Kontribusi supervisi kepala sekolah, insentif guru, dan motivasi berprestasi guru terhadap kinerja guru SDN se Kecamatan Junrejo Kota Batu / Muskowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi supervisi kepala sekolah, insentif guru, dan motivasi berprestasi guru terhadap kinerja guru SDN se Kecamatan Junrejo Kota Batu / Muskowati

Muskowati (2013) Kontribusi supervisi kepala sekolah, insentif guru, dan motivasi berprestasi guru terhadap kinerja guru SDN se Kecamatan Junrejo Kota Batu / Muskowati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muskowati 2012. Kontribusi Supervisi Kepala Sekolah Insentif Guru dan Motivasi Berprestasi Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Sekecamatan Junrejo Kota Batu. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Willem Mantja M.Pd. (2) Prof. H. Ahmad Sonhadji K.H. M.A. Ph.D Kata kunci supervisi insentif motivasi kinerja guru sekolah dasar. Kinerja guru dewasa ini sangat diperlukan apalagi dengan adanya program pemerintah tentang Penilaian Kinerja Guru yang akan dilaksanakan awal tahun 2013 sebagai syarat untuk kenaikan pangkat guru menjadi salah satu penentu pentingnya keberhasilan pendidikan. Sebagai dasar pemimpin pembelajaran yang memfasilitasi kegiatan belajar mengajar guru dituntut untuk memiliki kinerja bagus. Salah satu pihak yang bertanggung jawab untuk meningkatkan kinerja guru adalah kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan di lembaga sekolah. Kepala sekolah dapat meningkatkan kinerja guru melalui kegiatan supervisi. Selain itu kinerja guru juga dapat ditingkatkan melalui insentif guru yang memadai dan motivasi berprestasi yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (a) kinerja guru sekolah dasar negeri sekecamatan Junrejo kota Batu (b) supervisi kepala sekolah dasar negeri sekecamatan Junrejo kota Batu (c) insentif guru sekolah dasar negeri sekecamatan Junrejo kota Batu (d) motivasi berprestasi guru sekolah dasar negeri sekecamatan Junrejo kota Batu (e) kontribusi supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri sekecamatan Junrejo kota Batu (f) kontribusi insentif guru terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri sekecamatan Junrejo kota Batu (g) kontribusi motivasi berprestasi guru terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri sekecamatan Junrejo kota Batu (h) kontribusi supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri sekecamatan Junrejo kota Batu (i) kontribusi insentif guru terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri sekecamatan Junrejo kota Batu dan (j) motivasi terhadap guru sekolah dasar negeri sekecamatan Junrejo kota Batu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif kolerasional jumlah populasi adalah 230 orang. Model analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda sampel yang digunakan 139 orang guru sekolah dasar negeri sekecamatan Junrejo kota Batu. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa (a) kinerja guru sangat tinggi (b) supervisi kepala sekolah dasar negeri sekecamatan Junrejo kota Batu termasuk dalam kategori sangat tinggi (c) insentif guru sekolah dasar negeri sekecamatan Junrejo kota Batu termasuk kategori tinggi (d) motivasi berprestasi guru sekolah dasar negeri sekecamatan Junrejo kota Batu termasuk dalam kategori sangat tinggi (e) supervisi kepala sekolah secara parsial mempunyai kontribusi terhadap kinerja guru secara relatif sebesar 0 295 (29 5%) dan secara efektif sebesar 10 1% (f) insentif guru secara parsial mempunyai kontribusi terhadap kinerja guru secara relatif sebesar 0 023 (2 3%) dan secara efektif sebesar 0 8% (g) motivasi berprestasi guru secara parsial mempunyai kontribusi terhadap kinerja guru secara relatif sebesar 0 683 (68 3%) dan secara efektif sebesar 23 4% dan (h) supervisi kepala sekolah insentif guru dan motivasi berprestasi guru berkontribusi secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Besarnya kontribusi itu adalah 34 2%. Jika terjadi kenaikan kinerja guru sebesar 100% maka sisanya sebesar 65 8% dipengaruhi oleh variabel lain. Implikasi dari temuan ini adalah bahwa dalam rangka meningkatkan kinerja guru kepala sekolah dan pemerintah dapat melakukannya antara lain dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas supervisi kepala sekolah (termasuk juga supervisi pegawai) meningkatkan insentif guru hingga mampu menjamin kesejahteraan guru dan memotivasi para guru untuk terus meningkatkan kinerjanya. Selain itu secara pribadi guru juga harus mampu mengelola dan meningkatkan motivasi berprestasinya untuk bekerja dengan sebaik-baiknya sebagai seorang profesional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57480

Actions (login required)

View Item View Item