Strategi kepemimpinan sekolah dalam melaksanakan program sekolah cuma-cuma dan memberdayakan partiaipasi masyarakat (Studi kasus di SMP Harapan I Dlangu Mojokerto) / Agus Pramono - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi kepemimpinan sekolah dalam melaksanakan program sekolah cuma-cuma dan memberdayakan partiaipasi masyarakat (Studi kasus di SMP Harapan I Dlangu Mojokerto) / Agus Pramono

Pramono, Agus (2011) Strategi kepemimpinan sekolah dalam melaksanakan program sekolah cuma-cuma dan memberdayakan partiaipasi masyarakat (Studi kasus di SMP Harapan I Dlangu Mojokerto) / Agus Pramono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Manajemen Pen didik an Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembim bing I Dr. H. Imron Arifin M.Pd dan Pembimbing II Dr. H. Kusmintar djo M.Pd. Kata kunci kepemimpinan sekolah pro gram sekolah cuma-cuma pemberdayaan partisipasi masyarakat. Adanya krisis ekonomi yang berkepanjangan membuat salah satu tujuan pendidikan yaitu pemerataan pendidikan di Indonesia dan terwujudnya tujuan Pro gram Wajib Belajar 9 Tahun pada tahun 2009 menjadi tertunda. Hal ter sebut di atas menjadi salah satu alasan dan latar belakang dilaksana kannya pro gram seko lah cuma-cuma di SMP Harapan I Dlanggu Mojokerto. Namun demikian keberhasilan program sekolah cuma-cuma tersebut sa-ngat bergantung pada beberapa hal antara lain partisipasi orang tua/masyarakat sekitar. Untuk itu diperlukan kegigihan ke pala sekolah dan guru untuk proaktif mengga lang dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat bahwa masyarakat ikut ber tanggung jawab terhadap kemajuan pendidikan anak mereka. Untuk mengungkap dan mendeskripsikan fokus penelitian tentang bagai-ma nakah strategi kepemim pinan sekolah dalam melaksanakan program sekolah cuma-cuma dan memberdayakan partisipasi masyarakat studi kasus di SMP Harapan I Dlanggu Mo jokerto maka penelitian ini memiliki sub fokus sebagai berikut (1) Bagaimana kah strategi kepemimpinan sekolah dalam melaksanakan pro gram se ko lah cuma-cuma dan (2) Bagaimanakah strategi kepemimpinan sekolah dalam memberdayakan partisipasi ma sya rakat. Untuk menjawab fokus penelitian di atas maka penelitian ini mengguna-kan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam observasi dan dokumentasi. Pe-milihan informan dilakukan dengan teknik bola salju dan diperoleh informan ke-pala sekolah wakil kepala sekolah bendahara sekolah guru staf tata usaha ketua komite sekolah anggota dewan pendidikan orang tua/wali murid dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh temuan bahwa (1) Dalam pelak-sanaan program sekolah cuma-cuma (a) Latar belakang dilaksanakannya program sekolah cuma-cuma adalah kon di si ekonomi masyarakat sekitar yang kurang mampu kondi si se kolah saat itu yang mengalami penu run an jumlah siswa dan adanya pem berian dana BOS oleh pemerintah untuk mendukung tercapai nya pro-gram Wajar 9 Tahun (b) Tujuan dilaksanakannya program sekolah cuma-cuma adalah se bagai wadah un tuk menampung siswa kurang mam pu yang ingin mengenyam pendidikan/sekolah de ngan biaya yang relatif murah terjangkau dan bahkan gratis (c) Strategi sekolah dalam pelaksanaan program sekolah cuma-cuma dipilah men ja di tiga tahapan yaitu peren canaan dan persiapan sosi alisa si dan kebijakan dan stra tegi pelaksanaan program (d) Faktor yang mendukung dan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57437

Actions (login required)

View Item View Item