Manajemen guru pendamping pada kegiatan tetirah Unit Pelaksana Tehnis Pelayanan Sosial Petirahan Anak Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur (studi kasus di UPT PSPA Batu) / Yayuk Rahayuningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen guru pendamping pada kegiatan tetirah Unit Pelaksana Tehnis Pelayanan Sosial Petirahan Anak Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur (studi kasus di UPT PSPA Batu) / Yayuk Rahayuningsih

Rahayuningsih, Yayuk (2012) Manajemen guru pendamping pada kegiatan tetirah Unit Pelaksana Tehnis Pelayanan Sosial Petirahan Anak Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur (studi kasus di UPT PSPA Batu) / Yayuk Rahayuningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Manajemen UPT PSPA Batu guru pendamping kegiatan tetirah. Implementasi manajemen pendidikan oleh guru pendamping pada kegiatan tetirah di UPT Pelayanan Sosial Petirahan Anak merupakan kesuksesan proses belajar mengajar bagi siswa tetirah yang mengikuti program tetirah. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui profil UPT Pelayanan Sosial Petirahan Anak Batu 2) untuk mengetahui profil guru pendamping dalam kegiatan tetirah di PSPA Batu 3) untuk mengetahui peran guru pendamping dalam kegiatan tetirah di PSPA Batu 4) untuk mengetahui implementasi manajemen pendidikan guru pendamping dalam kegiatan tetirah. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif guna menjawab pertanyaan di atas. Dalam penelitian ini peneliti adalah sebagai instrument utama. Data penelitian ini adalah jawaban-jawaban yang dihasilkan dari ujaran guru pendamping staf UPT PSPA Batu siswa tetirah selama proses kegiatan tetirah berlangsung. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan pedoman wawancara yangh kemudian disusun dalam transkrip wawancara menggunakan pedoman dan pencatatan hasil observasi serta pencatata dokumen lainnya. Dalam penelitian ini triangulasi sumber data data teori dan metodologi serta dependabilitas diterapkan untuk mengecek keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru pendamping di UPT PSPA Batu sangat multifungsi dalam kegiatan tetirah di UPT PSPA Batu. Sekolah (lembaga pendidikan) mempunyai lima bentuk modal yang perlu dikelola untuk keberhasilan pendidikan guru pendamping sebagai Manajer pendidikan di sekolah dasar layaknya dengan menerapka lima modal manajemen sekolah dasar yaitu modal guru modal keuangan modal social modal politik serta modal integrative Hal ini diimplementasikan dalam peran guru pendamping. Guru pendamping juga berperan sebagai orang tua pengganti selama kegiatan tetirah berlangsung bahkan dipersiapkan sebagai calon guru bimbingan dan konseling di sekolah dasar. Saran penelitian yang dapat diberikan antara lain bagi lembaga dapat dijadikan masukan dalam peningkatan pelayanan kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan guru pendamping selama di UPT PSPA Batu bagi guru pendamping dapat digunakan sebagai kerangka perbaikan sistem pengajaran selama di di UPT PSPA Batu selanjutnya bagi daerah kabupaten dan kota dapat dijadikan indikator prasyarat guru pendamping yang akan dikirim.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57458

Actions (login required)

View Item View Item