Manajemen tatalaksana terapi perilaku anak dengan kebutuhan khusus (autisme) "Mutiara Mandiri" RSI Unisma / Rossyana Septyasih Hermawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen tatalaksana terapi perilaku anak dengan kebutuhan khusus (autisme) "Mutiara Mandiri" RSI Unisma / Rossyana Septyasih Hermawan

Rossyana Septyasih Hermawan (2009) Manajemen tatalaksana terapi perilaku anak dengan kebutuhan khusus (autisme) "Mutiara Mandiri" RSI Unisma / Rossyana Septyasih Hermawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Autisme merupakan gangguan perkembangan yang kompleks menyangkut komunikasi interaksi sosial dan aktivitas imajinasi yang gejalanya muncul sebelum anak berusia 3 tahun. Anak Autis mengalami hambatan dalam perkembangan perilaku antara lain wicara dan okupasi yang tidak berkembang seperti anak normal dimana kedua jenis perilaku ini sangat penting untuk komunikasi dan sosialisasi. Bila hambatan ini tidak segera diatasi dengan cepat dan tepat maka proses belajar anak tersebut akan terhambat termauk intelengensi emosi dan perilaku sosialnya. Tujuan penelitian untuk mengetahui usaha yang dilakukan kepala sekolah dalam perencanaan tatalaksana terapi perilaku mengorganisasikan para terapis perilaku menggerakkan para terapis perilaku dan pengawasan tatalaksana terapi perilaku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan disain studi kasus. Untuk menggali data dilakukan dengan teknik wawancara dokumentasi dan observasi. Selanjutnya hasil dari teknik tersebut dipilih dan dipilah sesuai dengan fokus penelitian. Untuk melihat keabsahan data digunakan teknik trianggulasi data dan member check. Hasil dari penelitian ini kemudian dipaparkan dan dibahas. Kesimpulan dari bahasan adalah kepala sekolah Autisme Mutiara Mandiri dalam perencanaan tatalaksana terapi perilaku mendiskusikannya dengan para anggotanya dan dalam pengorganisasian terhadap para terapisnya dilakukan dengan cara pengaturan dan pembagian tugas sesuai dengan jobnya masing-masing. Kepala sekolah juga melakukan motivasi dan koordinasi terhadap bawahannya guna meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para terapisnya serta melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan tatalaksana terapi perilaku pada anak autisme. Sebagai akhir dari penelitian ini disarankan untuk mendapatkan hasil yang sebaik-baiknya. Dalam perencanaan tatalaksana terapi perilaku sebaiknya melakukan kerjasama yang harmonis antara orang tua dengan para terapis dan diantara para terapis. Selain daripada itu juga diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada anak dengan kebutuhan khusus atau autisme untuk mengikuti pendidikan dalam sistem sekolah reguler sehingga terjadi proses adaptasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57348

Actions (login required)

View Item View Item