Hubungan kedisplinan dan pengembangan profesional dengan kinerja guru SD Negeri Di Kota Batu / Titik Nurhayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kedisplinan dan pengembangan profesional dengan kinerja guru SD Negeri Di Kota Batu / Titik Nurhayati

Nurhayati, Titik (2013) Hubungan kedisplinan dan pengembangan profesional dengan kinerja guru SD Negeri Di Kota Batu / Titik Nurhayati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kedisiplinan pengembangan profesionalisme kinerja guru SD Negeri Pada kenyataannya dari pengamatan peneliti di lapangan kesan masyarakat terhadap guru khususnya SD Negeri di Kota Batu sangat memprihatinkan atau masih jauh dari harapan masyarakat terutama di kalangan orang tua siswa karena mutu pendidkan yang diperoleh putra-putrinya tidak cukup memadai sebagaimana yang diharapkan. Selain itu seringnya siswa mengeluhkan cara mengajar guru yang tidak menarik. Realitas ini menunjukkan salah satu indikator bahwa guru belum dapat memerankan tugas dan fungsinya sebagaimana mestinya atau terkesan kinerja guru masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran kedisiplinan pengembangan profesional dan kinerja guru SD Negeri di Kota Batu (2) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kedisiplinan dengan kinerja guru SD Negeri di Kota Batu (3) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara pengembangan profesional dengan kinerja guru SD Negeri di Kota Batu (4) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan secara simultan yang signifikan antara kedisiplinan dan pengembangan profesional dengan kinerja guru SD Negeri di Kota Batu. Berdasarkan rumusan masalah dan tujuan penelitian ini maka penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian korelasional. Penelitian ini mengungkapkan hubungan dua variabel yakni variabel kedisiplinan dan pengembangan profesional guru yang diduga ada hubungannya dengan kinerja guru. Variabel yang diduga ada hubungannya dengan kinerja guru tersebut ditempatkan sebagai variabel bebas (X) dan kinerja guru ditempatkan sebagai variabel terikat (Y). Populasi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah guru SD Negeri yang mempunyai kedudukan sebagai tenaga profesional (pengajar) yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada satuan pendidikan SD Negeri yang tersebar di tiga daerah kecamatan Kota Batu. Adapun jumlah populasi tersebut adalah sebanyak 573 orang guru. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian adalah teknik angket sehingga diperoleh data yang valid dan reliabel sesuai dengan tujuan penelitian. Dasar pertimbangan penggunaan angket untuk mengumpulkan data adalah karena faktor efisiensi dan efektivitas dalam penggunaannya. Instrumen pengumpulan data yang dipergunakan untuk pengumpulan data yang diharapkan adalah disesuaikan dengan metode yang dipergunakan yaitu berupa angket. Dalam penelitian ini uji coba instrumen dimaksud dilakukan pada 30 orang responden dari populasi yang tidak termasuk dalam sampel penelitian. Pengujian validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 17 for Windows. Adapun rumus yang dipergunakan untuk pengujian validitas instrumen adalah rumus Pearson Product Moment sedangkan untuk menguji reliabilitas instrumen dilakukan dengan menggunakan teknik Alpha Cronbach yang rumusnya sebagaimana telah dikemukakan di atas. Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) Persepsi guru SD Negeri di Kota Batu terhadap kedisiplinan pengembangan profesional dan kinerja guru berada pada kategori sangat tinggi (2) Ada hubungan yang signifikan antara kedisiplinan dengan kinerja guru SD Negeri di Kota Batu. Hal ini menunjukkan bahwa semakin meningkatnya kedisiplinan dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan maka akan meningkatkan atau semakin tingginya kinerja guru. Demikian juga sebaliknya semakin rendah kedisiplinan dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan maka akan selalu diikuti semakin rendahnya kinerja guru (3) Ada hubungan yang signifikan antara pengembangan profesional dengan kinerja guru SD Negeri di Kota Batu. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi pengembangan profesional yang dimiliki guru sesuai dengan profesinya maka akan meningkatkan atau semakin tingginya kinerja guru dalam melaksanakan tugas atau pekerjaannya. Begitu juga sebaliknya semakin rendah tingkat pengembangan profesional yang dimiliki guru maka akan selalu diikuti dengan semakin rendahnya kinerja guru dalam melaksanakan tugas atau pekerjaannya (4) Ada hubungan secara simultan atau bersama-sama yang signifikan antara kedisiplinan dan pengembangan profesional dengan kinerja guru SD Negeri di Kota Batu. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tingginya tingkat kedisiplinan dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan dan tingginya pengembangan profesional yang dimiliki guru sesuai dengan profesinya maka semakin meningkatnya kinerja dalam melaksanakan tugas atau pekerjaannya. Beberapa saran yang diusulkan terkait dengan hasil penelitian ini adalah (1) Guru dalam hal ini para guru SD Negeri se-wilayah Kota Batu kedisiplinan pengembangan profesional dan kinerja yang dicapai selama ini hendaknya senantiasa terus ditingkatkan baik dari sisi kuantitas maupun kualitasnya. Untuk itu guru harus peka dan tanggap terhadap setiap kebijakan pemerintah yang berkenaan dengan pembangunan pendidikan khususnya bidang pendidikan dasar. Disamping itu perlu peka dan tanggap terhadap perubahan pembaharuan dan ilmu pengetahuan serta teknologi yang terus berkembang sejalan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat dan perkembangan zaman. Dengan demikian diharapkan akan menjadi guru yang betul-betul profesional (2) Kepala Sekolah khususnya para Kepala SD Negeri di Kota Batu mengingat pentingnya kedisiplinan dan pengembangan profesional bagi guru dalam upaya meningkatkan kinerjanya maka perlu peningkatan bimbingan dan supervisi secara berkelanjutan terhadap para guru berkenaan dengan pelaksanaan tugas dan fungsinya. Dengan demikian diharapkan dapat memberi dampak positif terhadap kualitas pembelajaran dan mutu pendidikan di sekolah (3) Dinas Pendidikan dalam hal ini Dinas Pendidikan Kota Batu kondisi kedisiplinan pengembangan profesional dan kinerja guru SD Negeri di Kota Batu yang sudah baik ini dapat terus dipelihara dan ditingkatkan. Namun disisi lain bagi guru yang berkualitas dan berkinerja tinggi perlu mendapat penghargaan (reward) yang memadai. Dengan demikian akan dapat mendorong dan memotivasi para guru untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas dan kinerjanya (4) Para peneliti berikutnya perlu ada kajian yang lebih spesifik dan mendalam tentang pengembangan profesionalisme guru SD dan dampaknya terhadap penyelenggaraan pendidikan di SD sehingga dapat mendukung pelaksanaan program pemerintah bidang pendidikan untuk SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57478

Actions (login required)

View Item View Item