Kontribusi gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi berprestasi guru, dan kompensasi kerja terhadap kinerja guru SMK negeri, SMA negeri, dan SMP negeri di Kabupaten Tuban / Sholihin - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi berprestasi guru, dan kompensasi kerja terhadap kinerja guru SMK negeri, SMA negeri, dan SMP negeri di Kabupaten Tuban / Sholihin

Sholihin (2010) Kontribusi gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi berprestasi guru, dan kompensasi kerja terhadap kinerja guru SMK negeri, SMA negeri, dan SMP negeri di Kabupaten Tuban / Sholihin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sholihin. 2009. Kontribusi Kepemimpinan Ttransformasional Kepala sekolah Motivasi Berprestasi dan Kompensasi Kerja terhadap Kinerja Guru di SMA negeri SMK Negeri dan SMP negeri di Kabupaten Tuban. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Program pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Willem Mantja M. Pd (II) Prof. Dr. Ibrahim Bafadal M. Pd. Kata kunci kepemimpinan transformasional motivasi berprestasi kompensasi kinerja. Kinerja guru sangat menentukan keberhasilan suatu program pendidikan sebab guru merupakan pelaksana pendidikan di sekolah. Guru merupakan sosok yang bersentuhan langsung dengan siswa. Salah satu faktor penentu keberhasilan sekolah adalah peran pokok yang dimainkan oleh kepala sekolah melalui kepemimpinannya dengan membangun dan mempertahankan semangat kerja yang positif dan tinggi. Kepala sekolah yang mempunyai tujuan secara terus-menerus untuk meningkatkan kinerja para guru dan stafnya pada dasarnya merupakan seorang pemimpin transformasional. Kepala sekolah harus mampu membangkitkan motivasi para guru untuk bekerja dengan sebaik-baiknya dan mencapai prestasi kerja yang sebaik-baiknya pula. Motivasi untuk mencapai prestasi sebaik-baiknya inilah yang disebut motivasi berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (a) kinerja guru di SMK Negeri SMA Negeri dan SMP Negeri di Kabupaten Tuban (b) kepemimpinan transformasional kepala sekolah di SMK Negeri SMA Negeri dan SMP Negeri di Kabupaten Tuban (c) motivasi berprestasi guru di SMK Negeri SMA Negeri dan SMP Negeri di Kabupaten Tuban (d) kompensasi kerja guru di SMk Negeri SMA Negeri dan SMP Negeri di Kabupaten Tuban (e) ada tidaknya hubungan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kinerja guru SMK Negeri SMA Negeri dan SMP Negeri di Kabupaten Tuban (f) ada tidaknya hubungan antara motivasi berprestasi dengan kinerja guru SMK Negeri SMA Negeri dan SMP Negeri di Kabupaten Tuban (g) ada tidaknya hubungan antara kompensasi kerja dengan kinerja guru SMK Negeri SMA Negeri dan SMP Negeri di Kabupaten Tuban (h) ada tidaknya hubungan antara kepemimpinan transformasional motivasi berprestasi dan kompensasi kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru SMK Negeri SMA Negeri dan SMP Negeri di Kabupaten Tuban (i) seberapa besar kontribusi kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru SMK Negeri SMA Negeri dan SMP Negeri di Kabupaten Tuban (j) seberapa besar kontribusi motivasi berprestasi terhadap kinerja guru SMK Negeri SMA Negeri dan SMP Negeri di Kabupaten Tuban dan (k) seberapa besar kontribusi kompensasi kerja terhadap kinerja guru SMK Negeri SMA Negeri dan SMP Negeri di Kabupaten Tuban. Penelitian ini dirancang guna mengetahui ada tidaknya korelasi variabel independen terhadap variabel dependen. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif korelasional. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari tiga variabel bebas yaitu kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) motivasi berprestasi (X2) dan kompensasi kerja (X3). Adapun variabel terikatnya adalah kinerja guru (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru pada tujuh SMP Negeri empat SMA Negeri dan lima SMK Negeri di Kabupaten Tuban sebanyak 760 orang. Dengan menggunakan teknik proporsional sampling maka besar sampel dari tiap sekolah ditetapkan 20% dari populasi tiap sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) Kinerja guru SMK Negeri SMA Negeri dan SMP Negeri di Tuban sangat tinggi. (b) kepemimpinan transformasional kepala sekolah SMK Negeri SMA Negeri dan SMP Negeri di Tuban adalah sangat tinggi. (c) Motivasi berprestasi guru SMK Negeri SMA Negeri dan SMP Negeri di Tuban sangat tinggi. (d) Kompensasi kerja yang diterima guru di SMK Negeri SMA Negeri dan SMP Negeri di Kabupaten Tuban adalah tinggi. (e) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah berhubungan secara signifikan dengan kinerja guru. (f) Kompensasi kerja guru SMK Negeri SMA Negeri dan SMP Negeri di Tuban berpengaruh terhadap kinerja guru. (g) Kompensasi kerja berhubungan secara signifikan terhadap kinerja guru. (h) Variabel kepemimpinan motivasi berprestasi dan kompensasi kerja guru terbukti berpengaruh secara bersama-sama terhadap kinerja guru. (i) besar kontribusi relatif kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru adalah 11.8% sedangkan besarnya sumbangan efektifnya 8% (j) Motivasi berprestasi guru mempunyai sumbangan relatif terhadap kinerja guru sebasar 42.7% sumbangan efektif sebesar 29% dan (k) Besar sumbangan relatif kompensasi kerja terhadap kinerja guru adalah 5.2% sedangkan sumbangan efektifnya adalah 3.5% Karena kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komepnsasi kerja guru berpengaruh terhadap kinerja guru baik secara parsial maupun bersama-sama maka kepala sekolah harus terus meningkatkan kualitas kepemimpinan transformasional dan kompensasi kerja guru. Sedangkan guru harus terus meningkatkan motivasi berprestasinya agar dapat mencapai kinerja maksimal yaitu mencapai hasil belajar siswa secara maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57393

Actions (login required)

View Item View Item