Manajemen pendidikan agama Islam pada madrasah (studi multi kasus di MI Mambaul Ulum Sepanjang Gondanglegi dan MTS N III Kab Malang) / Kholifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pendidikan agama Islam pada madrasah (studi multi kasus di MI Mambaul Ulum Sepanjang Gondanglegi dan MTS N III Kab Malang) / Kholifah

Kholifah (2012) Manajemen pendidikan agama Islam pada madrasah (studi multi kasus di MI Mambaul Ulum Sepanjang Gondanglegi dan MTS N III Kab Malang) / Kholifah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis. Program Magister Manajemen Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Sonhadji.K.H. M. A. Ph.D. (II) Dr. H. Imron Arifin M. Pd. Kata kunci manajemen pendidikan agama Islam madrasah ibtidaiyah madrasah tsanawiyah. Manajemen sebagai suatu proses kerjasama untuk mencapai tujuan organisasi. Dalam lingkup organisasi sekolah kegiatan pokoknya adalah mulai dari perencanaan pengorganisasian pengerahan dan pengawasan. Substansi dari manajemen pendidikan secara umum meliputi manajemen kurikulum manajemen kesiswaan manajemen pembelajaran manajemen keuangan manajemen personalia manajemen sarana prasarana dan manajemen hubungan masyarakat serta manajemen layanan khusus. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah penurunan moral generasi muda serta kejadian-kejadian dimasyarakat yang berbau SARA. Akhir-akhir ini keberhasilan pendidikan sering dinilai kurang berhasil membentuk kepribadian anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan beberapa hal yang menyangkut manajemen perencanaan kurikulum pendidikan agama Islam manajemen pelaksanaan Kurikulum pendidikan agamaIslam manajemen kesiswaan pendidikan agama Islam manajemen ketenagaan dan manajemen hubungan masyarakatserta manajemen sarana prasarana di MI Mambaul Ulum Sepanjang dan MTs N III Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh berupa paparan proses perencanaan kurikulum pendidikan agama islam beserta struktur mata pelajarannya data proses pelaksanaan kurikulum pendidikan agama Islam data tentang kesiswaan ketenagaan dan hubungan masyarakat serta data tentang sarana dan prasarana pendidikan agama Islam. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan tehnik wawancara mendalam dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah peneliti sendiri. Untuk menghindari bias maka diadakan kegiatan triangulasi sumber data dan bersifat emik. Kegiatan analisa data di lakukan saat pengumpulan data pengelompokan data dan tahap evaluasi data. Berdasarkan analisis data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa (1) perencanaan kurikulum pendidikan agama Islam di kedua Madratsah dilakukan oleh tim yang beranggotakan guru-guru rumpun mata pelajaran agama yaitu Fiqih aqidah akhlak Qur an hadits Sejarah Kebudayaan Islam dan bahasa Arab (2) pelaksanaan kurikulum pendidikan agama Islam yang dilaksanakan dikedua madrasah menggunakan KTSP/M yang muatan lokalnya ditambahkan kedalam kelompok mata pelajaran agama Islam dimana sudah memperhatikan jumlah maksimal siswa rombel pengaturan tempat duduk serta menggunakan metode yang menyenangkan (3) masalah kesiswaan anak diberi kesempatan memperoleh materi pendidikan agama sesuai dengan usia kemampuan minat dan bakat masing-masing (4) untuk dapat memberikan layanan terbaik maka dalam hal tenaga sudah diadakan seleksi penerimaan PTT dengan kualifikasi minimal S1 serta diperhatikan juga kepribadiannya (5) dan yang terakhir masalah hubungan masyarakat karena kedua Madrasah berada di lingkungan pedesaan yang masih sarat kegotongroyongannya maka masyarakat mendukung sepenuhnya program-program madrasah baik dukungan materiil berupa dana maupun moril dengan membantu apapun yang dibutuhkan oleh madrasah. Dari penelitian ini ditemukan adanya 11 persamaan yaitu lokasi adanya tim penyususan kurikulum PAI adanya KTSM perangkat pembelajaran yang lengkap sarana prasarana yang lengkap adanya dukungan dari tenaga pendidik dan masyarakat sekitar adanya pembagian tugas sesuai kompetensi dan adanya pelayanan kebutuhan siswa. Sedangkan perbedaannya adalah terutama pada jumlah Jam Pelajaran bentuk keterlibatan orangtua proses penerimaan siswa baru proses penerimaan personil dan status kepegawaian serta peran serta masyarakat dalam proses perancanaan kurikulum. Dengan kedudukan Pendidikan agama Islam yang strategis dalam pencapain tujuan pendidikan nasional maka perlu partisipasi dari berbagai pihak yang berkopeten dan berwenang membuat kebijakan untuk memberi izin mengadakan kajian keagamaan di luar jam tatap muka di sekolah umum. Hal ini kaitannya dengan pembentukan insan yang beriman dan bertaqwa seperti amanat dalam Undang-undang pendidikan. Dengan kerja sama dan dukungan dari semua pihak diharapkan tujuan pendidikan nasional akan segera tercapai. Saran-saran penelitian ini ditujuan untuk pihak-pihak yang berkepentingan dalam proses pendidikan utamanya pendidikan agama Islam demi meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia pada umumnya dan kabupaten Malang khususnya. Untuk guru agar memberikan perhatian lebih kepada siswa yang mempunyai kemampuan khusus dan berkebutuhan khusus. Untuk kepala sekolah MIMU supaya membuka akses yang lebih luas kepada sekolah-sekolah disekitarnya. Untuk pengawas agar mensosialisasikan manajemen pendidikan agama Islam yang sudah baik kepada sekolah-sekolah yang menjadi binaannya. Untuk kemendepag dan dinas pendidikan kabupaten Malang kiranya dapat mensosialisasikan manajemen pendidikan agamaIslam yang sudah baik di kedua lembaga. Dan bagi kemendiknas yang berwenang membuat kebijakan pendidikan untuk memberikan kesempatan kepada sekolah-sekolah umum untuk menambah jam diluar tatap muka untuk kajian- kajian keagamaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57444

Actions (login required)

View Item View Item