Topik (2012) Implementasi manajemen kurikulum pendidikan pesantren pengembangan dan dakwah (studi kasus Ma'had Nurul Haromain Pujon Malang) / Topik. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Imron Arifin M.Pd dan (2) Prof. Dr. H. Bambang Budi Wiyono M.Pd. Kata Kunci Manajemen Kurikulum Pendidikan Pesantren Prioritas kebutuhan pendidikan diperlukan oleh siapapun. Karena dari proses pendidikan memungkinkan seseorang untuk memperoleh pengetahuan mengembangkan kemampuan /keterampilan sikap atau mengubah sikap. Hak pendidikan telah dijamin oleh undang-undang khususnya alinea 4 UUD 1945 yang selanjutnya pada bab XIII pasal 31 ayat 1 dan ayat 2. Dengan adanya Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 khususnya pasal 13 Ayat 1 dan pasal 54 ayat 1 dan 2 secara prospektif dan strategis memberikan tempat bagi lembaga pesantren dalam mewujudkan cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa. Perkembangan IPTEK dan nilai-nilai dalam masyarakat di era global menuntut semua pihak termasuk juga lembaga pesantren agar menata diri dan agar bisa menghadirkan ajaran agama yang lebih kontributif dan kontekstual agar menjadi panduan operasional-fungsional yang dapat dirasakan bagi kebutuhan masyarakat. Karena itu dibutuhkan alat penyampaian ajaran agama yaitu dengan sistem pengelolaan manajemen khususnya menyangkut manajemen kurikulum pendidikan di lingkungan pesantren. Penulis melakukan penelitian ini di Ma had Pengembangan dan Dakwah Nurul Haromain Pujon Malang. Dari identifikasi yang penulis lakukan pesantren ini memfokuskan pendidikannya pada pengembangan dakwah yang berkomitmen membina dan mencetak kader-kader da i yang siap diterjunkan ke tengah-tengah masyarakat. Pesantren ini menerapkan pola kajian teori dan praktek di daerah-daerah binaan dakwah. Konteks penelitian ini penulis fokuskan pada rumusan masalah (1) Bagaimana proses perencanaan kurikulumnya (2) Bagaimana pengorganisasian kurikulumnya (3) Bagaimana pelaksanaan kurikulumnya dan (4) Bagaimana evaluasi kurikulumnya Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif dengan latar studi kasus. Data penelitian ini diperoleh dari beberapa komponen pondok pesantren yang meliputi pengasuh (kyai) Ahli Syuro (dewan pengawas) pengurus dan para ustadz (guru) serta alumni. Teknik pengambilan data dengan wawancara pengamatan langsung dan dokumentasi yang diperlukan untuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan. Data yang terkumpul dianalisa secara deskriptif dengan alur tiga langkah yaitu reduksi data penyajian data dan kesimpulan/ ferikasi data.Untuk keabsahan data dilakukan dengan empat kriteria yaitu kredibilitas transferbilitas dependabilitas dan konfirmabilitas. Dari paparan data dan temuan penelitian di Ma had Nurul Haromain Pujon Malang menunjukkan bahwa kurikulum pendidikan di pesantren ini memfokuskan pada pengembangan pendidikan dakwah yang memadukan manajemen pesantren salaf dengan komitmen visi misi dan tujuan dakwah yang melahirkan pola manajemen kejama ahan yang terlihat sebagai berikut (1) Proses perencanaan pengorganisasian pelaksanaan pengevaluasian kurikulum pendidikan Ma had Nurul Haromain Pujon Malang mengarah pada gerak jama ah yang menjunjung tinggi kepentingan bersama. (2) Pembinaan santri di Ma had NurulHaromain Pujon Malang dibangun dengan memperhatikan dua aspek penting yaitu aspek ruhiyah (jiwa)/aspek mental pemikiran yang dimulai dengan pendidikan ruhiyah (ruhiyah) di dalam pesantren dan pembenahan pemikiran/mental santri di luar pesantren. Kegiatan dzikir wirid qiyamullail khidmah training seminar pelatihan-pelatihan termasuk bentuk media pembinaan integritas santri yang tersaji dalam rangkaian kegiatan yang disebut Ma arif Ammah (pengetahuan umum). Demikian juga adanya keharusan kepada para santri agar selalu tampil energik semangat selalu bersih anggun dalam berpakaian adalah media pembinaan dari aspek jasmaniyah (raga).Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencananaan kurikulum pendidikan Ma had Nurul Haromain Pujon Malang terimplementasi melalui perencanaan yang lahir dari konsep kejama ahan lewat kegiatan musyawarah kerja tahunan. (2) Pengorganisasian kurikulum pendidikan Ma had Pengembangan dan Dakwah Nurul Haromain juga mengarah pada pengutamaan dan penggalian dari komponen kekuatan yang dimiliki oleh unsur jama ah dengan dasar kepentingan dan kebutuhan santri tanpa membedakan kedudukan ia sebagai santri senior atau santri baru. (3) Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Pesantren Pengembangan dan Dakwah Ma had Nurul Haromain Pujon Malang mengarah pada penggunaan beberapa metode yang sering digunakan di pesantren pada umumnya yaitu model Bandongan Wetonan Sorogan namun juga menerapkan metode yang agak berbeda atau jarang dilakukan di pesantren lain adalah metode talqin diskusi atau bahtsul masaa il penugasan dan bimbingan yang dimaksudkan untuk mengkader santri secara dhohir (jasmani) dan bathin (ruhani)/mental yang dilakukan di lingkungan pesantren maupun di luar lingkungan pesantren. (4). Pengevaluasian pelaksanaan kurikulum di Ma had Pengembangan dan Dakwah Nurul Haromain dibebankan kepada Ahlu Syura dengan pertimbangan penilaian dari pengurus dan penilaian pengasuh sehingga memungkinkan adanya sikap keterbukaan untuk perbaikan sesuai dengan yang diharapkan. Kesimpulan dan saran-saran penelitian ini sebagai berikut Keberadaan Ma had Nurul Haromain Pujon Malang yang menerapkan pola manajemen kejama ahan agar bisa mengembangkan dan dikembangkan di tempat yang lain sebab pola kejama ahan merupakan pondasi dasar untuk tegaknya pendidikan Islam. Perlunya upaya pro aktif dari pihak pesantren untuk mensosialisasikan visi misi dan tujuan keberadaannya secara luas dan intens agar bisa diakses dan diadopsi secara luas oleh lembaga terkait khususnya bagi Kementrian Agama setempat masyarakat dan lembaga-lembaga pesantren yang lain tetapi juga agar pihak pesantren sendiri bisa dan mau belajar kepada pihak lain untuk menyempurnakan pengelolaan manajemen kurikulumnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57457 |
Actions (login required)
View Item |