Implementasi manajemen berbasis sekolah pada sekolah dasar swasta (studi kasus di SD Islam Bani Hasyim Singosari Kabupaten Malang) / Herlin Prihartati - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi manajemen berbasis sekolah pada sekolah dasar swasta (studi kasus di SD Islam Bani Hasyim Singosari Kabupaten Malang) / Herlin Prihartati

Prihartati, Herlin (2011) Implementasi manajemen berbasis sekolah pada sekolah dasar swasta (studi kasus di SD Islam Bani Hasyim Singosari Kabupaten Malang) / Herlin Prihartati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci manajemen berbasis sekolah sekolah dasar sekolah swasta Berbagai macam upaya telah dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan kita namun sampai saat ini belum mengalami peningkatan yang signifikan dengan usaha yang telah dilakukan Ada tiga factor penyebab yang paling mendasar adalah 1) adanya kebijakan dan penyelenggaraan pendidikan nasional yang menggunakan pendekatan input-output-analysis yang tidak dilaksanakan dengan konsekuen 2) pendidikan nasional dilaksanakan secara birokratik dan sentralistik dan ke 3) peran serta masyarakat. Berbagai inovasi terus diupayakan dan dilaksanakan. Salah satunya adalah kebijakan untuk reorientasi dalam penyelenggaraan pendidikan nasional dengan salah satu inovasi yang dilakukan adalah inovasi dalam bidang teknologi pembelajaran di kelas yang menjadi trend di era lima tahun terakhir ini yang mana dari manajemen (peningkatan mutu) berbasis pusat menuju manajemen (peningkatan mutu) berbasis sekolah yang selanjutnya kita kenal dengan istilah manajemen berbasis sekolah atau MBS . Berdasarkan paparan di atas penelitian ini mengkaji secara mendalam bagaimana Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah . Penelitian ini dilakukan di SD Islam Bani Hasyim Kec. Singosari Kabupaten Malang. Untuk mengetahui secara mendalam tentang Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SD Islam Bani Hasyim ini. Fokus dalam penelitian ini adalah sebagai berikut 1) bagaimana penerapan 4 pilar MBS 2) bagaimana pengelolaan MBS 3) bagaimana pemberdayaan Stakeholders dan 4) bagaimana penerapan Visi Misi di sekolah. Untuk memperoleh data yang digunakan untuk menjawab focus penelitian di atas penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Pendekatan kualitatif ini berusaha untuk mendeskripsikan secara rinci tentang Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah pada indikator 1) bagaimana penerapan 4 pilar MBS 2) bagaimana pengelolaan MBS 3) bagaimana pemberdayaan Stakeholders dan 4) bagaimana penerapan Visi dan Misi di sekolah di SD Islam Bani Hasyim. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara observasi dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian adalah Direktur Masjidil Ilm Kepala Sekolah Wakil Kepala Sekolah Guru Staf TU Sekretaris Yayasan Guru dan Wakil dari Wali Siswa / Santri. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan melakukan reduksi data penarikan data dan penarikan kesimpulan. Untuk mendapatkan keabsahan data dilakukan dengan uji triangulasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini untuk masing-masing indikator /focus penelitian dapat diinformasikan sebagai berikut 1) Tentang penerapan 4 pilar MBS di SD Islam Bani Hasyim (termasuk di dalamnya tentang pengelolaan MBS dan pemberdayaan Stakeholders) adalah sebagai berikut (a) transparansi manajemen secara maksimal telah diberdayakan sesuai standar pelayanan minimal yang diberlakukan. Transparansi sebagai pilar pertama dalam MBS sudah dilaksanakan oleh Kepala Sekolah. Kepada masyarakat sekolah sudah berani menyampaikan transparansi kebutuhan dan penggunaan dana (b) Pembelajaran aktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan berdasarkan komponen indikator input pendidikan indikator proses dan indikator output pendidikan. Dengan cara ini yang saya lihat anak / siswa / santri cepat memahami perintah guru anak suka berbuat sendiri sehingga guru banyak bersifat memfasilitasi dari semua pengalaman pembelajaran di kelas berhasil dengan baik dan memiliki hasil yang signifikan (c) Peran serta masyarakat di SD Islam Bani Hasyim melalui penjelasan seorang Guru dapat dipahami bahwa dengan prinsip sukarela dan saling menguntungkan dan memiliki kepentingan bersama dalam suatu wadah guna membantu kelancaran penyelenggaraan pendidikan di sekolah telah dilaksanakan dengan maksimal (d) Lingkungan yang baik dan nyaman di SD Islam Bani Hasyim itu secara maksimal dan sepenuhnya merupakan indikator dasar keberhasilan pendidikan disamping realisasi PSM di sekolah ini ternyata telah berjalan dengan maksimal melalui Visi sekolah yang berbunyi Membentuk Insan Ulul Albab lewat pendidikan Islam berkualitas dengan Misinya Dapat diartikan memaksimalkan pembelajaran PAIKEM dengan pengertian seperti yaitu Mewujudkan lulusan Sekolah Dasar Islam Bani Hasyim yang memiliki benih-benih manusia sebagai berikut 1) Islami mengikuti dan mewarnai perkembangan jaman dengan sifat-sifat islami 3) Mandiri nampak pada dorongan rasa ingin tahu yang kuat dan melepaskan diri dari kebiasaan menggantungkan diri pada orang lain 4) Unggul nampak pada kemampuan menguasai pengetahuan ketrampilan dan sikap lebih tinggi dari rata-rata lulusan sekolah lain dengan jenjang dan jenis yang sama 5) Ceria nampak pada kesehatan jasmani dan rohani serta melakukan aktivitasnya dengan gembira.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57428

Actions (login required)

View Item View Item