Pengembangan sumber daya manusia di perguruan tinggi swasta (studi multi kasus di Universitas Muhammadiyah Mataram dan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram) / Baiq Rohiyatun - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sumber daya manusia di perguruan tinggi swasta (studi multi kasus di Universitas Muhammadiyah Mataram dan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram) / Baiq Rohiyatun

Rohiyatun, Baiq (2011) Pengembangan sumber daya manusia di perguruan tinggi swasta (studi multi kasus di Universitas Muhammadiyah Mataram dan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram) / Baiq Rohiyatun. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Hendyat Soetopo M.Pd (II) Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Sumber Daya Manusia Perguruan Tinggi Swasta Pengembangan organisasi merupakan bagian penting dalam sistem pendidikan di Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Hal ini karena mempunyai pengaruh yang kuat terhadap keberhasilan pencapaian tujuan perguruan tinggi. Di dalam rangka pengembangan organisasi PTS hendaknya mengoptimalkan layanan pendidikan dengan potensi sumber daya yang ada sesuai dengan tuntutan lingkungan internal dan eksternal. Salah satu cara dalam menggali potensi yang dimiliki oleh sumber daya manusia di perguruan tinggi adalah dengan pengembangan. Pengembangan sumber daya manusia merupakan dimensi penting dalam proses pembangunan nasional yang saling berkaitan dengan pembangunan dimensi yang lain karena faktor yang paling menentukan keberhasilan suatu bangsa bukan kekayaan alam yang dipunyainya melainkan kualitas sumber daya manusia yang dipunyainya. Begitupun dalam lembaga perguruan tinggi faktor yang menentukan keberhasilan organisasai adalah kualitas Sumber Daya Manusianya terutama tenaga pengajar atau yang disebut dosen. Dosen adalah merupakan ujung tombak pelaksanaan kegiatan pendidikan yang sifat pekerjaanya selalu berkembang dan dinamis seirama dengan perubahan yang terjadi. Fokus utama dari penelitian ini adalah pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dosen di Universitas Muhammadiyah Mataram dan Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Mataram. Fokus tersebut dijabarkan menjadi sub fokus penelitian yakni (1) Perencanaan pengembangan sumber daya Manusia dosen di Universitas Muhammadiyah Mataram dan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram (2) Tehnik-tehnik Pengembangan Sumber Daya Manusia dosen di Universitas Muhammadiyah Mataram dan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram dan (3) Tindak lanjut pengembangan sumber daya manusia dosen di Universitas Muhammadiyah Mataram dan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multikasus. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara mendalam (2) observasi berperan serta dan (3) studi dokumentasi. Pemilihan informan penelitian dilakukan secara snowball sampling. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dengan alur (1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan. Agar memperoleh keabsahan data dilakukan melalui (1) Uji Kredibilitas yang terdiri dari Triangulasi Member cek dan diskusi teman sejawat (2) Dependabilitas dan (3) Konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan pertama perencanaan pengembangan sumber daya manusia dosen dikedua perguruan tinggi swasta lokasi penelitian sesuai dengan tuntutan kebijakan pemerintah dan keinginan untuk terus eksis ditengah persaingan kualitas dari PTS yang lain. Kedua tehnik-tehnik pengembangan sumber daya manusia dosen di kedua perguruan tinggi swasta lokasi penelitian menggunakan tehnik studi lanjut pelatihan atau penataran workshop atau lokakarya dan seminar kesemua tehnik-tehnik tersebut ditentukan berdasarkan kebutuhan dosen dan kebutuhan lembaga perguruan tinggi. Penetapan tehnik yang digunakan melibatkan peran serta pimpinan perguruan tinggi dan unsur yayasan. Ketiga Tindak lanjut pengembangan sumber daya manusia dosen di kedua perguruan tinggi swasta lokasi penelitian menunjukkan bahwa akan dipasilitasi dalam bentuk sarana dan dana agar apa yang sudah dipelajari dalam tehnik-tehnik pengembangan SDM dapat diaplikasikan untuk peningkatan kemampuan mengajar dan ilmu spesialisasi dosen disamping itu juga faktor kompensasi akan diupayakan untuk meningkatkan motivasi kerja dan kesejahteraan dosen. Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) Untuk Kopertis wilayah IIIV dan DIKTI bekerjasama dengan perguruan tinggi memberikan dana dalam rangka pengembangan kualitas dosen. Pengadaan tehnik-tehnik pengembangan dosen selain studi lanjut perlu diintensifkan penyelenggaraannya dengan mengundang dosen-dosen dari PTS-PTS yang ada sehingga semua kebijakan maupun program yang dikembangkan tepat sasaran dan dapat ditindak lanjuti (2) Untuk IKIP Mataram Perguruan tinggi walaupun swasta perlu berinisiatif dengan sungguh-sungguh untuk menggunakan hasil analisis kebutuhan sebagai dasar dalam menyusun program pengembangan sumber daya manusia dosen perguruan tinggi perlu menyusun tehnik-tehnik apa yang sesuai untuk program pengembangan sumber daya manusia dosen dan dapat bekerjasama dengan Universitas lain DIKTI/Kopertis dan lembaga pendidikan lain untuk memberikan bimbingan berkelanjutan dalam hal pengembangan sumber daya manusia. Khusus untuk penelitian karena data yang penulis dapatkan dilapangan bahwa belum ada hasil penelitian dosen yang diseminarkan maka perlu kiranya IKIP Mataram mempublikasikan hasil penelitiannya dalam bentuk seminar (3) Bagi UMM walaupun swasta perlu berinisiatif dengan sungguh-sungguh untuk menggunakan hasil analisis kebutuhan sebagai dasar dalam menyusun program pengembangan sumber daya manusia dosen perguruan tinggi perlu menyusun tehnik-tehnik apa yang sesuai untuk program pengembangan sumber daya manusia dosen dan dapat bekerjasama dengan Universitas lain DIKTI/Kopertis dan lembaga pendidikan lain untuk memberikan bimbingan berkelanjutan dalam hal pengembangan sumber daya manusia (4) bagi dosen tanggung jawab dan kewajiban sebagai seorang dosen adalah melaksanakan Tri Dharma Perguruan tinggi sudah seharusnya untuk melakukan pengembangan diri tidak hanya menunggu giliran dan kesempatan dari perguruan tinggi tetapi ada inisiatif sendiri untuk mau mengembangkan diri menjadi dosen yang professional (5) Bagi peneliti lain dapat dijadikan acuan bagi para peneliti-peneliti selanjutnya dalam rangka perbaikan kedepan apabila metodologi dan temuan penelitian ini dinilai kredibel dan relevan maka dapat dimanfaatkan sebagai referensi dalam meneliti kasus sejenis pada lembaga lainya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57432

Actions (login required)

View Item View Item