Strategi manajemen gugus sekolah dalam pencapaian prestasi nasional (studi kasus pada Gugus Sekolah Dasar II Kecamatan Klojen Kota Malang) / Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi manajemen gugus sekolah dalam pencapaian prestasi nasional (studi kasus pada Gugus Sekolah Dasar II Kecamatan Klojen Kota Malang) / Handayani

Handayani (2012) Strategi manajemen gugus sekolah dalam pencapaian prestasi nasional (studi kasus pada Gugus Sekolah Dasar II Kecamatan Klojen Kota Malang) / Handayani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci manajemen strategi gugus sekolah prestasi nasional Berkaitan dengan meningkatnya persaingan dalam bidang pendidikan ini terjadi pula perubahan pada perilaku konsumen dalam hal ini yang dimaksud adalah masyarakat (orangtua dan siswa) maupun dunia usaha. Upaya yang sudah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kemampuan guru sekolah dasar adalah melalui Sistem Pembinaan Profesional (SPP). Gugus sekolah ini terdiri dari tiga sampai delapan sekolah dasar yang saling berdekatan. Pada SD inti terdapat KKG (Kelompok Kerja Guru) PKG (Pusat Kegiatan Guru) dan KKKS (Kelompok Kerja Kepala Sekolah) yang merupakan wadah pembinaan professional. Berkaitan dengan masalah tersebut maka dalam penelitian ini penulis berusaha mengkaji dan meneliti peran KKG dalam meningkatkan kinerja guru SD di Gugus Kecamatan Klojen Kota Malang. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana Manajemen Sekolah dalam Gugus Sekolah II Kecamatan Klojen Kota Malang (2) Bagaimana Manajemen Gugus Sekolah II Kecamatan Klojen Kota Malang (3) Bagaimana Strategi Gugus Sekolah II Kecamatan Klojen Kota Malang dalam pencapaian prestasi lomba gugus tingkat nasional. Penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan rancanagn studi kasus. Penelitian ini dilakukan dengan tahapan awal kegiatan observasi pada sekolah inti di gugus II. Dilanjutkan dengan kegiatan wawancara dan pengumpulan dokumen. Hasil wawancara dengan ketiga kepala sekolah dihimpun dan dianalisis bersama dokumen yang terkumpul. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan (1) Manajemen Sekolah dalam Gugus Sekolah II Kecamatan Klojen Kota Malang sudah berjalan baik hal ini ditunjukkan dengan upaya masing-masing sekolah dalam mendukung dan merealisasikan program gugus sesuai dengan keadaan di sekolah masing-masing (2) Manajemen Gugus Sekolah II Kecamatan Klojen Kota Malang dinilai sangat baik kerja sama antara sekolah initi dan beberapa sekolah imbas yang dapat dilihat mulai dari penyusunan rencana program hingga realisasi. Kegiatan yang kasat terlihat adalah program KKG dan program kegiatan bersama (3) Strategi Gugus Sekolah II Kecamatan Klojen Kota Malang dalam pencapaian prestasi lomba gugus tingkat nasional dicapai dengan kekompakan dan upaya bersama dalam menjalankan berbagai program unggulan di tiap-tiap sekolah baik inti maupun imbas. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi peningkatan pelaksanaan program kegiatan gugugs sekolah dan membantu kepada pihak-pihak yang berkepentingan dalam pelaksanaan program kegiatan gugus sekolah. Umumnya elemen Dinas Pendidikan Kota Malang serta khususnya pendidikan gugus sekolah II Kecamatan Klojen Kota Malang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57456

Actions (login required)

View Item View Item