Pengembangan multimedia pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 4 semester 2 untuk Madrasah Ibtidaiyah Sunan Kalijogo Malang / Arizki Rohmaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 4 semester 2 untuk Madrasah Ibtidaiyah Sunan Kalijogo Malang / Arizki Rohmaningrum

Rohmaningrum, Arizki (2015) Pengembangan multimedia pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 4 semester 2 untuk Madrasah Ibtidaiyah Sunan Kalijogo Malang / Arizki Rohmaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Rohmaningrum Arizki. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 4 Semester 2 Untuk Madrasah Ibtidaiyah Sunan Kalijogo Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dra. Susilaningsih M.Pd (II) Henry Praherdhiono S.Si M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Multimedia Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Multimedia pembelajaran merupakan merupakan program aplikasi perpaduan dari beberapa komponen media (teks grafik gambar audio video animasi) dikemas menarik serta dirancang secara sistematik komunikatif dan interaktif yang berfungsi membantu penyampaian materi kepada siswa dalam kegiatan pembelajaran. Multimedia ini bersifat interaktif dalam hal ini pengguna / siswa diberikan kebebasan memilih materi yang akan dipelajari. Dalam mempelajari materi perkembangan teknologi komunikasi materi tersebut dijelaskan melalui teks gambar audio dan video agar siswa lebih mudah memahami materi dengan adanya unsur media tersebut. Tujuan dari pengembangan yaitu untuk menghasilkan suatu produk multimedia pembelajaran yang valid sebagai sumber belajar yang memenuhi kualifikasi sekolah dalam mata pelajaran IPS kelas 4 materi perkembangan teknologi komunikasi. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang dikembangkan oleh Mollenda. langkah-langkah pengembangan ini yaitu Analisis desain pengembangan implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian dalam validasi pengembangan ini yaitu siswa kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Sunan Kalijogo Malang. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Multimedia pembelajaran ini divalidasi oleh 1 orang ahli media dan 1 orang ahli materi serta pada ujicoba lapangan sebanyak 18 orang. Setelah dilakukan metode analisis hasil validasi multimedia pembelajaran ini dinyatakan valid dengan hasil perhitungan ahli materi didapatkan skor prosentase sebesar 92 5% ahli media sebesar 88 75% dari ujicoba lapangan didapat skor prosentase 93 1%. Hal ini menunjukan bahwa multimedia pembelajaran ini dinyatakan valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Multimedia pembelajaran ini dinyatakan memenuhi kualifikasi yang telah ditentukan sekolah yaitu berupa kriteria ketuntasan minimal (KKM) hal ini terbukti dari skor tes hasil latihan soal semua siswa kelas 4 yang memenuhi KKM ( 8805 75) telah dinyatakan tuntas. Disarankan untuk pengembang selanjutnya bisa mengembangkan multimedia pembelajaran lebih baik lagi tepat guna tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/574

Actions (login required)

View Item View Item