Hubungan persepsi siswa terhadap pendidikan karakter, dan kedisiplinan dengan tingkat prestasi akademik siswa SMP di Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang / Kun Pancaya Aprilianto

Aprilianto, Kun Pancaya (2012) Hubungan persepsi siswa terhadap pendidikan karakter, dan kedisiplinan dengan tingkat prestasi akademik siswa SMP di Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang / Kun Pancaya Aprilianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci : pendidikan karakter, kedisiplinan, prestasi akademik Indonesia memerlukan sumberdaya manusia dalam jumlah dan mutu yang memadai sebagai pendukung utama dalam pembangunan. Untuk memenuhi sumberdaya manusia tersebut, pendidikan memiliki peran yang sangat penting.Hal ini sesuai dengan UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 3, yang menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.Berdasarkan fungsi dan tujuan pendidikan nasional, jelas bahwa pendidikan di setiap jenjang, termasuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) Pendidikan karakter merupakan suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME), diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi manusia berdaya guna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang didasarkan pada model rancangan yang bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa SMP Negeri dan Swasta di Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang sampelnya sebanyak 108 di ambil secara random. Data dikumpulkan dengan angket hasilnya di analisis dengan teknik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa pendidikan disiplin dan karakter dapat diperoleh skor rata-rata sebesar 123,96 dengan kedudukan kategori tinggi sebesar 53,70%, selebihnya berada pada kategori sangat tinggi sebesar 15,75% dan 30,55% berada pada kategori sedang. Hubungan antara variable disiplin (x1) karakter siswa (x2) dan tingkat prestasi (y) SMP Kecamatan Pakisaji rxly = 0,4975 tergolong tinggi sedangkan untuk menyatakan besar kecilnya kontribusi ( sumbangan efektif ) variabel tingkat disiplin ( X1 ) pada variabel karakter (Y) di tentukan oleh kooefisien diterminasi. Nilai koefisien determinasi di peroleh dengan kuadrat koofisien korelasi di kalikan 100% =28,99%, sehingga terdapat hubungan yang signifikan. Dengan demikian, sebagian besar siswa yang rata-rata memiliki disiplin dan karakter yang tinggi juga mempunyai keinginan yang tinggi dalam mencapai prestasi di sekolah. Dari hasil temuan tersebut maka disampaikan beberapa saran berikut ini: dari hasil penelitian masih terdapat sebagian siswa yang disiplinnya dalam katagori sedang. Oleh karena itu peningkatan pengawasan pihak sekolah kepada siswa di dalam menerapkan tata tertib diperketat sehingga siswa selalu terpantau apabila melanggar tata tertib, sekaligus meningkatkan prestasi siswa dan mengembangkan kemampuan dengan mengikutsertakan perlombaan perlombaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57464

Actions (login required)

View Item View Item