Kontribusi gaya kepemimpinan, iklim sekolah, dan EQ kepala sekolah terhadap keberhasilan sekolah menurut persepsi guru SMK di Kota Blitar / Sugiyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi gaya kepemimpinan, iklim sekolah, dan EQ kepala sekolah terhadap keberhasilan sekolah menurut persepsi guru SMK di Kota Blitar / Sugiyanto

Sugiyanto (2010) Kontribusi gaya kepemimpinan, iklim sekolah, dan EQ kepala sekolah terhadap keberhasilan sekolah menurut persepsi guru SMK di Kota Blitar / Sugiyanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kualitas kehidupan bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan. Peran pendidikan sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas agar mampu bersaing di era global yang semakin kompleks dan menuntut kualitas SDM untuk berbagai aspek kehidupan manusia (Diknas 2000). Agar SDM berkualitas proses pendidikan di sekolah harus berjalan efektif hingga mencapai tujuan berdasarkan indikator keberhasilan sekolah yang ditetapkan. Berdasarkan informasi riil sekolah-sekolah unggulan cenderung stabil dalam prestasi akademik tinggi sementara sekolah lain dan sekolah pinggiran cenderung mengalami fluktuasi seiring dengan rotasi kepala sekolah. Ini berarti kompetensi kepala sekolah memberi kontribusi terhadap keberhasilan sekolah. Menurut beberapa teori dan penelitian yang ada faktor-faktor penyebab keberhasilan sekolah sangat bervariasi di antaranya kompetensi manajerial kepala sekolah. Kompetensi yang dimaksud meliputi kemampuan manajemen dan kepemimpinan yang dilengkapi keterampilan konseptual insani dan teknis. Kemampuan insani tersebut antara lain kecerdasan intelegensi kecerdasan emosional dan kepribadian yang mantap (Mantja 2002). Selain itu untuk menyelenggarakan proses pendidikan yang berkualitas dibutuhkan iklim sekolah yang kondusif. Iklim sekolah yang kondusif itu terwujud manakala kepala sekolah memiliki kecerdasan emosional tinggi dan gaya kepemimpinan yang tepat. Dengan demikian menurut peneliti ada tiga faktor utama yang mempengaruhi keberhasilan sekolah. Gaya kepemimpinan kepala sekolah iklim sekolah yang kondusif dan kecerdasan emosional kepala sekolah merupakan faktor yang dianggap memiliki kontribusi terhadap keberhasilan sekolah. Untuk menguji hipotesis tersebut maka disusun rumusan masalah sebagai berikut (1) apakah ada kontribusi yang signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap keberhasilan sekolah (2) apakah ada kontribusi yang signifikan iklim sekolah terhadap keberhasilan sekolah dan (3) apakah ada kontribusi yang signifikan kecerdasan emosional kepala sekolah terhadap keberhasilan sekolah Untuk menjawab rumusan masalah di atas penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian korelasional. Penelitian berusaha menjelaskan ada atau tidaknya kontribusi antara berbagai variabel berdasarkan besar kecilnya koefisien korelasi (Ardana 1987). Tujuan teknik korelasional adalah (1) untuk mencari bukti berdasarkan hasil pengumpulan data apakah terdapat hubungan antarvariabel atau tidak (2) untuk menjawab pertanyaan apakah hubungan antarvariabel penelitian tersebut termasuk hubungan yang kuat sedang atau lemah dan (3) ingin memperoleh kepastian secara matematik apakah hubungan antarvariabel merupakan hubungan yang signifikan ataukah hubungan yang tidak berarti atau tidak meyakinkan (Kachingan 1987). Teknik korelasi yang digunakan adalah teknik korelasi multivariat karena terdiri atas tiga variabel bebas (independent variable) dan satu variabel terikat (dependen variable). Tujuan utama penelitian ini adalah mengkaji kontribusi gaya kepemimpinan kepala sekolah iklim sekolah dan kecerdasan emosional kepala sekolah terhadap keberhasilan sekolah di SMK Negeri/Swasta Kota Blitar. Penelitian dengan teknik korelasional ini dilaksanakan di SMK Negeri Swasta di Kota Blitar. Sampel penelitian diambil secara proporsional dengan random sistematis dengan menggunakan kuesioner atau angket sebagai instrumen dalam pengumpulan data penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) berdasarkan data yang diperoleh di kantor Dinas Pendidikan Daerah Kota Blitar pada tahun pelajaran 2006/2007 terbukti bahwa tingkat keberhasilan sekolah sudah sesuai dengan harapan. Data selengkapnya tentang prestasi akademik SMK Negeri/Swasta di Kota Blitar berdasarkan hasil Ujian Alhir Nasional dapat dilihat pada lamiran 19 (2) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah yang efektif terhadap keberhasilan sekolah di SMK Negeri/Swasta Kota Blitar (3) terdapat kontribusi yang positif signifikan iklim sekolah yang kondusif terhadap keberhasilan sekolah di SMK Negeri/Swasta Kota Blitar (4) terdapat kecerdasan emosional kepala sekolah memiliki kontribusi yang positif dan signifikan terhadap keberhasilan sekolah di SMK Negeri/Swasta Kota Blitar. Kepala sekolah yang memiliki kecerdasan emosional tinggi dapat mendorong terciptanya iklim sekolah yang kondusif dan mampu menerapkan pola kepemimpinan sesuai dengan tingkat kematangan bawahan (5) secara bersama-sama terdapat kontribusi yang positif signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah iklim sekolah dan kecerdasan emosional kepala sekolah terhadap keberhasilan sekolah. Dengan simpulan di atas dapat disampaikan saran-saran sebagai berikut (1) Untuk meningkatkan keberhasilan sekolah secara efektif kepala sekolah pada SMK Kejuruan hendaknya selalu menerapkan gaya kepemimpinan yang tepat yang sesuai dengan tingkat kematangan bawahannya mengupayakan terciptanya iklim sekolah yang kondusif yang memungkinkan jalannya proses pembelajaran efektif dan meningkatkan kecerdasan emosional dirinya sehingga tercipta ketenangan dan ketentreraman bagi bawahannya. (2) Gaya kepemimpinan yang efektif iklim sekolah yang kondusif dan kecerdasan emosional kepala sekolah hendaknya menjadi indikator dalam penilaian keberhasilan sekolah. (3) Bagi Lembaga Pelatihan selain materi yang telah disiapkan calon kepala sekolah diharapkan juga menerima materi pelatihan yang dapat meningkatkan gaya kepemimpinan yang tepat iklim sekolah yang kondusif dan meningkatkan kecerdasan emosional untuk mencapai tingkat kematangan dan kemampuan manajerial yang maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57358

Actions (login required)

View Item View Item