Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi sekolah unggulan (studi multi kasus di TK Anak Saleh dan BA Restu I di Kota Malang) / Misbakhul Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi sekolah unggulan (studi multi kasus di TK Anak Saleh dan BA Restu I di Kota Malang) / Misbakhul Arifin

Arifin, Misbakhul (2010) Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi sekolah unggulan (studi multi kasus di TK Anak Saleh dan BA Restu I di Kota Malang) / Misbakhul Arifin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arifin Misbakhul. 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Sekolah Unggulan (Studi Multi Kasus di TK Anak Saleh dan BA Restu I di Kota Malang). Tesis Jurusan Manajemen Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Ahmad Sonhadji K.H. M.A. Ph.D. (II) Dr. H. Imron Arifin M.Pd. Kata kunci kepemimpinan kepala sekolah prestasi sekolah unggulan. Kepemimpinan kepala sekolah adalah segala usaha kepala sekolah dalam mempengaruhi mendorong membimbing mengarahkan dan menggerakkan seluruh staf sekolah dan masyarakat agar dapat bekerja secara efektif dalam rangka merencanakan dan melaksanakan program-program sekolah untuk meningkatkan dan mencapai prestasi. Sehingga perlu dikaji dan diadakan penelitian (research) tentang kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi sekolah unggulan khususnya di Taman Kanak-Kanak. Penelitian ini bertujuan Pertama untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (explanatory) prestasi yang telah diraih oleh sekolah unggulan termasuk didalamnya mendeskripsikan sumber-sumber pendukung yang dimanfaatkan untuk mencapai prestasi. Kedua mendeskripsikan dan menjelaskan kiat kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi sekolah unggulan di Taman Kanak-Kanak Anak Saleh Malang dan BA Restu I Malang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian studi multi kasus dengan model microetnografi karena penelitian ini mempunyai latar subjek pada suatu tempat kejadian. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap Pertama orientasi kedua tahap pengumpulan data (lapangan) atau tahap eksplorasi dan ketiga tahap analisis dan penafsiran data. Obyek penelitian yaitu TK Anak Saleh Malang dan BA Restu I Malang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dari segi kualitas prestasi yang diraih TK Anak Saleh Malang relatif lebih baik dibandingkan dengan BA Restu I Malang khususnya dari segi skala kejuaraan. Tetapi dari segi kuantitas kejuaraan BA Restu I Malang relatif lebih baik dibandingkan dengan TK Anak Saleh Malang. Dalam meraih prestasi kepala sekolah BA Restu I Malang menggunakan kiat kepemimpinan antara lain bersikap adil memberikan sugesti mendukung tercapainya tujuan katalisator menciptakan rasa aman sebagai wakil organisasi sumber inspirasi dan bersikap menghargai. Sedangkan Kepala Sekolah TK Anak Saleh Malang menggunakan kiat kepemimpinan bersikap adil memberikan sugesti mendukung tercapainya tujuan katalisator menciptakan rasa aman sebagai wakil organisasi sumber inspirasi bersikap menghargai rendah hati dan spiritual transendental.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57415

Actions (login required)

View Item View Item