Hubungan antara aktivitas peran komite sekolah dengan pelaksanaan standar pelayanan minimal sekolah dasar di Kota Probolinggo / Anwar Fanani - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara aktivitas peran komite sekolah dengan pelaksanaan standar pelayanan minimal sekolah dasar di Kota Probolinggo / Anwar Fanani

Anwar Fanani (2009) Hubungan antara aktivitas peran komite sekolah dengan pelaksanaan standar pelayanan minimal sekolah dasar di Kota Probolinggo / Anwar Fanani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peran serta masyarakat khususnya orangtua siswa dalam penyelenggaraan pendidikan selama ini minim. Partisipasi masyarakat selama ini pada umumnya lebih banyak bersifat dukungan input (baca dana) bukan pada proses pendidikan (pengambilan keputusan monitoring evaluasi dan akuntabilitas). Oleh karena itu dalam manajemen pendidikan yang lebih bernuansa otonomi dan yang lebih demokratis dibentuklah Komite Sekolah di tingkat satuan pendidikan sebagai wadah yang dapat mengakomodasi pandangan aspirasi dan menggali potensi masyarakat untuk menjamin demokratisasi transparansi dan akuntabilitas pendidikan. Sehingga jelas bahwa keberadaan sekolah yang didalamnya penuh dengan pelaksanaan program pendidikan harus melibatkan paling tidak tiga unsur pokok penopang aktivitas dan efektivitas pendidikan yakni pemerintah orangtua dan masyarakat. Salah satu kebijaksanaan penting pemerintah pusat adalah penetapan standar-standar minimum dalam rangka mengendalikan mutu pendidikan secara nasional (national benchmarking). Fungsi ini antara lain diwujudkan melalui penetapan standar minimal sarana dan prasarana jumlah dan kualitas SDM proses penyelenggaraan pendidikan di sekolah serta standar minimal hasil-hasil pendidikannya. Pengendalian mutu menyangkut dua aspek yaitu administratif yakni perimbangan dalam alokasi sumber daya pendidikan serta aspek substansi yaitu pencapaian mutu hasil pendidikan. Oleh karena itu untuk membantu ketercapaian pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal di Sekolah Dasar tidak dapat terlepas dari peran serta dan keterlibatan orangtua dan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Sesuai dengan tujuan penelitian maka yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan anggota komite sekolah yang tersebar di 3 kecamatan di Kota Probolinggo dengan masing-masing sampel berjumlah 104 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis yang dipergunakan adalah teknik analisis korelasi berganda yang mana perhitungannya menggunakan bantuan komputer melalui program SPSS 10.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas peran komite sekolah sebagai badan pertimbangan dengan pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal Sekolah Dasar di Kota Probolinggo

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57343

Actions (login required)

View Item View Item