Hubungan kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah, dan kreativitas guru dengan kinerja guru SMA Negeri RSBI Kota Malang / Shitaye Shigute Nebi - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah, dan kreativitas guru dengan kinerja guru SMA Negeri RSBI Kota Malang / Shitaye Shigute Nebi

Nebi, Shitaye Shigute (2012) Hubungan kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah, dan kreativitas guru dengan kinerja guru SMA Negeri RSBI Kota Malang / Shitaye Shigute Nebi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Bambang Budi W. M.Pd (2) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin M.Pd. Kata kunci RSBI kepemimpinan kepala sekolah iklim sekolah kreativitas guru kinerja guru. Suatu kebijakan untuk mencapai persaingan global antara lain dilakukan melalui RSBI. Semua sumber daya yang ada dalam RSBI selalu dituntut untuk dapat menciptakan layanan pendidikan yang berkualitas. Keterkaitan antar kemampuan juga perlu ditata dan dikembangkan sehingga proses dan hasil pendidikan dapat mencapai standar intarnasional yang diharapkan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan seberapa besar hubungan kepemimpinan kepala sekolah iklim sekolah dan kreativitas guru dengan kinerja guru. Secara spesifik tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara (1) kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru (2) Iklim sekolah dengan kinerja guru (3) Kreativitas guru dengan kinerja guru dan (4) siginfikansi hubungan kepemimpinan kepala sekolah iklim sekolah dan kreativitas guru dengan kinerja guru pada SMA Negeri RSBI Kota Malang. Penelitian ini dirangcang guna mengetahui ada tidaknya hubungan variabel independen terhadap variabel dependen. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif korelasional. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari tiga variabel bebas yaitu kepemimpinan kepala sekolah (X1) iklim sekolah (X2) da kreativitas guru (X3). Adapun variabel terikatnya adalah kinerja guru (Y). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif. Dengan metode ini dapat menggambarkan hubungan variabel yang satu dengan variabel yang lain dengan menggunakan statistik sehingga dapat menjelaskan keadaan dengan benar. Populasi penelitian adalah semua guru di SMAN RSBI Kota Malang sebanyak 310 orang Sampel adalah 155 orang yang diambil secara proportional random sampling. Data dijaring melalui instrumen berupa kuesioner terstandar yang ditentukan oleh peneliti dengan pengembangan skala likert. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis inferensial yang mencakup analisis regresi ganda dan analisis korelasi ganda maupun parsial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kepemimpinan kepala sekolah berkorelasi dengan kinerja guru ditunjukkan r sebesar 0 426 dengan tingkat hubungan kuat dan memberikan kontribusi dengan nilai koefisien determinasi sebesar 43.5% (2) Iklim sekolah berkorelasi dengan kinerja guru ditunjukkan r sebesar 0 241 dengan tingkat hubungan cukup kuat dan memberikan kontribusi dengan nilai koefisien determinasi sebesar 23.7% (3) Kreativitas guru berkorelasi dengan kinerja guru ditunjukkan r sebesar 0 296 dengan tingkat hubungan kuat dan memberikan kontribusi dengan nilai koefisien determinasi sebesar 31.1% (4) kepemimpinan kepala sekolah iklim sekolah dan kreativitas guru secara bersama-sama berkorelasi dengan kinerja guru dengan tingkat hubungan yang cukup kuat. Bentuk hubungan antara keempat variabel digambarkan dengan bersamaan regresi Y 38 971 0 363X1 0 019X 2 0 170X3. Dengan demikian kepemimpinan kepala sekolah iklim sekolah dan kreativitas guru baik secara parsial maupun simultan berhubungan dengan kinerja guru untuk itu kepala sekolah disarankan agar terus meningkatkan kualitas kepemimpinan mengupayakan iklim sekolah yang kondusif dan mengembangkan kreativitas guru. Di samping itu guru juga disarankan agar sekolah meningkatkan kreativitas dan prestasi secara terus menerus agar dapat mencapai kinerja maksimal sehingga dapat ditingkatkan pada hasil belajar siswa secara maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57455

Actions (login required)

View Item View Item