Asesmen kebutuhan pengembangan profesionalisme guru SMK RSBI (Studi Kasus di SMKN 3 Malang) / Canni Loren Sianturi - Repositori Universitas Negeri Malang

Asesmen kebutuhan pengembangan profesionalisme guru SMK RSBI (Studi Kasus di SMKN 3 Malang) / Canni Loren Sianturi

Sianturi, Canni Loren (2012) Asesmen kebutuhan pengembangan profesionalisme guru SMK RSBI (Studi Kasus di SMKN 3 Malang) / Canni Loren Sianturi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci asesmen kebutuhan pengembangan profesionalisme profesionalisme guru SMK Kondisi kehidupan global saat ini menuntut supaya semua produk dalam bentuk apa pun harus memenuhi standar internasional. Guru yang profesionalismenya relevan dengan kondisi itu adalah sosok utama yang dibutuhkan untuk dapat menghadapinya. Oleh karena itu profesionalisme guru harus dikembangkan secara terus menerus. Asesmen kebutuhan merupakan langkah awal yang mutlak harus dilakukan sebelum perencanaan pengembangan profesionalisme guru dibuat sehingga program yang ditetapkan untuk memenuhinya objektif dan efektif. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 3 Malang dan berfokus pada asesmen kebutuhan pengembangan profesionalisme guru SMK RSBI. Fokus utama tersebut dibagi menjadi tiga subfokus yaitu (1) kondisi profesionalisme guru SMKN 3 Malang (2) kondisi pelaksanaan pengembangan profesionalisme guru SMKN 3 Malang dan (3) kebutuhan pengembangan profesionalisme guru SMKN 3 Malang. Mengacu pada ketiga subfokus itu tujuan utama penelitian ini ada tiga yaitu (1) untuk mendeskripsikan kondisi profesionalisme guru SMKN 3 Malang (2) untuk mendeskripsikan kondisi pelaksanaan pengembangan profesionalisme guru SMKN 3 Malang dan (3) untuk mencari tahu kebutuhan pengembangan profesionalisme guru SMKN 3 Malang. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan pendekatan penelitian kualitatif dan rancangan studi kasus karena penelitian ini bersifat fenomenologis. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri dan informannya adalah guru siswa dan orangtua siswa SMKN 3 Malang. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data penelitian ini adalah teknik wawancara mendalam observasi lapangan dan studi dokumentasi. Semua data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik observasi terfokus dan teknik analisis interaktif. Untuk menguji keabsahan data penelitian ini digunakan teknik triangulasi member check dan expert judgement. Ada tiga temuan yang diperoleh melalui penelitian ini. Pertama profesionalisme guru SMKN 3 Malang sudah sesuai dengan standar yang diharapkan UURI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen namun belum mencapai standar minimal RSBI khususnya dalam hal penerapan pembelajaran dengan sistem bilingual dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kedua berdasarkan karakteristik kompetensi dasar guru pelaksanaan pengembangan kompetensi pedagogik guru SMKN 3 Malang selama ini berfokus pada aspek kognitif psikomotorik dan belum sesuai dengan harapan pengembangan kompetensi kepribadiannya berfokus pada aspek afektif psikomotorik dan pelaksanaannya sudah sesuai dengan harapan pengembangan kompetensi sosialnya berfokus pada aspek afektif psikomotorik dan pelaksanaannya sudah sesuai dengan harapan pengembangan kompetensi profesionalnya berfokus pada aspek kognitif dan pelaksanaannya belum sesuai harapan. Temuan penelitian juga menunjukkan bahwa guru SMKN 3 Malang sangat antusias dalam mengembangkan profesionalismenya. Berdasarkan lokasi pelaksanaannya kegiatan pengembangan profesionalisme guru SMKN 3 Malang