Hubungan antara supervisi pengawas sekolah, intensitas kegiatan MGMP dan motivasi berprestasi guru dengan profesionalisme guru SMA negeri di Kota Malang / Rachmat Suliadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara supervisi pengawas sekolah, intensitas kegiatan MGMP dan motivasi berprestasi guru dengan profesionalisme guru SMA negeri di Kota Malang / Rachmat Suliadi

Suliadi, Rachmat (2010) Hubungan antara supervisi pengawas sekolah, intensitas kegiatan MGMP dan motivasi berprestasi guru dengan profesionalisme guru SMA negeri di Kota Malang / Rachmat Suliadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suliadi Rachmat. 2009. Hubungan Antara Supervisi Pengawas Sekolah Inten-sitas Kegiatan MGMP dan Motivasi Berprestasi Guru dengan Profesi-nalisme Guru SMA Negeri di Kota Malang. Tesis Program Studi Manaje-men Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pem-bimbing (I) Prof. Dr. Salladien (II) Prof. Dr. Hendyat Soetopo M.Pd. Kata Kunci supervisi pengawas sekolah intensitas kegiatan MGMP motivasi berprestasi guru dan profesionalisme guru Agar mampu berperan dalam persaingan global maka sebagai bangsa kita perlu terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas SDM. Berbicara menge-nai peningkatan kualitas SDM maka pendidikan memegang peran yang sangat penting. Menyadari hal tersebut maka pemerintah bersama kalangan swasta telah dan terus berupaya mewujudkannya melalui berbagai usaha pembangunan pendi-dikan yang lebih berkualitas. Tetapi kenyataannya upaya pemerintah tersebut belum cukup berarti dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu faktor yang dianggap sebagai penyebab mutu pendidikan yang rendah adalah kualitas guru yang rendah. Kuali-tas pendidikan bukan diakibatkan oleh kurikulum tetapi oleh kurangnya kemam-puan profesional guru dan keengganan belajar siswa (Nasanius 2007). Hal ini tentunya merupakan hal yang kurang baik karena guru sebagai pendidik maupun pengajar merupakan faktor penentu keberhasilan pendidikan di sekolah. Menurut Depdiknas (1994) kemampuan melaksanakan kegiatan belajar mengajar bergan-tung kepada kemampuan profesional guru. Dengan demikian bisa dikatakan bah-wa guru yang profesional akan dapat mengelola kegiatan belajar mengajar secara lebih baik sehingga dapat meningkatkan mutu proses dan hasil belajar siswa. Berbagai upaya dapat dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme gu-ru antara lain melalui (1) supervisi pengajaran oleh pengawas sekolah dan kepala sekolah (2) pemanfaatan organisasi profesi seperti MGMP (3) pelaksanaan serti-fikasi guru (4) peningkatan kualifikasi dan persyaratan jenjang pendidikan yang lebih tinggi bagi guru (5) pelaksanaan tugas belajar. Selain itu peningkatan pro-fesionalisme guru juga dapat dilakukan dengan meningkatkan motivasi (dorongan) kepada guru terutama motivasi berprestasi. Hal ini mengingat salah satu ciri sese-orang dikatakan bermotivasi prestasi tinggi adalah selalu bekerja keras mencapai kesuksesan demi kepuasan batin tanpa memikirkan pujian maupun imbalan (reward). Berdasarkan hal di atas penulis menganggap perlu mengetahui secara le-bih mendalam hubungan antara supervisi yang dilaksanakan oleh pengawas seko-lah intensitas kegiatan MGMP dan motivasi berprestasi guru dengan profesiona-lisme guru SMA Negeri di kota Malang dengan rumusan masalah (1) bagaima-nakah gambaran tentang supervisi oleh pengawas sekolah yang dilakukan di SMA Negeri di kota Malang (2) bagaimanakah gambaran tentang intensitas kegiatan MGMP oleh guru-guru SMA Negeri di kota Malang (3) bagaimanakah gambar-an tentang motivasi berprestasi guru -guru SMA Negeri di kota Malang (4) ba-gaimanakah gambaran tentang profesionalisme