Hubungan keefektifan kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah dan motivasi kerja guru dengan kinerja guru pada SD Negeri yang berada di wilayah perbatasan pasca konflik kota Ambon / Wiliem Yacob Hetharion - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan keefektifan kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah dan motivasi kerja guru dengan kinerja guru pada SD Negeri yang berada di wilayah perbatasan pasca konflik kota Ambon / Wiliem Yacob Hetharion

Hetharion, Wiliem Yacob (2011) Hubungan keefektifan kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah dan motivasi kerja guru dengan kinerja guru pada SD Negeri yang berada di wilayah perbatasan pasca konflik kota Ambon / Wiliem Yacob Hetharion. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Manajemen Pendididkan Program Pascasarjana Unuversitas Negeri Malang . Pembimbing (1) Prof. Dr. Willem Mantja M.Pd (2) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd. Kata kunci keefektifan kepemimpinan kepala sekolah iklim sekolah motivasi kerja guru dan kinerja guru. Konflik etnis yang terjadi selama 4 tahun di Propinsi Maluku secara umum dan Kota Ambon menyebabkan perubahan yang signifikan pada aspek sosial kemasyarakatan termasuk implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan. Pasca terjadinya konflik sebagian besar penyelenggaraan pendidikan berlangsung secara terpisah pada kedua komunitas yang terlibat konflik. Akibat yang ditimbulkan konflik antara dua komunitas terhadap aktivitas pendidikan di Kota Ambon adalah menurunnya kinerja guru dari tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah. Terlebih lagi para guru lebih memilih bertugas pada daerah atau lokasi masing-masing karena alasan keamanan.Dapat dijelaskan pula bahwa para guru di Kota Ambon cenderung menghindari sekolah yang terletak pada wilayah perbatasan kedua komunitas yang terlibat dalam konflik. Fakta ini menunjukkan bahwa adanya pengelompokkan guru berdasarkan identitas dua komunitas sehingga mengurangi fungsi sekolah sebagai kelompok belajar (learning society). Rumusanmasalah penelitianiniadalah (1) Bagaimanagambarankeefektifankepemimpinankepalasekolahpada SD Negeri yang berada di wilayah perbatasan pasca konflik Kota Ambon . (2) Bagaimana gambaran iklim sekolah pada SD Negeri di wilayah perbatasan pasca konflik kota Ambon (3) Bagaimanagambaranmotivasikerja guru pada SD Negeri di wilayahperbatasanpascakonflik kota Ambon (4) Bagaimanagambarankinerja guru pada SD Negeri di wilayahperbatasanpascakonflikkota Ambon . (5) Apakahadahubunganantarakeefektitankepemimpinankepalasekolah iklimsekolahdanmotivasi guru dengankinerja guru pada SD Negeri di wilayahperbatasanpascakonflikkota Ambon secara simultan Penelitian ini dilakukan dengan rancangan penelitian diskriptif korelasional. Dilaksanakanpada SD Negeridi wilayah-wilayahperbatasandaerahkonflik di Kota Ambon sejumlah 18 lembaga dengan populasi 290 orang dan jumlah sampel 148 orang. Sampel diambil dengan random proporsional. Penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket sebagai instrumen dalam pengumpulan data penelitian. Hasil analisis data penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa (1) tingkat kecendrungan keefektifankepemimpinankepalasekolahpada SD Negeri di wilayahperbatasanpascakonflik Kota Ambon dipersespsikan baik atau berada pada kategori tinggi dan kategori sangat tinggi. (2) Tingkat iklim sekolah pada SD Negeri Kota Ambon berada pada kategori tinggi. (3) Tingkat motivasikerja guru pada SD Negeridi Kota Ambon berada pada kategori tinggi sebesar dan berada pada kateogi sangat tinggi.dan (4) Tingkat kinerja guru pada SD Negeridi Kota Ambon tergolong tinggi dengan frekuensi. Hasil uji hipotesis juga menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara keefektifan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru. (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara iklim sekolah dengan kinerja guru. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi guru dengan kinerja kerja guru. Dan (4) Terdapat hubungan yang signifikan antara keefektifan kepemimpinan kepala sekolah iklim sekolah motivasi guru dengan kinerja guru. Berdasarkan analisis regresi diperoleh hasil persamaan regresi Y 0 137X1 0 196X2 0 418X3 18 275.Hasil perhitungan sumbangan efektif menunjukkan bahwa varaibel keefektifan kepemimpinan kepala sekolah memberikan kontribusi sebesar 22 57% variabel iklim sekolah memberikan kontribusi sebesar 21 83% dan variabel motivasi kerja guru memberikan kontribusi sebesar 24 30% kepada kinerja guru pada SDNegeri di wilayahperbatasan di Kota Ambon. Dengan demikian diperoleh total sumbangan ketiga variabel adalah sebesar 68 7% sedangkan sisanya ditentukan oleh variabel-variabel lain. Berdasarkanhasilpenelitianini beberapa saran antara lain (1)Sebagai guru mendapatmendapatmasukanuntukmemperbaikidiridalammelaksanakantugasdantanggungjawabsesuaidenganprofesi yang dimilikisehinggadapatmeningkatkankualitassumberdayamanusiasesuaidenganprofesionalisme yang dimiliki. (2) Kepala sekolahdalammelaksanakantugaskepemimpinannyadapatmenciptakandanmemberikanpenghargaan(reward) bagipara guru dalammelaksanakantugasnya.Iklimsekolah yang baiksehinggapara guru dapattermotivasiuntukmeningkatkankinerjanya yang dimiliki. (3) Hasilpenelitianinimemberikangambaranbahwapengelolaanpenyelenggaraanpendidikan di wilayah-wilayahperbatasankomunitas yang pernahterlibatdalamkonfliksangatbergantungpadaaspekkepemimpinankepalasekolah iklimsekolahdanmotivasikerja guru terhadapkinerja guru sebagaifaktor internal. DengandemikiandisarankankepadadinasPendidikandanOlah Raga kota Ambon seharusnyamenentukanbahwadalammemilihkepalasekolahpadasekolah yang berada di wilayahperbatasanpascakonflikhendaknyadidasaripadapenilaianmutukepemimpinangunamenciptakankondisisekolah yang efektif agar proses pembelajarandanpeningkatankualitaspendidikandapatberjalandenganbaiksesuaidengantujuanpendidikan.(4).Penelitianinidiharapkandapatmenjadirujukanbagipenelitilainnya yang inginmengkajisecaralebihkomprehensifterkaitdenganManajemenPendidikanpadawilayah-wilayah yang termasukdalamdaerahkonflik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57440

Actions (login required)

View Item View Item