Manajemen kesiswaan pada penyelenggaraan pendidikan inklusi (studi multisitus di SDN Percobaan I Malang dan SDN Junrejo I Kota Batu) / Wilujeng Herawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen kesiswaan pada penyelenggaraan pendidikan inklusi (studi multisitus di SDN Percobaan I Malang dan SDN Junrejo I Kota Batu) / Wilujeng Herawati

Herawati, Wilujeng (2013) Manajemen kesiswaan pada penyelenggaraan pendidikan inklusi (studi multisitus di SDN Percobaan I Malang dan SDN Junrejo I Kota Batu) / Wilujeng Herawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci manajemen kesiswaan manajemen kesiswaan pendidikan inklusi. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 70 Tahun 2009 membahas pendidikan layanan khusus (pendidikan isklusif). Dalam peraturan ini yang dimaksud dengan pendidikan inklusif adalah sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki kecerdasan dan/atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam lingkungan pendidikan bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya (pasal 1). Penyelenggaraan pendidikan inklusi sudah banyak didirikan di sekolah negeri tetapi perkembangannya belum dapat maksimal karena masih kurangnya pemahaman tentang manajemen layanan khusus terutama manajemen kesiswaan/kepesertadidikan. Lokasi penelitian ini adalah di SDN Percobaaan I Malang dan di SDN Junrejo I Kecamatan Junrejo Kota Batu. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan seleksi atau penerimaan siswa pada penyelenggaraan sekolah inklusif di SDN Percobaan I Malang dan SDN Junrejo I Kecamatan Junrejo Kota Batu. (2) mendeskripsikan pengelompokan siswa pada penyelenggaraan sekolah inklusif di SDN Percobaan I Malang dan SDN Junrejo I Kecamatan Junrejo Kota Batu. (3) mendeskripsikan pembinaan pendidikan pada sekolah inklusif di SDN Percobaan I Malang dan SDN Junrejo I Kecamatan Junrejo Kota Batu. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan metode penelitian kualitatif yaitu penelitian yang berupaya mendeskripsikan suatu proses. Adapun rancangan penelitian ini adalah Studi Multi-Situs. Penelitian dengan multi-situs arahnya lebih banyak untuk mengembangkan teori yang kecenderungan memiliki banyak situs yaitu dua atau tiga. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) wawancara (2) observasi (3) studi dokumentasi. Analisis data yang telah diperoleh dilakukan melalui kegiatan menelaah data menata membagi menjadi satuan yang dapat dikelola mensintesis mencari pola yang akan diteliti dan diputuskan oleh peneliti untuk dilaporkan secara sistematis. Hasil penelitian (1) adanya beberapa perbedaan waktu pendaftaran calon siswa baru di SDN Percobaan I Malang untuk calon siswa regular dan calon siswa ABK. Calon siswa juga harus melewati seleksi administrasi dan tes tulis yang sangat ketat. Sedangkan di SDN Junrejo I kecamatan Junrejo Kota Batu waktu pendaftaran untuk calon siswa regular dan ABK waktunya bersamaan dengan menggunakan sistem promosi atau semua siswa akan diterima jika daya tampung kelas masih tersedia. (2) pengelompokan siswa di SDN Percobaan I Malang dan di SDN Junrejo I Kecamatan Junrejo Kota Batu memiliki kesamaan yaitu pengelompokan berdasarkan kecerdasan Kemampuan akademik dan kebutuhan khusus. (3) penanganan siswa baru di SDN percoban I Malang melalui tahapan observasi yang mendalam baik sebelum resmi menjadi siswa maupun setelah resmi menjadi siswa. Sedangkan di SDN Junrejo I Kecamatan Junrejo Kota Batu ABK yang mendaftar akan dikaji ulang apabila belum bisa masuk di kelas regular maka akan ditempatkan di kelas khusus.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57479

Actions (login required)

View Item View Item