Manajemen program parenting pada PAUD unggulan nasional (studi multi situs pada PAUD Anak Saleh dan PAUD Firdaus di Malang Raya) / Rudi Hariawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen program parenting pada PAUD unggulan nasional (studi multi situs pada PAUD Anak Saleh dan PAUD Firdaus di Malang Raya) / Rudi Hariawan

Hariawan, Rudi (2011) Manajemen program parenting pada PAUD unggulan nasional (studi multi situs pada PAUD Anak Saleh dan PAUD Firdaus di Malang Raya) / Rudi Hariawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Imron Arifin M.Pd. (II) Dr. H. Kusmintardjo M.Pd. Kata Kunci manajemen program parenting PAUD unggulan nasional Memadukan pendidikan di kelompok bermain dengan di rumah seharusnya menjadi perhatian bagi para penyelenggara pendidikan anak usia dini dengan meningkatkan layanan yang tidak terbatas pada anak di kelompok bermain saja melainkan lebih jauh menjadikan para orang tua sebagai mitra kerja atau sebagai pendidik di rumah dengan cara memberikan program pendidikan keorangtuan (parenting) bagi para orang tua agar mampu menjalankan tugasnya sebagai pendidik. Program parenting yaitu bentuk kegiatan informal yang dilakukan untuk menyelaraskan kegiatan-kegiatan pengasuhan dan pendidikan anak di kelompok bermain dan di rumah. Parenting ini bukan sesuatu yang baru namun juga tidak banyak yang mampu menyelenggarakannya sehingga penting untuk dikaji dari konsep teoritis tentang manajemen program parenting pada pendidikan anak usia dini mengingat kegiatan ini sangat bermanfaat dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan anak secara maksimal. Penelitian ini dilakukan di dua situs yaitu PAUD Anak Saleh dan PAUD Firdaus di Malang Raya bertujuan untuk mendeskripsikan segenap fenomena dan peristiwa yang terjadi berkaitan dengan manajemen program parenting pada pendi-dikan anak usia dini yang meliputi (1) Rancangan program parenting pada pendidi-kan anak usia dini (2) Implementasi program parenting pada pendidikan anak usia dini (3) Evaluasi program parenting pada pendidikan anak usia dini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan studi multi situs. Data penelitian berupa data deskriptif yang diperoleh melalui wawancara data dokumentasi dan data observasi mengenai penyelenggaraan program parenting. Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut. Pertama rancangan program parenting pada PAUD disusun melalui proses sebagai berikut (1) Lembaga menyusun program parenting (2) wali murid merancang program yang relevan dengan program lembaga (3) merumuskan dan menetapkan program parenting sebagai program kerja tahunan komite sekolah. Kedua implementasi program paren-ting pada PAUD meliputi kegiatan sebagai berikut (1) pertemuan formal Pra-pembelajaran anak di kelas pertengahan dan akhir semester pertama awal dan akhir semester kedua dan komitmen bersama membantu pertumbuhan dan perkembangan anak (2) pembinaan kemampuan dan keterampilan orang tua melalui kegiatan seminar pelatihan forum diskusi dan membuat Alat Peraga Edukasi (APE) (3) Pendampingan anak oleh orang tua di dalam dan di luar kelas seperti game lomba outbound moving home kunjungan ke rumah atau ke instansi-instansi pemerintah (4) Kegiatan konsultasi dan keagamaan rutin mingguan. Ketiga evaluasi program parenting pada PAUD dilakukan dengan cara sebagai berikut (1) menilai perubahan sikap dan komunikasi yang bersahaja antara orang tua dengan anaknya (2) keaktifan orang tua dalam kegiatan parenting (3) penilaian perkembangan mingguan anak (4) pertanggungjawaban kegiatan parenting oleh pengurus komite sekolah secara lisan dan tertulis kepada wali murid dan lembaga. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan saran-saran sebagai berikut. (1) Guru dan orang tua senantiasa terus saling menjaga dan memelihara hubungan yang erat sehat dan harmonis serta tetap saling berbagi informasi mengenai anak didiknya dan berbagi pengetahuan tentang cara membantu dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara maksimal di rumah. (2) Bagi Kepala Sekolah senantiasa terus (a) memberi pembinaan dan pengarahan yang aktif guna memperlancar terlaksananya program parenting di sekolah (b) membangun kesadaran dan hubungan kerjasama orang tua dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. (3) Bagi Kabid PLS Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota senantiasa terus aktif memberikan pelatihan secara berkesinambungan tentang konsep manajemen program parenting yang efektif kepada pengawas kepala sekolah ketua komite sekolah dan pihak-pihak yang berperan secara langsung dalam penyelenggaraan parenting di lembaga PAUD. (4) Bagi Ditjen PAUD Nonformal dan Informal Kemendiknas diharapkan dapat dijadikan sebagai contoh penyelenggaraan program pendidikan keorangtuaan yang efektif dan sebagai landasan dalam membuat pilot project penyelenggaraan program parenting di lembaga PAUD di seluruh Indosesia (5) Bagi program studi manajemen pendidikan diharapkan dapat dijadikan sebagai sumber informasi yang berguna serta pengayaan dan pengembangan tentang konsep manajemen pada PAUD khususnya manajemen humas kepada pengajar dan mahasiswa di Program Studi Manajemen Pendidikan dan (6) Bagi peneliti lain sebagai inspirasi untuk mengkaji lebih mendalam tentang manajemen program parenting pada pendidikan anak usia dini mengingat masing-masing lembaga PAUD memiliki keunikan tersendiri dalam menyelenggarakan program parenting.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57434

Actions (login required)

View Item View Item