Hubungan iklim sekolah, kompensasi kerja dan komitmen guru dengan kinerja guru SD negeri di Kota Ambon / Hanna Noija - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan iklim sekolah, kompensasi kerja dan komitmen guru dengan kinerja guru SD negeri di Kota Ambon / Hanna Noija

Noija, Hanna (2010) Hubungan iklim sekolah, kompensasi kerja dan komitmen guru dengan kinerja guru SD negeri di Kota Ambon / Hanna Noija. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Iklim sekolah Kompensasi Komitmen dan Kinerja Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan oleh para penyelenggara pendidikan agar tujuan pendidikan dapat dicapai diantaranya adalah faktor kurikulum kualitas guru sarana dan prasarana penunjang pendidikan lainnya. Dari beberapa aspek pembenahan di atas aspek sumber daya manusia (guru) perlu mendapat prioritas utama. Karena keberhasilan dalam mencetak lulusan sangat ditentukan oleh guru. Oleh karena itu guru dituntut untuk lebih meningkatkan kinerjanya. Hal ini disebabkan oleh adanya tuntutan mutu pada proses dan output pendidikan diera global. Untuk meningkatkan kualitas kinerja tersebut diperlukan adanya tingkat kesejahteraan yang memadai berupa kompensasi esensial yang benar dan komitmen yang didukung oleh loyalitas dan kemauan kerja yang tinggi serta iklim kerja organisasi sekolah yang kondusif. Dengan kompensasi iklim sekolah dan komitmen yang tinggi akan meningkatkan performance atau kinerja yang tinggi pula. Kompensasi iklim kerja organisas sekolah dan komitmen merupakan faktor penting yang berpengaruh terhadap kinerja guru SD di Kota Ambon. Untuk mengkajinya penelitian ini dilakukan dengan rumusan masalah sebagai berikut (1) Apakah ada hubungan yang signifikan antara iklim sekolah dengan kinerja (2) Apakah ada hubunganyang signifikan antara kompensasi kerja dengan kinerja (3) Apakah ada hubungan yang signifikan antara komitmen dengan kinerja dan (4) Apakah ada hubungan yang signifikan antara kompensasi iklim sekolah dan komitmen dengan kinerja guru (5) seberapa tinggi sumbangan efektif variabel iklim sekolah kompensasi kerja komitmen terhadap kinerja guru. Sesuai dengan rumusan masalah di atas dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Dalam penelitian ini dikaji pengaruh iklim sekolah (X1) kompensasi kerja (X2) dan komitmen (X3) sebagai variabel bebas kinerja guru (Y) sebagai variabel terikat. Penelitian dilaksanakan di lembaga pendidikan SD Kota Ambon dengan populasi 1528 orang guru. Sampel sebanyak 352 orang guru diambil dengan teknik sampel acak proposional. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik angket.Instrumen kuesioner dirancang dengan skala lima yang merujuk pada skala Likert. Instrumen yang telah disusun diuji coba tingkat validitasnya dengan teknik product moment dari Pearson. Sedangkan estimasi reliabilitas instrumen dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisa data mencakup analisa deskriptif uji persyaratan analisa yang mencakup normalitas dan linearitas uji hipotesis yang mencakup uji t untuk mengetahui korelasi antar variabel secara parsial dan uji regresi ganda untuk mengetahui korelasi variabel secara bersama-sama. Analisa hasil penelitian dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 16 for window. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara iklim organisasi sekolah dengan kinerja guru SD Kota Ambon dengan sig 2 tailed 0 001 945 0 05 (2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kompensasi kerja dengan kinerja guru SD Kota Ambon dengan sig 2 tailed 0 000 945 0 05 (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara komitmen dengan kinerja guru SD Kota Ambon dengan sig 2 tailed 0 000 945 0 05 (4) terdapat hubungan yang signifikan antara iklim organisasi sekolah kompensasi kerja dan komitmen dengan kinerja guru SD Kota Ambon dengan sig 0 000 945 0 05. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan saran-saran sebagai berikut (1) Pihak kepala sekolah SD Kota Ambon dalam meningkatkan kinerja guru hendaknya merancang kebijakan dalam meningkatkan iklim kerja sekolah baik dari dimensi perilaku guru maupun dari dimensi perilaku kepala sekolah. Terutama sekali adalah dimensi perilaku kepala sekolah yang berkaitan dengan kepemimpinan Kepala sekolah SD Kota Ambon. Sebab gaya kepimpinan adalah merupakan salah satu dimensi perilaku kepala sekolah yang dapat mempengaruhi iklim kerja sekolah. Keberhasilan pemimpin bukan disebabkan oleh prestasi guru tetapi tanggungjawabnya untuk mengembangkan dan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif obyektif dan terbuka. Kepala sekolah selaku pimpinan dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawanya harus bisa memberikan perhatian yang maksimal kepada yang dipimpinya dan memposisikan gurunya sebagai mitra kerja yang sesungguhnya. Begitu juga bagi para guru akan merasakan kenyamanan dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya. Kondisi ini pada akhirnya dapat memotivasi para guru untuk terus meningkatkan kinerja yang pada akhirnya dapat mencapai tujuan lembaga (2) Kepala sekolah SD Kota Ambon dalam rangka untuk meningkatkan kinerja guru hendaknya merancang kebijakan kompensasi baik finansial maupun non finansial. Kebijakan yang dimaksud dimulai dengan kegiatan pengukuran kinerja guru secara terukur dan obyektif. Dari hasil pengukuran kinerja ini dapat dijadikan dasar dalam penentuan pemberian kompensasi terhadap guru. Kebijakan tersebut harus dilaksanakan secara obyektif dan terbuka. Apabila kebijakan tersebut dilaksanakan secara simultan konsisten dan didukung oleh partisipasi guru diharapkan kinerja guru akan meningkat dan (3) Pihak kepala sekolah SD Kota Ambon perlu menumbuhkan dan memupuk komitmen para guru dalam rangka meningkatkan performansi dengan memenuhi kebutuhan dan menyediakan sarana pelayanan yang diperlukan serta menjaga citra lembaga yang baik di masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57426

Actions (login required)

View Item View Item