Manajemen program akselerasi di sekolah unggulan terpadu (studi multisitus di SMP Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Lumajang) / Jovita Dwi Satyarini - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen program akselerasi di sekolah unggulan terpadu (studi multisitus di SMP Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Lumajang) / Jovita Dwi Satyarini

Satyarini, Jovita Dwi (2010) Manajemen program akselerasi di sekolah unggulan terpadu (studi multisitus di SMP Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Lumajang) / Jovita Dwi Satyarini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Katakunci manajemen program akselerasi Sekolah Unggulan Terpadu. Layanan pendidikan di Indonesia pada beberapa masa lebih banyak bersifat klasikal-massal yang berorientasi pada kuantitas untuk dapat melayani sebanyak-banyaknya jumlah siswa. Di sisi lain ditinjau dari aspek kemampuan dan kecer-dasan siswa dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu di bawah rata-rata rata-rata dan di atas rata-rata. Untuk siswa yang di bawah rata-rata pemerintah su dah men sosialisasikan pela yanan pengajaran remidi yang membutuhkan waktu le bih lama untuk menyelesaikan materi kurikulum. Sedangkan bagi siswa yang me mi li ki ke mam puan dan kecerdasan di atas rata-rata belum mendapatkan pela yan an pen di-dikan yang sesuai. Kebutuhan akan layanan pendidikan yang khusus ini ke mu dian memperoleh dasar yuridis dalam pasal 5 ayat 4 Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasi onal Warga Negara yang memi liki po ten si kecer dasan dan bakat istimewa berhak mem per oleh pendidikan khusus. Pendi-dikan khusus yang dipilih oleh Direktorat Jen dral Pendidikan Dasar dan Mene-ngah adalah program akselerasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan penye leng-garaan pro gram akselerasi di SMP Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Lumajang (2) me -ka nisme penye lenggaraan program akselerasi di SMP Negeri 1 dan SMA Ne ge ri 2 Lumajang (3) strategi penentuan input program akselerasi di SMP Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Lumajang (4) kurikulum dan pembelajaran program akse le ra si di SMP Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Lumajang (5) strategi penentuan output pro -gram akselerasi di SMP Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Lumajang (6) meka nis me pembinaan program akse le ra si di SMP Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Luma jang dan (7) mekanisme monitoring dan evaluasi program akselerasi di SMP Nege ri 1 dan SMA Negeri 2 Lumajang. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan jenis ran cang-an stu di multisitus. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen pro-gram akse lerasi di SMP Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Lumajang. Teknik pengum-pulan data yang digunakan adalah (1) wawan cara men dalam (2) obser vasi parti-sipan dan studi dokumentasi. Analisis data pene li ti an ini dilakukan sela ma setelah pengumpulan data dan sampai sele sainya penu lis an laporannya. Ana li sis data meliputi tiga alur kegiatan yang terja di secara ber sa maan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian di SMP Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Lumajang adalah (1) perencanaan penyelenggaraan meliputi kegiatan (a) sosialisasi pada seluruh de wan guru (b) membentuk panitia khusus (c) me la kukan studi banding (d) sosialisasi pada orang tua siswa (e) seleksi guru dan (f) menyusun proposal per-mo honan (2) mekanisme penyelenggaraan meliputi (a) mengi rim kan pro posal per -mo honan ke Dinas Pendidikan Kabu paten Dinas Pendi dikan Provinsi dan Dirjen Dik dasmen cq. Ditjen PLB di Jakarta (b) Dinas Pendidikan Kabu paten mela-kukan obser vasi dan supervisi (c) Dinas Pendidikan Kabu paten me ngi rimkan reko men dasi ke Dinas Pendidikan Provinsi (d) Dinas Pendidikan Provinsi melakukan observasi dan (e) Dinas Provinsi menerbitkan SK Penetapan (3) strategi penentuan input mela lui tahapan (a) Pene ri maan Peserta Didik Baru (b) sosi ali sasi pada orang tua siswa baru (c) menunjuk lembaga pelaksana tes psi ko-logi (d) mene tapkan akseleran berdasarkan hasil tes psikologi (e) membuat persetujuan de ngan orang tua dan siswa dan (f) siswa wajib memperoleh surat kete rangan sehat dari dokter (4) kurikulum dan pem be lajarannya berupa (a) meng gunakan kurikulum na si onal dan muatan lokal (b) menyusun kurikulum yang berdi ferensiasi dalam hal isi strategi belajar meng ajar penggunaan fasilitas dan hasil bela jar dan (c) menyusun kalender akademik (5) stra te gi pe nen tuan output meliputi (a) penilaian ha sil belajar (b) mene tap kan Kri teria Ketuntasan Minimal (c) mengikuti pro gram remedial jika belum men capai ketun tas an (d) dikembalikan ke program reguler jika tidak memenuhi syarat dan (e) dinya ta kan lulus dari sekolah jika me me nuhi syarat kelulusan (6) meka nisme pembinaan meliputi (a) dilaku kan oleh pem bi na tingkat nasi onal pro vin si dan kabupaten (b) jadwal tiap pembina tidaklah sama (7) mekanisme moni to ring meli puti (a) Pelaksananya adalah Dirjen Dik das men cq. Dit jen PLB Dinas Pen di dikan Pro vinsi (Subdinas PLB) dan Dinas Pendi dikan Kabu pa ten (b) waktu pelaksanaan adalah dua kali dalam seta hun (c) instrumen moni toring berupa porto folio (d) mengirimkan lapo-ran pelaksanaan setiap tahunnya kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Dinas Pen-didikan Provinsi (Sub din PLB) dan Dirjen Dikdasmen (Ditjen PLB). Berdasarkan temuan penelitian diperoleh kesimpulan (1) perencanaan penye-leng ga raan program akselerasi melibatkan seluruh warga sekolah (2) mekanisme penyelenggaraan program akselerasi meli puti kegiatan meyusun dan mengirimkan proposal kepada Dinas Pen di dikan Kabupaten yang akan merekomen dasikannya kepada Dinas Pendi dikan Provinsi untuk dilakukan penelitian dan evaluasi terhadap proposal ter sebut. Apabila dianggap meme nuhi kriteria Dinas Pendidikan Pro vinsi akan me ner bitkan Surat Keputusan Pene tapan (3) strategi penentuan input program akse le rasi mengikuti konsep Three-Ring Conception dari Renzulli. Pelaksana tes adalah lemba ga psi kologi yang bersertifikasi dan dire-komendasikan oleh Dirjen Dikdas men (4) kur i kulum dan pembelajaran pada pro-gram akselerasi adalah kurikulum nasi onal dan muatan lokal. Kurikulum yang digu nakan adalah kuri kulum berdife ren si asi Kalender akademik pro gram akse-lerasi me mu at empat bulan hari efektif setiap semes ternya (5) stra tegi penentuan output meng gunakan berba gai jenis ulangan. Program remidial juga harus diikuti akse le ran jika tidak mampu mencapai KKM dan harus kembali ke program regu ler jika dinilai tidak mampu mengikuti pembelajaran di program akse le rasi. Akse leran di nya ta kan lulus dari satuan pendidikan dengan mengikuti krite ria kelulusan seko-lah (6) mekanisme pembinaan meliputi pembina pusat provin si dan kabupaten. (7) monitoring dila kukan seca ra ber jen jang dilaksa na kan oleh Dit jen Dikdasmen cq. Dit PLB Dinas Pendi dikan Pro vinsi (Subdin PLB) dan Di nas Pendidikan Kabupaten dan (8) melakukan evaluasi program setiap tahun.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57420

Actions (login required)

View Item View Item