penghambat tersebut diatasi dengan lebih mengoptimalkan faktor pendukung yang ada. Dari hasil penelitian ini disarankan (1) bagi kepala sekolah SDN Melati 04 dan SDN Mawar 01 agar terus mengelola seluruh aspek pendidikan yang ada secara optimal (2) bagi dinas pendidikan agar selalu memberikan dukungan dalam upaya mewujudkan visi dan misi sekolah (3) bagi peneliti lain agar terus mengembangkan penelitian sehingga dapat diukur keabsahan hasil penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57485

Actions (login required)

View Item View Item