Pengelolaan program akselerasi di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Malang / Niken Asih Santjojo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan program akselerasi di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Malang / Niken Asih Santjojo

Santjojo, Niken Asih (2010) Pengelolaan program akselerasi di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Malang / Niken Asih Santjojo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Niken Asih Santjojo. 2009. Pengelolaan Program Akselerasi di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Malang. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Willem Mantja M.Pd. (II) Prof. Dr. Hendyat Soetopo M.Pd. Kata kunci Pengelolaan Program Akselerasi Sekolah Menengah Atas Negeri Malang Peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa perlu mendapat layanan sesuai dengan potensi dan bakatnya. Salah satu bentuk layanan untuk mewadahi peserta didik tersebut adalah dengan menyelenggarakan program percepatan belajar dari tiga tahun menjadi dua tahun yang disebut program akselerasi. Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa pemerintah Indonesia telah memberi payung hukum dalam memberi pelayanan pendidikan bagi anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa. Oleh karena itu sekolah yang berkompeten seyogyanya berinisiatif untuk menyelenggarakan program akselerasi bagi peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa. Salah satu lembaga yang berinisiatif dan berkompeten membuka program tersebut adalah SMA Negeri 3 Malang. Sejak tahun pelajaran 2002- 2003 sekolah ini telah menyelenggarakan program akselerasi dan pada tahun pelajaran 2005-2006 telah ditunjuk oleh pemerintah untuk melaksanakan rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) dimana program akselerasi berjalan sesuai dengan perkembangan sekolah tersebut. Perkembangan ini merupakan salah satu indikator keberhasilan sekolah sehingga perlu diadakan penelitian tentang pengelolaan pada program akselerasi di sekolah ini. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana timbulnya gagasan awal penyelenggaraan program akselerasi proses persiapannya pelaksanaan program tersebut serta proses monitoring dan evaluasi penyelenggaraannya sejak tahun pelajaran 2002-2003 sampai dengan tahun pelajaran 2006-2007. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data adalah (1) wawancara mendalam (2) peran serta dalam observasi (3) studi dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dengan alur (a) reduksi data (b) penyajian data dan (c) penarikan kesimpulan. Untuk memperoleh keabsahan data dilakukan dengan empat kriteria (1) kredibilitas (2) transferabilitas (3) dependabilitas dan (4) konfirmabilitas. Dari hasil analisis diperoleh temuan-temuan sebagai berikut (1) Gagasan awal penyelenggaraan program akselerasi di SMA Negeri 3 Malang muncul karena adanya faktor-faktor kesiapan sekolah baik internal maupun eksternal yang didukung dengan adanya landasan hukum. Selanjutnya gagasan penyelenggaraan program akselerasi disosialisasikan kepada pihak yang berkompeten untuk mendapatkan masukan-masukan sehingga dapat digunakan sebagai dasar kebijakan persiapan pelaksanaan program akselerasi di SMA Negeri 3 Malang. (2) Persiapan pelaksanaan program akselerasi di SMA Negeri 3 Malang dilaksanakan secara matang melalui tahapan-tahapan sosialisasi pembentukan tim khusus benchmarking dan perijinan. (3) Pelaksanaan program akselerasi dilakukan berdasarkan input dan proses yang berkualitas sesuai perencanaan sehingga dihasilkan output yang baik. (4) monitoring dan evaluasi program akselerasi yang dilakukan di SMA Negeri 3 Malang dijadikan umpan balik penyelenggaraan di tahun berikutnya. Berdasarkan temuan-temuan penelitian ini disarankan agar hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai (1) pemicu bagi pengelola program ini agar dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan program akselerasi (2) acuan bagi lembaga yang berminat menyelenggarakan program akselerasi agar mendapatkan gambaran pengelolaan program akselerasi (3) bahan masukan untuk mengadakan penelitian lebih lanjut agar dapat mengungkapkan fenomena lain yang lebih akurat dan mendalam pada masa yang akan datang (4) gambaran yang jelas tentang pengelolaan program akselerasi di SMA Negeri 3 Malang sehingga siswa yang memiliki potensi kecerdasan dapat memilih lembaga ini sebagai salah satu alternatif tempat belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57404

Actions (login required)

View Item View Item