Manajemen peningkatan mutu guru sekolah dasar (studi kasus pada pendidikan Kota Batu) / Asmulik - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen peningkatan mutu guru sekolah dasar (studi kasus pada pendidikan Kota Batu) / Asmulik

Asmulik (2012) Manajemen peningkatan mutu guru sekolah dasar (studi kasus pada pendidikan Kota Batu) / Asmulik. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci peningkatan mutu guru SD dinas pendidikan Penerapan manajemen peningkatan mutu guru sekolah dasar diyakini sebagai faktor yang sangat penting dalam usaha meningkatan mutu pendidikan Bangsa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses perencanaan pengorganisasian pelaksanaan dan evaluasi peningkatan mutu guru yang dilaksanakan pada dinas pendidikan. Menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk menghitung hasil penyebaran angket dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi wawancara dokumentasi dan dilengkapi instrumen berupa angket. Analisis data menggunakan metode analisis interaktif semua data yang diperoleh disajikan dalam bentuk deskriptif dan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi. Dalam penelitian ini dijumpai bahwa Dinas Pendidikan Kota Batu telah melaksanakan manajemen peningkatan Mutu Guru SD yang diaktualisasikan dalam beberapa program peningkatan mutu guru mengaktifkan kelompok kerja guru supervisi sertifikasi guru studi lanjut dan program pengembangan profesi. Semua program terlaksana dengan baik untuk pengorganisasian sudah sesuai dengan tugas pokok dan fungsi. Untuk evaluasi perencanaan ada kelemahan di bidang studi lanjut di temukan masih ada 353 guru (30 27%) guru yang belum S1 serta kelemahan bidang pengembangan profesi terbukti banyak guru yang pangkatnya terhenti pada golongan IIId dan IVa karena terhambat pada pembuatan Karya Tulis Ilmiah. Pengorganisasian sudah tertata dengan baik Kepala Dinas memberi arah kebijakan berdasarkan atas visi dan misi yang dibangun secara bersama-sama tetapi masih terjadi misregulasi khususnya di satuan pendidikan sekolah dasar urusan surat menyurat atau menyelesaikan berbagai laporan langsung ke Dinas Pendidikan yang seharusnya melalui UPTD. Pengontrolan program cukup intens melalui monitoring maupun evaluasi akhir program dalam setiap kegiatan adanya sumber daya manusia yang memadai sarana prasaran yang representatif wilayah kerja yang terjangkau dukungan pemerintah daerah dan masyarakat yang kondusif maka peningkatan mutu guru di Batu terlaksana cukup baik. Diharapkan pada Dinas Pendidikan Kota Batu untuk dapat meningkatkan sumber daya guru ini serta menjalin kerja sama dan dukungan dari berbagai pihak mengevaluasi hasil yang telah dicapai agar hasil yang akan datang lebih baik. Untuk sekolah dan kepala sekolah program dapat dijadikan acuan dalam pembuatan program kerja sehingga peningkatan mutu guru menjadi prioritas juga kepada para pendidik untuk lebih termotivasi agar usaha peningkatan mutu guru ini benar-benar dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57462

Actions (login required)

View Item View Item