ada dua yaitu kegiatan di lingkungan internal dan eksternal sekolah. Kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan internal adalah musyawarah guru mingguan tugas tambahan workshop kursus diskusi dengan teman sejawat team teaching supervisi dan studi lanjut sedangkan yang dilaksanakan di lingkungan eksternal adalah diklat MGMP observasi ke DUDI sekolah lain seminar workshop dan pameran. Singkatnya pelaksanaan pengembangan profesionalisme guru SMKN 3 selama ini menerapkan model Standards-Based Professional Development. Temuan ketiga adalah tentang hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan pengembangan profesionalisme guru SMKN 3 Malang. Untuk kompetensi pedagogiknya guru SMKN 3 Malang membutuhkan pengembangan profesionalisme tentang strategi pembelajaran yang berbasis character building bagi remaja postmodern bahasa Inggris dan ICT dan kebutuhan tersebut sangat mendesak saat ini. Untuk kompetensi kepribadiannya guru SMKN 3 Malang membutuhkan pengembangan profesionalisme tentang strategi meningkatkan motivasi kerja dan kebutuhan tersebut belum mendesak saat ini. Untuk kompetensi sosialnya guru SMKN 3 Malang membutuhkan pengembangan profesionalisme tentang keterampilan berkomunikasi dan berelasi namun kebutuhan tersebut belum mendesak saat ini. Untuk kompetensi profesionalnya guru SMKN 3 Malang membutuhkan pengembangan profesionalisme tentang PTK dan kebutuhan tersebut sangat mendesak saat ini. Berdasarkan bentuk pelaksanaannya guru SMKN 3 Malang ingin supaya pelaksanaan kegiatan pengembangan profesionalisme guru memuat sesi belajar teoritis dan sesi praktek. Berdasakan lokasi dan waktu pelaksanaannya guru SMKN 3 Malang mengharapkan kegiatan pengembangan profesionalisme guru dilaksanakan di daerah yang dekat dengan wilayah kerja mereka sehingga tidak perlu meninggalkan tugas sekolah dan keluarganya demi mengikuti kegiatan itu dan mereka juga mengharapkan supaya intensitas pelaksanaannya ditingkatkan di masa mendatang. Untuk memenuhi kebutuhan pengembangan profesionalisme guru SMKN 3 Malang ada beberapa hal yang perlu dilaksanakan berdasarkan temuan penelitian ini. Pertama untuk memenuhi kebutuhan pengembangan kompetensi pedagogik gurunya SMKN 3 Malang perlu sekolah perlu mengadakan diklat tentang konsep dasar dan penerapan pembelajaran berbasis character building bilingual dan ICT. Kedua untuk memenuhi kebutuhan pengembangan kompetensi kepribadian gurunya SMKN 3 Malang perlu mengadakan sharing dengan tokoh masyarakat tiap bulan sehingga guru semakin terinspirasi untuk bekerja lebih keras bagi bangsa dan negaranya. Untuk memenuhi kebutuhan pengembangan kompetensi sosial gurunya SMKN 3 Malang mewajibkan guru-guru dari bidang keahlian yang sama menampilkan karya baru mereka di setiap akhir tahun ajaran sebagai wujud kerja sama dan komunikasi yang baik yang selalu mereka jalin. Untuk memenuhi kebutuhan pengembangan kompetensi profesional gurunya SMKN 3 Malang perlu menyelenggarakan diklat tentang konsep dasar PTK dan penerapannya. Untuk memenuhi kebutuhan guru SMKN 3 Malang berdasarkan bentuk lokasi dan waktu pelaksanaannya pihak penangungjawab pengelolaan SDM SMKN 3 Malang hendaknya mendesain pelaksanaan kegiatan pengembangan profesionalisme gurunya sedemikian rupa supaya tidak hanya menggunakan metode ceramah saja namun metode praktek juga supaya lokasi pelaksanaannya dilakukan di lokasi yang mudah dijangkau dan supaya intensitas pelaksanaanya ditingkatkan dari yang sebelumnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57477

Actions (login required)

View Item View Item