Penciptaan citra kualitas sekolah (studi multi situs di SDN Kauman 1 dan SDN Tunjungsekar 1 Kota Malang) / Mutmainah Amini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penciptaan citra kualitas sekolah (studi multi situs di SDN Kauman 1 dan SDN Tunjungsekar 1 Kota Malang) / Mutmainah Amini

Amini, Mutmainah (2013) Penciptaan citra kualitas sekolah (studi multi situs di SDN Kauman 1 dan SDN Tunjungsekar 1 Kota Malang) / Mutmainah Amini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci penciptaan citra kualitas sekolah. Penelitian ini dilakukan berlandaskan keberadaan pendidikan yang memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap kemajuan bangsa dan dalam membangun watak bangsa. Salah satu pendekatan yang dipilih di era desentralisasi sebagai alternatif peningkatan kualitas pendidikan melalui pengembangan organisasi sekolah adalah pemberian otonomi yang luas di tingkat sekolah serta partisipasi masyarakat yang tinggi dalam kerangka kebijakan pendidikan nasional.Sekolah sebagai penyedia layanan pendidikan kepada masyarakat memiliki karekteristik yang spesifik yang erat kaitannya dengan citra positif sekolah itu yang telah berkembang di masyarakat. Penciptaan citra kualitas sekolah yang seharusnya diupayakan oleh lembaga pendidikan tersebut bertujuan agar mampu membawa kemajuan. Kemajuan dalam hal akademis dan non akademis secara intern yang akan berpengaruh positif pada image sekolah. Penelitian ini dilakukan di dua situs yaitu SDN kauman 1 dan SDN Tunjungsekar 1 yang bertujuan untuk menjelaskan bagaimana sebuah citra dapat dibangun melalui berbagai aspek pada sekolah yang diantaranya melalui (1) proses belajar (2) kedisiplinan warga sekolah dan (3) sarana prasarana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi multi situs. Data berupa data deskripsi yang diperoleh melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkanbahwa penciptaan citra kualitas sekolah yang dilakukan di SDN Kauman I dan SDN Tunjungsekar I Kota Malang 1) Pelaksanaan proses belajar mengajar yaitu di kedua sekolah tersebut terdapatkesamaan konsep yang dilakukan yaitudalam pelaksanaan proses belajar mengajar agar dapat membawa siswa memahami materi yang diajarkan karena guru membuat persiapan mengajar yang matang memiliki ketrampilan mengajar yang benar siswa ditempatkan pada posisi benar-benar belajar dan belajar disiplin dan tanggung jawab menggunakan sistem reward and recognition dan pemahaman materi dan praktik. 2) Di kedua sekolah tersebut menunjukkandisiplin sekolah berjalan dengan lancar karena kepala sekolah dan guru menjadi suri tauladan berjalannya komunikasi dan kepengawasan secara tidak langsung oleh komite masyarakat dan walimurid. 3) Di kedua sekolah tersebut menunjukkanpemenuhan kebutuhan sarana prasarana sekolah lebih mudah teratasi karena pemenuhan sarana prasarana yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan didukung oleh pemerintah dan masyarakat. Sarana prasarana yang ada di kedua SD yang dapat menunjang kegiatan proses belajar mengajar di sekolah berupa pemenuhan sarana di tiap kelas yangminimal terdapat LCD Komputer dan Speaker ketersediaan laboratorium IPA Multimedia/sanggar kesenian Bahasa Komputer dan ketersediaan pendukung berupa Ruang Kepala Sekolah Ruang Guru Ruang Tata Usaha Ruang Kelas Perpustakaan Serbaguna/Aula Mushola Ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS) Ruang Kelompok Kerja Guru (KKG) Kantin sekolah Gudang Kamar kecil/WC Guru Kamar kecil/WC murid Dapur Pos Satpam dan Rumah Penjaga Sekolah. Kemudian berikut adalah saran berdasarkan temuan diatas terkait dengan penciptaan citra kualitas sekolah di SDN Kauman 1 dan SDN Tunjungsekar 1 Kota Malang 1) Bagi Kepala Sekolah agar program yang dilakukan guna meningkatkan proses belajar mengajar kedisiplinan dan kelengkapan sarana prasarana senantiasa dipertahankan supaya dapat meningkatkan mutu pendidikan sehingga dapat menciptakan citra kualitas sekolah yang positif 2) Bagi guru agar pelaksanaan program yang dilakukan guna meningkatkan proses belajar mengajar dan kedisiplinan senantiasa dipertahankan serta pemeliharaan dan penggunaan sarana prasarana tetap dilakukan agar dapat meningkatkan antusiasme belajar dan prestasi siswa 3) Bagi Komite Sekolah kemitraan yang partisipatif dan aktif mampu menjaga mutu sekolah terkait proses belajar mengajar pemeliharaan tradisi kedisiplinan serta penggunaan dan pemanfaatan sarana prasarana 4) Bagi orang tua untuk senantiasa berpartisipasi dalam memberikan saran untuk meningkatkan kebaikan sekolah terkait proses belajar mengajar pelaksanaan kedisiplinan serta penggunaan dan pemanfaatan sarana prasarana dan 5) Bagi semua warga sekolah tetap disiplin dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya supaya dapat menjadi suri tauladan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57482

Actions (login required)

View Item View Item