Manajemen pengembangan kurikulum muatan lokal pada sekolah menengah pertama (Studi multikasus di SMPN 2 Sumberpucung dan SMPN 1 Turen) / Aning Indriasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pengembangan kurikulum muatan lokal pada sekolah menengah pertama (Studi multikasus di SMPN 2 Sumberpucung dan SMPN 1 Turen) / Aning Indriasari

Indriasari, Aning (2012) Manajemen pengembangan kurikulum muatan lokal pada sekolah menengah pertama (Studi multikasus di SMPN 2 Sumberpucung dan SMPN 1 Turen) / Aning Indriasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Kusmintardjo M.Pd. (II) Dr. H. Imron Arifin M.Pd. Kata kunci manajemen pengembangan kurikulum kurikulum muatan lokal sekolah menengah pertama. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah telah memberikan wewenang seluas-luasnya kepada daerah untuk mengatur rumah tangganya termasuk dalam bidang pendidikan. Hal ini memberikan peluang kepada pihak daerah untuk merumuskan dan menetapkan kurikulum yang sesuai dengan ciri khas daerah yang bersangkutan baik segi kultural sosial maupun ekonomi. Dalam upaya mewujudkan dan mengembangkan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas dan relevan dengan lingkungan sosial budaya sosial ekonomi dan IPTEK maka sekolah perlu merumuskan kurikulum lokal namun berwawasan global yang diharapkan memiliki modal keterampilan dasar yang relevan dengan potensi daerah dengan teknologi global. Manajemen Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal merupakan hal yang berbeda dengan kurikulum nasional sebab isi dan medianya dirumuskan oleh sekolah yang bersangkutan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan implementasi dan evaluasi kurikulum muatan lokal di SMP Negeri 2 Sumberpucung dan SMP Negeri 1 Turen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan menggunakan rancangan studi multisitus dengan metode induksi analitik yang di modifikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara (2) observasi partisipan dan (3) studi dokumentasi. Analisis data yang dilakukan didalam penelitian ini meliputi (1) analisis data dalam situs (2) analisis data lintas situs. Keabsahannya diperiksa dengan pengecekan melalui kredibilitas dependabilitas dan konfirmabilitas dengan menggunakan triangulasi dari segi sumber dan metode. Berdasarkan hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan sebagai berikut. Temuan pertama Perencanaan kurikulum muatan lokal (a) SMP Negeri 2 Sumberpucung dan SMP Negeri 1 Turen mempunyai landasan umum perencanaan kurikulum muatan lokal yang sama (b) Yang membedakan dalam landasan perencanaan kurikulum muatan lokal ke dua sekolah ini terletak pada Visi Misi dan Tujuan sekolah (c) Alasan yang mendasari kurikulum muatan lokal kedua SMP ini juga berbeda. (d) Proses perencanaan kurikulum di SMP Negeri 2 Sumberpucung dan SMP Negeri 1 Turen pengembangan mata pelajaran muatan lokal sepenuhnya ditangani oleh sekolah dan Komite Sekolah sedangkan Guru mengembangkan kurikulum muatan lokal tersebut dalam MGMPS. Temuan kedua Implementasi kurikulum muatan lokal (a) SMP Negeri 2 Sumberpucung dan SMP Negeri 1 Turen dalam mengembangkan silabus dan RPP muatan lokal Bahasa Jawa dilakukan dalam forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Jawa Kabupaten Malang. Sedangkan untuk silabus dan RPP muatan lokal lainnya dikembangkan dalam forum MGMPS (b) Kegiatan pembelajaran mengikuti langkah-langkah sebagai berikut 1) Kegiatan awal 2) Kegiatan inti dan 3) Penutup. Temuan ketiga Evaluasi kurikulum muatan lokal (a) SMP Negeri 2 Sumberpucung dan SMP Negeri 1 Turen sudah melakukan ke dua tahap evaluasi yaitu evaluasi proses dan evaluasi hasil (b) Silabus dikaji dan dikembangkan secara berkelanjutan dengan memperhatikan masukan hasil evaluasi rencana pembelajaran evaluasi proses (pelaksanaan pembelajaran) dan evaluasi hasil belajar. Berdasarkan hasil temuan-temuan penelitian maka disarankan kepada (1) guru pelaksana muatan lokal SMP agar senantiasa kreatif dan inovatif dalam mengembangkan kurikulum muatan lokal sehingga benar-benar dapat memberikan bekal pengetahuan keterampilan dan perilaku kepada peserta didik agar mereka memiliki wawasan yang mantap tentang keadaan lingkungan dan kebutuhan masyarakat sesuai dengan nilai-nilai/aturan yang berlaku di daerahnya dan mendukung kelangsungan pembangunan daerah serta pembangunan nasional (2) Kepala Sekolah diharapkan dapat memberikan kesempatan dan dorongan kepada guru-guru untuk dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalisasinya hal ini akan berimplikasi terhadap tugasnya yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas output dari lembaga pendidikan yang bersangkutan (3) Pengawas Sekolah agar hasil evaluasi benar-benar dapat memberikan kontribusi terhadap perbaikan (revisi) dan peningkatan pada program pembelajaran berikutnya maka diperlukan peningkatan pelaksanaan supervisi sekolah. Selain itu perlu adanya persamaan persepsi tentang manfaat dari supervisi kolegial dalam rangka meningkatkan kompetensi dan profesionalisasi mengajar (4) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Malang dalam rangka otonomi daerah dan persaingan di era globalisasi dewasa ini maka seyogyanya potensi daerah digali dan dijadikan sebagai modal dasar dalam menghadapi persaingan tersebut dengan mengintensipkan Manajemen Pengembangan Kurikulum yang berorentasi pada potensi daerah baik potensi alam sosial budaya maupun sosial ekonomi (5) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Timur agar berperan aktif dalam pembinaan terhadap manajemen pengembangan kurikulum muatan lokal pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) (6) pihak pengembangan ilmu manajemen pendidikan dapat memanfaatkan hasil penelitian sebagai bahan informasi awal dan referensi terutama bagi yang ingin meneliti kasus-kasus sejenis (7) peneliti-peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengungkapkan lebih dalam lagi mengenai manajemen pengembangan kurikulum muatan lokal dari medan fokus yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57460

Actions (login required)

View Item View Item