Manajemen Lesson Study Berbasis Sekolah (LSBS) (Studi multi situs di SMA Laboratorium UM dan SMA Negeri 1 Grati Pasuruan) / Eny Wahyu Suryanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen Lesson Study Berbasis Sekolah (LSBS) (Studi multi situs di SMA Laboratorium UM dan SMA Negeri 1 Grati Pasuruan) / Eny Wahyu Suryanti

Suryanti, Eny Wahyu (2012) Manajemen Lesson Study Berbasis Sekolah (LSBS) (Studi multi situs di SMA Laboratorium UM dan SMA Negeri 1 Grati Pasuruan) / Eny Wahyu Suryanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci manajemen lesson study berbasis sekolah Lesson Study Berbasis Sekolah (LSBS) adalah salah satu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan pada prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar yang mencakup semua mata pelajaran dan melibatkan semua guru di sekolah. Dalam penyelenggaraannya tidak terlepas dari sebuah manajemen. Manajemen lesson study berbasis sekolah merupakan proses kegiatan pengelolaan lesson study meliputi perencanaan pelaksanaan dan pengevaluasian. Dengan demikian LSBS dapat terlaksana dan tujuanya tercapai yaitu peningkatan profesionalisme guru dan kualitas pembelajaran. Tujuan utama penelitian ini untuk mendeskripsikan secara mendalam manajemen lesson study berbasis sekolah yang meliputi perencanaan penyelenggaraan lesson study berbasis sekolah (LSBS) implementasi lesson study berbasis sekolah (LSBS) dan evaluasi penyelenggaraan lesson study berbasis sekolah (LSBS). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multisitus. Lokasi penelitian adalah SMA Laboratorium UM dan SMA Negeri 1 Grati Pasuruan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam observasi peran serta dan dokumentasi. Analisis data dalam situs meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi sedangkan analisis data lintas situs dengan menggunakan metode induksi analitik yang dimodifikasi. Keabsahan data dengan teknik credibility dependability dan conformability. Berdasarkan proses pengumpulan data dan analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut perencanaan penyelenggaraan LSBS disusun melalui proses sebagai berikut pembentukan tim LSBS perumusan dan penetapan program kerja tim LSBS dilanjutkan penyusunan jadwal pelaksanaan LSBS. Implementasi LSBS meliputi kegiatan sebagai berikut LSBS dilaksanakan oleh semua guru bidang studi dan kepala sekolah dengan prinsip kolegialitas kolaboratif saling belajar (mutual learning) dan berkelanjutan. Pelaksanaan LSBS meliputi tiga tahapan yaitu plan do dan see dengan adanya dukungan fasilitas belajar dari sekolah. Pengembangan kegiatan LSBS melalui kegiatan workshop LS seminar LS PTK tentang LS dan pemakalah LS. Hasil dari pelaksanaan LSBS adalah peningkatan profesionalisme guru dan kualitas pembelajaran. Evaluasi penyelengaraan LSBS dilaksanakan berdasarkan kumpulan hasil refleksi setiap open class oleh kepala sekolah ketua tim LSBS beserta anggotanya para guru dan dosen pendamping. Prosedur pelaporan hasil evaluasi secara lisan pada setiap bulan dan akhir semester selanjutnya pelaporan secara tertulis berupa dokumen laporan pelaksanaan LSBS pada setiap akhir tahun ajaran. Hasil evaluasi dijadikan feedback perencanaan penyelenggaraan LSBS pada tahun berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka saran yang dapat diajukan adalah bagi Dinas Pendidikan Kota Malang dan Kabupaten Pasuruan diharapkan konsistensi dalam memberikan dukungan penyelanggaraan LSBS di masing-masing sekolah baik secara material maupun finansial dan dapat mensosialisasikan penyelenggaraan LSBS pada seluruh sekolah sebagai bentuk pembinaan guru dan supervisi pendidikan. Bagi SMA Laboratorium UM dan SMA Negeri 1 Grati Pasuruan yang telah eksis melaksanakan LSBS secara berkelanjutan diharapkan agar terus mengembangkan model pelaksanaan LSBS dan kegiatan LSBS serta meningkatkan motivasi untuk tetap ber-LS sebagai upaya peningkatkan profesionalisme guru dan kualitas pembelajaran. Bagi sekolah lain diharapkan dapat mengkaji bagaimana manajemen penyelenggaraan LSBS sehingga kepala sekolah mampu membina para guru dalam merencanakan penyelenggaraan LSBS mengimplementasikan LSBS dan mengevaluasi penyelenggaraan LSBS dengan konsisten di sekolah masing-masing. Bagi peneliti lain diharapkan mampu mengkaji tentang LSBS dari variabel yang lain sebagai upaya pengembangan hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57459

Actions (login required)

View Item View Item