Manajemen kurikulum sistem full day school (studi kasus di MTs Negeri Malang 1) / Namira HI. Umar - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen kurikulum sistem full day school (studi kasus di MTs Negeri Malang 1) / Namira HI. Umar

Namira HI. Umar (2010) Manajemen kurikulum sistem full day school (studi kasus di MTs Negeri Malang 1) / Namira HI. Umar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Umar Namira. 2007. Manajemen Kurikulum Sistem Full Day School (Studi Kasus di MTsN Malang 1) Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Kusmintardjo M.Pd. (II) Dr. H. Imron Arifin M.Pd. Kata Kunci manajemen kurikulum full day school. Madrasah Tsanawiyah merupakan bentuk satuan pendidikan setingkat sekolah lanjutan tingkat pertama yang berciri khas agama Islam di bawah binaan Departemen Agama. Madrasah Tsanawiyah menjadi satu kesatuan dalam Sistem Pendidikan Nasioanal. Mencermati ciri khas keagamaannya itu beban madrasah ini sangat berat. Beratnya beban dapat ditunjukan dengan banyaknya jumlah mata pelajaran yang harus diberikan kepada para siswa bila dibandingkan dengan sekolah umum yang setingkat. Di satu sisi jumlah pelajarannya banyak tapi di sisi lain tidak diimbangi dengan waktu yang memadai. Banyaknya jumlah mata pelajaran itu terletak pada kurikulum yaitu 70% dari Diknas dan 30% dari Depag. Secara kuantitatif banyaknya jumlah mata pelajaran akan memberatkan siswa sehingga membuat madrasah ini sulit bersaing dengan lembaga setingkat di sekitarnya.. Tetapi fenomena berbicara lain secara empiris madrasah ini memiliki prestasi akademis yang bagus dan tetap mengembangkan nilai-nilai religius sehingga tingginya minat masyarakat untuk memasukkan putranya ke lembaga tersebut. Hal ini menunjukan bahwa lembaga ini sangat diharapkan di kota Malang. Harapan itu adalah keinginan orang tua untuk mendapatkan layanan pendidikan agama yang mantap dan pendidikan umum secara seimbang. Menjawab harapan ini sangatlah tidak mudah memerlukan upaya-upaya kreatif agar menghasilkan lulusan yang optimal. Optimalisasi itu ditunjukan dengan mantapnya proses belajar mengajar dan prestasi akademik yang kompetitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam observasi partisipan dan studi dokumen. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan credibility dependability dan konfirmability. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik ketekunan pengamatan triangulasi dan pengecekan anggota. Temuan penelitian ini dapat dipaparkan sebagai berikut (1) secara operasional perencanaan kurikulum sistem full day school di MTsN Malang 1 selalu mempedomani kalender pendidikan penyusunan program tahunan atau program semester disusun oleh para guru bidang studi yang dikoordinasi oleh masing-masing ketuanya dan perencanaan tingkat kelas dilakukan oleh masing-masing guru bidang studi atau mata pelajaran. Perencanaan tingkat kelas ini menghasilkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang akan menjadi pedoman bagi guru dalam melakukan proses belajar mengajar di kelas sedangkan perencanaan kurikulum sistem full day school secara substansi yaitu pelajaran lebih banyak dari sekolah umum lain pembinaan tambahan dan pengembangan yaitu dengan cara menambah jam mata pelajaran yang di ebtanaskan seperti bahasa Indonesia bahasa Inggris dan matematika serta pembinaan di bidang agama dan bahasa. Kurikulum yang digunakana tetap mengacu pada kurikulum nasional (Kurikulum Diknas Depag). (2) pengorganisasian kurikulum sistem full day school di MTsN Malang 1 koordinasi kepala madrasah dibantu wakil kepala urusan kurikulum MTsN Malang 1 mengatur pembagian tugas mengajar dan menyusun jadwal pelajaran. Pelaksanaan program-program kegiatan yang telah direncanakan dikoordinasikan secara baik. Jadwal pelaksanaan program disusun secara sequensial sehingga program penyusunan silabus dijadwalkan setelah guru-guru memahami kandungan konsep kurikulum dan menguasai yang diperlukan dalam proses menyusun analisis materi pelajaran sampai pada RPP di samping itu pembinaan bagi guru yang dilakukan berupa pelatihan seminar dan workshop dan beberapa wadah lain seperti musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) dan kelompok kerja madrasah. (3) dalam bidang implementasi dapat ditunjukan bahwa implementasi pembelajaran full day school yaitu guru mengajar dari jam 6.40 sampai 15.30 karena ada penambahan jam pelajaran dilaksanakan pada jam regular program yg utuh dengan harapan lulusannya berkualitas. (4) dalam bidang evaluasi telah dilakukan secara rutin evaluasi kurikulum sistem full day school evaluasi dilakukan setiap akhir tahun melalui angket untuk melihat informasi dari guru siswa orang tua dan juga dilihat dari nilai siswa dan hasil supervisi kepala madrasah. Evaluasi mempunyai tiga target yaitu evaluasi untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran memperbaiki program belajar dan tingkat pencapaian tujuan pendidikan selanjutnya. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada (1) bagi Departemen Agama hasil penelitian ini hendaknya dapat digunakan sebagai umpan balik sekaligus bahan kajian tentang manajemen kurikulum sistem full day school sebagai upaya pengembangan madrasah yang bermutu guna membangun citra madrasah di mata masayarakat khususnya dan Departemen Agama umumnya (2) bagi MTsN Malang 1 diharapkan tetap mempertahankan program manajemen kurikulum sistem full day school untuk meningkatkan mutu pendidikan sehingga prestasi belajar siswa lebih baik. Selain itu sebagai upaya inovasi pendidikan untuk pengembangan manajemen kurikulum sistem full day school dan informasi berharga bagi sekolah lain yang belum menerapkan program full day school (3) bagi sekolah lain dapat dijadikan acuan untuk ikut menerapkan manajemen kurikulum sistem full day school yang difokuskan pada aspek perencanaan pengorganisasian implementasi dan evaluasi kurikulum.(4) bagi peneliti merupakan bahan masukan untuk menambah pengalaman dan wawasan ilmiah tentang manajemen kurikulum sistem full day school sehingga dapat diterapkan di Maluku Utara dan (5) kepada peneliti lain agar dapat dimanfaatkan sebagai bahan informasi awal dan referensi terutama bagi peneliti yang ingin meneliti kasus sejenis khususnya dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57342

Actions (login required)

View Item View Item