Penjamin mutu pembelajaran pada rintisan Sekolah Menengah Atas bertaraf internasional (Studi multisitus di SMA Negeri 3 Malang dan SMA Negeri 5 Malang ) / Hariyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penjamin mutu pembelajaran pada rintisan Sekolah Menengah Atas bertaraf internasional (Studi multisitus di SMA Negeri 3 Malang dan SMA Negeri 5 Malang ) / Hariyanto

Hariyanto (2011) Penjamin mutu pembelajaran pada rintisan Sekolah Menengah Atas bertaraf internasional (Studi multisitus di SMA Negeri 3 Malang dan SMA Negeri 5 Malang ) / Hariyanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hendyat Soetopo M.Pd. (II) Prof. Dr. Hj.Nurul Ulfatin M.Pd. Kata kunci penjaminan mutu pembelajaran rintisan sekolah menengah atas bertaraf internasional. Penjaminan mutu pendidikan untuk memenuhi Standar Nasional Pendidikan dan Standar Sekolah Bertaraf Internasional dilakukan oleh satuan pendidikan secara bertahap sistematis dan terencana. Setiap tahapan yang paling penting adalah pemenuhan standar proses. Di dalam Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 dinyatakan bahwa pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi penjaminan mutu pembelajaran pada rintisan SMA bertaraf internasional (RSMABI) karena penyelenggaraan RSMABI berfokus pada peningkatan mutu yang berkelanjutan. Fokus yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) penyusunan standar mutu pembelajaran (2) pelaksanaan pemetaan kurikulum nasional dan kurikulum internasional (Cambridge) (3) pengadaan dan peningkatan sarana prasarana (4) pelaksanaan peningkatan kualitas sumber daya manusia dan (5) pelaksanaan pengawasan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan multisitus pada latar SMAN 3 Malang dan SMAN 5 Malang sebagai rintisan SMA bertaraf internasional. Rancangan penelitian multisitus dengan metode analisis komparatif konstan dan analisa induktif untuk menemukan makna dari fenomena pada latar penelitian. Penentuan informan dilakukan dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling internal sampling time sampling dan teknik bola salju (snowball sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara mendalam (2) observasi partisipan dan (3) studi dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara berulang yang di dalamnya melibatkan kegiatan reduksi data sajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan baik melalui analisis dalam situs maupun analisis lintas situs guna menyusun konsep temuan lapangan. Kredibelitas data dicek dengan triangulasi sumber dan metode member chek diskusi teman sejawat dan kecukupan referensi. Sedangkan dependabilitas dan konfirmabilitas diperoleh melalui pengauditan oleh dosen pembimbing. Temuan penelitian ini adalah pertama penyusunan standar mutu disusun oleh tim khusus atau guru matapelajaran dan disahkan oleh kepala sekolah. Evaluasi standar mutu dilakukan secara periodik dan sebagai panduan untuk merevisi dan memperbaiki ulang standar mutu di masa selanjutnya. Kedua perencanaan dan mekanisme pemetaan kurikulum dilakukan oleh guru matapelajaran melalui empat tahap yaitu (1) inventarisasi core topic kurikulum nasional dan kurikulum internasional (2) melakukan adopsi terhadap topik yang ada di kurikulum internasional tetapi tidak ada di kurikulum nasional (3) melakukan adaptasi terhadap materi yang dibahas baik di kurikulum nasional maupun internasional dan (4) menyusun silabus. Evaluasi pemetaan kurikulum dilaksanakan secara periodik. Kendala-kendala dalam pelaksanaan pemetaan kurikulum adalah kemampuan bahasa dan substansi materi atau konten yang dimiliki oleh tenaga pendidik oleh guru matapelajaran. Ketiga pelaksanaan peningkatan kualitas sumberdaya manusia dilakukan oleh tim khusus atau unit penjaminan mutu melalui analisis kebutuhan. Bentuk peningkatan kualitas sumberdaya manusia adalah pelatihan-pelatihan workshop dan juga studi lanjut pada guru dan karyawan. Evaluasi terhadap pelaksanaan peningkatan kualitas sumberdaya manusia dilakukan secara periodik. Keempat pelaksanaan pengadaan dan peningkatan sarana dan prasarana pendukung pembelajaran dilakukan oleh tim khusus atau wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana melalui analisis kebutuhan. Evaluasi terhadap pelaksanaan pengadaan dan peningkatan sarana dan prasarana dilakukan secara periodik. Kelima pelaksanaan pengawasan pembelajaran dilakukan dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas satuan pendidikan. Tindak lanjut dari supervisi adalah memberikan masukan secara langsung kepada guru dan selanjutnya digunakan sebagai dasar program peningkatan kualitas sumberdaya manusia sesuai dengan kebutuhan. Berdasarkan hasil penelitian ini disampaikan saran kepada SMAN 3 dan SMAN 5 Malang dan penyelenggara program RSMABI lainnya bahwa dalam penjaminan mutu pembelajaran perlu disusun standar mutu pembelajaran pemetaan kurikulum nasional dan internasional berdasarkan potensi peserta didik analisis kondisi internal dan lingkungan satuan pendidikan peningkatan kualitas sumberdaya manusia pengadaan dan peningkatan sarana prasarana berdasarkan analisis kebutuhan dan pengawasan pembelajaran yang dilaksanakan oleh kepala sekolah dan pengawas satuan pendidikan. Semua proses penjaminan mutu tersebut dievaluasi secara periodik untuk perbaikan di tahun berikutnya. Saran untuk Dinas Pendidikan dan Direktorat Pembinaan SMA adalah berkontribusi lebih banyak terhadap peningkatan kualitas sumberdaya manusia dan sarana prasarana pembelajaran menggali proses penjaminan mutu pembelajaran yang telah dilaksanakan oleh RSMABI di lapangan sebagai pertimbangan dalam penyempurnaan regulasi pendidikan khususnya penjaminan mutu pembelajaran pada RSMABI yang dibuat oleh Kemendiknas. Saran untuk pengembang teori manajemen pendidikan dan peneliti selanjutnya adalah temuan-temuan penelitian ini dapat memperkaya pengembangan terori manajemen pendidikan pada sekolah-sekolah bertaraf internasional atau yang memiliki karakteristik yang sama dengan latar penelitian dan sebagai rujukan untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57439

Actions (login required)

View Item View Item