guru (5) apakah ada hubungan antara supervisi pengawas sekolah dengan profesionalisme guru (6) apakah ada hubungan antara intensitas kegiatan MGMP dengan profesionalisme guru (7) apakah ada hubungan antara motivasi berprestasi guru dengan dengan profesiona-lisme guru (8) apakah ada hubungan antara supervisi pengawas intensitas ke-giatan MGMP dan motivasi berprestasi guru secara simultan dengan dengan pro-fesionalisme guru SMA Negeri di kota Malang . Berdasarkan rumusan masalah yang diajukan maka tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui gambaran tentang supervisi oleh pengawas sekolah intensitas kegiatan MGMP motivasi berprestasi guru dan profesionalisme guru-guru SMA Negeri di kota Malang serta untuk mengetahui seberapa besar hubu-ngan antar variabel penelitian yaitu antara (2) supervisi pengawas sekolah dengan profesionalisme guru intensitas kegiatan MGMP dengan profesionalisme guru motivasi berprestasi guru dengan profesionalisme guru serta hubungan secara bersama-sama antara supervisi pengawas intensitas kegiatan MGMP dan motivasi berprestasi guru dengan profesionalisme guru SMA Negeri di kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan pe-nelitian deskriptif korelasional. Adapun variabel-variabel penelitian sekaligus yang ingin dicari hubungannya adalah variabel bebas yang terdiri dari supervisi pengawas sekolah (X1) intensitas kegiatan MGMP (X2) motivasi berprestasi guru (X3) dan variabel terikat berupa profesionalisme guru (Y). Populasi penelitian ini adalah guru-guru di seluruh SMA Negeri di kota Malang yang berjumlah 556 orang yang tersebar di 10 SMA Negeri di kota Malang. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 112 orang yang ditentukan dengan meng-gunakan metode Proposional random sampling. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen angket model tertutup yang dikembangkan oleh peneliti dalam bentuk rating scale. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi ganda untuk uji hipotesis dengan bantuan program analisis statistik SPSS 13 0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) supervisi pengawas sekolah di kota Malang termasuk dalam kategori rendah (2) intensitas kegiatan MGMP ter-masuk dalam kategori sedang (3) motivasi berprestasi guru termasuk dalam kate-gori tinggi dan (4) profesionalisme guru SMA Negeri di kota Malang masuk da-lam kategori tinggi. Sedangkan hasil analisis regresinya (korelasi) adalah (1) ter-dapat hubungan yang signifikan antara supervisi pengawas sekolah dengan profe-sionalisme guru (2) terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas kegiatan MGMP dengan profesionalisme guru (3) terdapat hubungan yang signifikan an-tara motivasi berprestasi guru dengan profesionalisme guru serta (4) terdapat hu-bungan yang signifikan antara supervisi pengawas sekolah intensitas kegiatan MGMP dan motivasi berprestasi guru secara simultan terhadap proses profesio-nalisme guru. Dari hasil penelitian ini diharapkan agar (1) para pengawas sekolah me-ningkatkan pelaksanaan supervisi akademiknya secara lebih baik dan sistimatis (2) pelaksanaan kegiatan MGMP dapat ditingkatkan lebih baik lagi di masa yang akan datang agar pembinaan profesionalisme guru melalui MGMP dapat terlaksana de-ngan baik (3) mengingat variabel motivasi berprestasi memberikan kontribusi yang tinggi terhadap profesionalisme guru SMA Negeri di Kota Malang maka disarankan kepada supervisor maupun pihak yang berkepentingan (kepala sekolah dan Dinas pendidikan) untuk selalu memberikan motivasi berprestasi kepada guru-guru guna peningkatan profesionalisme mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57394

Actions (login required)

View Item View Item