Strategi kepala sekolah dalam implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 untuk penerimaan siswa baru /(Studi multi kasus pada SMA Islam Kepanjen Malang dan SMPK Santa Maria II Malang) /Marsiti - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi kepala sekolah dalam implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 untuk penerimaan siswa baru /(Studi multi kasus pada SMA Islam Kepanjen Malang dan SMPK Santa Maria II Malang) /Marsiti

Marsiti (2012) Strategi kepala sekolah dalam implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 untuk penerimaan siswa baru /(Studi multi kasus pada SMA Islam Kepanjen Malang dan SMPK Santa Maria II Malang) /Marsiti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. A. Sonhadji K.H M.A Ph.D. (II) Dr. H. Imron Arifin M.Pd. Kata kunci strategi kepala sekolah sistem manajemen mutu ISO 9001 2000 Penerimaan siswa baru Siswa dalam standar mutu adalah pelanggan sekolah yang utama.Siswa dalam sekolah harus dipandang sebagai subyek pendidikan.Oleh karena itu pengelolaan mulai dari input proses dan output mestinya dikemas dalam standar mutu manajemen yang baik Penelitian ini dilakukan di dua kasus yaitu SMA Islam Kepanjen Malang dan SMPK Santa Maria II di Malang bertujuan untuk mendeskripsikan segenap fenomena dan peristiwa yang terjadi berkaitan dengan strategi kepala sekolah dalam Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 2000 untuk penerimaan siswa baru yang meliputi (1) perencanaan penerimaan siswa baru untuk meningkatkan layanan siswa (2) implementasi penerimaan siswa baru untuk meningkatkan layanan siswa (3) evaluasi pelaksanaan penerimaan siswa baru untuk meningkatkan layanan siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan studi multi kasus. Data penelitian berupa data deskriptif yang diperoleh melalui wawancara data dokumentasi dan data observasi mengenai penyelenggaraan penerimaan siswa baru.Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut Strategi kepala sekolah dalam perencanaan penerimaan siswa baru untuk meningkatkan layanan siswa meliputi (1) melakukan sosialisasi terhadap semua civitas di lembaga untuk perbaikan sistem (2) proses penerimaan siswa baru dilaksanakan sebelum dimulainya tahun ajaran baru (3) strategi yang di tetapkan tidak terbatas pada salah satu aspek melainkan pada semua aspek baik itu sarana prasarana tenaga pendidik kurikulum dan pembiayaan sekolah dan (4) penekanan pada pemberian layanan pada siswa Strategi kepala sekolah dalam implementasi penerimaan siswa baru untuk meningkatkan layanan siswa meliputi (1) perbaikan pada sistem penerimaan siswa baru berdasarkan pagu (2) tes IQ dilaksanakan untuk melihat kemempuan siswa dalam proses pendampingan pembelajaran yang akan dilaksanakan terutama pelajaran IPA (3) Pengendalian dokumen penerimaan siswa baru. Evaluasi pelaksanaan penerimaan siswa baru dalam meningkatkan layanan siswa meliputi (1) pelaksanaan audit internal secara berkala guna menentukan apakah sistem manajemen mutu yang telah ditetapkan memenuhi aturan yang direncanakan terhadap persyaratan standar internasional ISO 9001 2000 (2) meningkatkan kinerja dilembaga pendidikan terutama terhadap layanan siswa yang prima disekolah dan (3) melakukan pengukuran dengan standar yang telah ditentukan sehingga diketahui selisih antara hasil pengukuran dengan standar yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan saran-saran sebagai berikut (1) Bagi kepala sekolah dapat digunakan sebagai salah satu pedoman dan dasar kajian sehubungan dengan pengelolaan sekolah bertarap Internasional sedangkan bagi guru dapat digunakan sebagai bahan untuk memperluas wawasan atau pengetahuan tentang peranya dalam menerapkan pengelolaan pembelajaran disekolah (2) bagi Yayasan yang menaungi SMA Islam dan SMPK Santa Maria II Malang dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam mempertahankan dan meningkatkan kualitas mutu pendidikan di sekolah di masa yang akan datang (3) bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Malang dan Kota Malang dapat menjadi masukan di dalam membina Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas agar diadakan perbaikan dan pengembangan yang relevan dan berkelanjutan (4) bagi Kementrian Pendidikan dan kebudayaan hasil penelitian dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan pendidikan pembinaan dan pengawasan pendidikan khususnya yang menyangkut pengelolaan sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan (5) bagi pemerhati dan peneliti dapat digunakan sebagai kajian yang mendalam untuk bahan penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57453

Actions (login required)

View Item View Item