Kepemimpinan kepala sekolah dalam mengimplementasikan rintisan sekolah bertaraf internasional (studi multisitus di SMA Negeri 3 Malang dan SMA Negeri 5 Malang) / Sukarji - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan kepala sekolah dalam mengimplementasikan rintisan sekolah bertaraf internasional (studi multisitus di SMA Negeri 3 Malang dan SMA Negeri 5 Malang) / Sukarji

Sukarji (2010) Kepemimpinan kepala sekolah dalam mengimplementasikan rintisan sekolah bertaraf internasional (studi multisitus di SMA Negeri 3 Malang dan SMA Negeri 5 Malang) / Sukarji. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sukarji. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Rintisan SMA Bertaraf Internasional Studi Multisitus di SMA Negeri 3 Malang dan SMA Negeri 5 Malang. Tesis Jurusan Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pem bimbing (I) Prof. H.A. Sonhadji K.H. M.A. Ph.D. (II) DR. H. Imron Arifin M.Pd. Kata kunci kepemimpinan kepala sekolah mengimplementasikan rintisan SMA bertaraf internasional Program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) merupakan upaya peningkatan mutu pendidikan yang diharapkan dapat mening kat kan kualitas SDM Indonesia. Dalam abad ke-21 atau era global kualitas SDM sangat penting sebab hanya negara-negara yang memiliki SDM berkua litas dan menguasai ilmu penge-tahuan dan teknologi khususnya tekno lo gi komuni kasilah yang akan mampu me-menangkan persaingan. Oleh sebab itu peneli tian tentang RSBI sebagai program yang relatif masih baru ini sangat penting dan perlu dila ku kan agar dapat membe ri-kan sumbangan pemi kiran khususnya kepada kepala sekolah dan para stakehol der sehingga mereka dapat mengim ple mentasikan RSBI dengan lebih baik. Fokus utama penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah dalam mengimplementasikan Rintisan SMA Ber taraf Internasional. Fokus tersebut dija-barkan ke dalam empat sub fokus yaitu (1) strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam menggerakkan seluruh personil untuk mengimplementasikan Rin tisan SMA Bertaraf Interna sional (2) nilai kepemimpinan kepala sekolah dalam meng-implementasikan RSBI (3) upaya kepemimpinan kepala seko lah memberda yakan sum berdaya sekolah (4) strategi kepe mim pinan kepala sekolah mengatasi kendala pengimplemen tasian RSBI. Penelitian ini berlokasi di SMA Negeri 3 Malang dan SMA Negeri 5 Malang karena kedua SMA tersebut merupakan SMA Negeri yang secara resmi ditunjuk oleh Pemerintah (Depdiknas Jakar ta) untuk me nyeleng garakan RSBI di Kota Malang. Pe ne litian ini mengguna kan pendekat an kuali tatif dengan rancangan multisitus karena kedua situs memiliki latar belakang yang hampir sama dan diha-rapkan akan diperoleh hasil yang lebih kompre hen sif. Teknik pe ngumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu (1) wa wan cara mendalam seba gai teknik utama (2) ob ser va si berperan serta pasif (3) studi dokumentasi. Pemilihan infor man di-laku kan dengan menggu na kan teknik purposive sampling dan snow ball sampling. Data yang terkum pul di analisis secara deskriptif dengan alur (1) reduk si data (2) penyajian data (3) penarikan simpulan (4) analisis data tiap situs dan (5) analisis data lintas situs. Untuk memperoleh keabsahan data diguna kan empat kriteria (1) kredibilitas (2) transferabilitas (3) dependa bilitas dan (4) konfir ma bilitas. Berdasarkan paparan data penelitian ditemukan sebagai berikut. Pertama strategi kepala sekolah dalam menggerakkan seluruh personil ada lah (1) memba-ngun hubungan positif dengan Depdiknas Pusat dan daerah (2) penyusunan pro-posal RPS (3) pengembangan SDM (4) menyem pur nakan visi-misi (5) me nyusun KTSP Plus adaptif kuriku lum Cambridge (6) pengembangan PBM dan pe nilaian (7) melengkapi sarana dan prasarana (8) mening katkan pengelo la an sekolah (9) pembiayaan (10) mem berikan motivasi (11) sosialisasi program untuk membangun kebersamaan. Kedua nilai kepemimpinan kepala sekolah dalam mengimplementasikan RSBI adalah (1) kejujuran (2) keterbu kaan (3) de-mokratis (4) keke luargaan (5) pres ta si (6) keaga maan (7) pe duli ling kungan (8) ke te ladan an (9) keber sa maan (10) kerja ikhlas dan komitmen tinggi (11) visioner. Ketiga upaya kepemimpin an kepala seko lah memberda yakan sumber-daya sekolah adalah (1) Sebagai Centre of CIE (2) pengem bang an menjadi seko-lah rujukan/ sekolah unggul (3) pengembangan manaje men seko lah (4) pengem-bang an SDM (5) anggaran dan sarana dan prasara na (6) budaya dan iklim seko-lah. Keempat strategi kepe mim pinan kepala sekolah mengatasi kendala pengim-ple men tasian RSBI adalah (1) Sikap dan SDM kerja keras kursus IHT work-shop (2) Kurikulum dan pembela jaran meng adop si dan meng adap tasi kuri kulum Cam bridge dengan kurikulum nasional pe rangkat pembelajaran PBM dan alat eva luasi bilingual dan berbasis IT (3) Ang garan dan sarpra moving class pen jad-walan kerja sama dengan pihak ketiga (4) Fasilitator kurang aktif sharing dengan fasilitator yang aktif (5) Kesen jangan komunikasi sharing dan memang gil staf khu sus (6) Mengubah pola pikir memperbaiki PBM Kepala Sekolah bersikap infor ma tif dan ter buka (7) Perubah an kebijakan sekolah komitmen yang tinggi dari tim RSBI sekolah. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini disarankan sebagai berikut (1) kepada Depdiknas Pusat diharapkan dapat meningkatkan dukungan baik dalam bentuk dana blockgrand sarana dan prasarana peningkatan SDM maupun kebi-jakan sehingga pengimplementasian RSBI dapat berhasil dengan baik (2) Dinas Pendidikan Kota Malang sebagai pengambil kebijakan dan penanggung jawab bidang pendidikan di tingkat kota diharapkan dapat menyusun ke bi jakan yang dapat mendukung berkembangnya sekolah RSBI (3) sekolah khususnya kepala sekolah yang diteliti dengan menjadikan nilai-nilai yang diyakini kebenarannya sebagai nilai ber sa ma kepala sekolah diharapkan secara bertahap dapat mening-katkan pengimple men tasian RSBI dengan tetap berpijak pada sum berdaya sekolah dan kendala yang ada (4) Komite sekolah diharapkan dapat memberikan dukung-an baik dalam bentuk pendanaan maupun dalam mem ba ngun kerjasama dengan pihak ketiga sehingga proses pembelajaran dan kualitas lulusan yang memiliki unsur plus dapat diwujudkan (5) guru sebagai ujung tombak pelaksanaan pem bel-ajaran dan upaya peningkatan mutu pendidikan diha rapkan terus meningkatkan kemampuannya melalui kursus inhouse training workshop seminar penataran dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sehingga dapat mening-katkan profesi onalismenya (6) sekolah lain kepada sekolah lainnya yang meng-inginkan output/lulus annya mampu bersaing di era global ini pengimplementasian RSBI merupakan alternatif yang perlu segera dilaksanakan dengan cara menjalin kemitraan dengan sekolah yang telah melaksanakan program RSBI (7) peneliti lainnya bila penelitian ini menekankan pada aspek kepemimpinannya peneliti selan jut nya disarankan melakukan penelitian lebih lanjut pada aspek manaje men dalam pengimplementasi RSBI (8) pengembangan ilmu pengetahuan sebagai program yang relatif masih baru RSBI masih perlu pengkajian lebih lanjut untuk mengembangkannya. Penelitian ini me rupakan salah satu upaya untuk mengem-bangkan program itu. Oleh sebab itu penelitian lainnya me nyangkut berbagai aspek dalam RSBI perlu terus dilakukan agar dapat mem per kaya referensi dalam bidang pengembangan RSBI.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57401

Actions (login required)

View Item View Item