Irawan, M. Ary (2011) Implementasi manajemen strategik dalam mengelola sekolah unggul (Studi multi kasus di Mts. Negeri 1 SMPN 2 Mataram) / M. Ary Irawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Hendyat Soetopo M.Pd. (2) Dr. H. Kusmintardjo M.Pd. Kata-kata kunci manajemen strategik sekolah unggul. Akibat adanya perubahan globalisasi yang semakin pesat menuntut perlunya relevansi program sekolah dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja/industri terhadap mutu lulusan (out-put) selain itu munculnya lembaga pendidikan yang bertaraf internasional. Persaingan kini terjadi pada hampir semua bidang usaha bukan hanya pada bidang bisnis saja tetapi persaingan tersebut juga telah merambah ke dunia pendidikan kita mulai dari Play Group SD SLTP SLTA Universitas bahkan ke institusi-institusi pendidikan lainnya. Oleh karena itu tantangan sekolah-sekolah saat ini adalah bagaimana mengelola sekolah unggul sehingga dapat memberikan pelayanan yang memuaskan kepada masyarakat. Dengan kata lain dunia pendidikan khususnya pada sekolah-sekolah kini dituntut untuk mampu mengembangkan strategic management yang pada dasarnya banyak diterapkan dalam dunia usaha sebagai langkah antisipatif terhadap kecenderungan-kecenderungan baru guna mencapai dan mempertahankan posisi bersaingnya sehingga nantinya dapat dihasilkan manusia-manusia yang memiliki sumber daya manusia berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan zaman. Fokus penelitian ini tertuju pada 3 (tiga) hal yaitu (1) formulasi strategik (2) implementasi strategik dan (3) proses evaluasi program kegiatan sekolah dalam mengelola sekolah unggul. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam obeservasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptip kasus individu dan lintas kasus dengan alur (1) reduksi data (data reduction) (2) penyajian data (data display) dan (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/ verification). Agar memperoleh keabsahan data dilakukan dengan empat kriteria yaitu kepercayaan (credibility) keteralihan (transferbility) ketergantungan (dependability) dan kepastian (confirmability). Temuan-temuan yang diperoleh dalam penelitian adalah Pertama formulasi strategik dalam mengelola sekolah unggul meliputi (1) Memiliki dasar yang kuat dalam penyusunan visi dan misi sekolah (2) Melakukan analisis lingkungan sekolah baik pada aspek internal maupun eksternal (3) Merumuskan tujuan sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah dan (4) Menetapkan strategi secara komprehensip. Kedua implementasi strategik dalam mengelola sekolah unggul terdiri atas (1) Pembentukan struktur organisasi sekolah yang jelas (2) Membuat kebijakan dan program kerja sekolah rasional dan relevan (3) Pengembangan budaya sekolah yang sehat (4) Pemanfaatan dan pengembangan sumber daya sekolah dan (5) Perlibatan komite sekolah dalam kegiatan pendidikan di sekolah secara efektif. Ketiga proses evaluasi program dalam mengelola sekolah unggul terdiri dari (1) Penentuan indikator evaluasi yang berpijak pada rencana kegiatan dan anggaran sekolah (RKAS) (2) Mengumpulkan informasi dan data melalui monitoring dan evaluasi (monev) supervisi pertemuan pribadi rapat sekolah audit internal dan eksternal yang dilaksanakan secara sistematis (3) Menganalisis dan mengidentifikasi permasalahan yang menjadi kendala pelaksanaan kegiatan program sekolah dan (4) Melaksanakan rencana tindak lanjut terhadap rencana kegiatan dan anggaran sekolah (RKAS) secara berkelanjutan. Dari hasil penelitian dapat disampaikan saran-saran sebagai berikut. Pertama Bagi MTs. Negeri 1 dan SMPN 2 Mataram agar berupaya secara terus-menerus mempertahankan dan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Kedua sekolah lainnya yang sedang berkembang dan belum berprestasi di Kota Mataram pada umumnya (1) Agar berpegang teguh dan berpedoman pada visi misi dan tujuan yang telah ditetapkan sekolah (2) Melibatkan partisipasi aktif orang tua murid masyarakat dan pihak-pihak yang berkepentingan dengan pendidikan (stakeholder) lainnya dalam mendukung penyelenggaraan program kegiatan sekolah dan (3) Melakukan evaluasi secara sistematis dalam upaya perbaikan program kegiatan sekolah. Ketiga pemerintah (1) menyediakan anggaran pendidikan secara berkelanjutan dan tepat waktu (2) lebih intensif melakukan monitoring dan evaluasi secara objektif transparan akuntabel dan demokratis. Keempat Komite sekolah dan Masyarakat kota Mataram agar lebih maksimal untuk menjalankan peran dan fungsinya sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency) pendukung (supporting agency) pengontrolan (controlling agency) dan mediator (mediating agency) sehingga tercapainya tujuan pendidikan yang diharapkan bersama. Kelima Para peneliti lainnya yang ingin meneliti kasus-kasus sejenis hendaknya melakukan penelitian lanjutan dan mengkaji secara mendalam variabel-variabel yang belum sempat dikaji pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Nov 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57438 |
Actions (login required)
View Item |