Gaspar A.R. Pesireron (2009) Hubungan perilaku kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah dan kompensasi kerja dengan kinerja guru SMA swasta di Kota Ambon / Gaspar A.R. Pesireron. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Peningkatan kualitas pendidikan nasional merupakan kebutuhan untuk mensejajarkan Indonesia dengan negara lain. Kebutuhan ini akan terpenuhi bila proses pendidikan mampu menghasilkan sumber daya manusia yang handal. Fenomena dimaksud tentu menjadi tanggung jawab banyak pihak terutama dunia pendidikan dimana ujung tombaknya adalah guru. Guru adalah sebuah profesi intelektual yang menuntut berbagai kecakapan kompetensi dan kemampuan komprehensif. Kondisi dewasa ini belum menunjukkan harapan yang maksimal sehingga masih diperlukan berbagai upaya dan strategi yang tepat guna meningkatkan kinerja guru dengan harapan akan berdampak pada peningkatan pembelajaran di kelas. Perilaku kepemimpinan kepala sekolah iklim sekolah dan kompensasi kerja merupakan faktor penting yang berpengaruh terhadap kinerja guru termasuk guru pada SMA Swasta di kota Ambon. Untuk mengkajinya penelitian ini dilakukan dengan rumusan masalah sebagai berikut (1) bagaimana perilaku kepemimpinan kepala sekolah SMA Swasta di Kota Ambon (2) bagaimana iklim sekolah SMA Swasta di Kota Ambon (3) bagaimana kompensasi kerja SMA Swasta di Kota Ambon (4) bagaimana kinerja guru SMA Swasta di Kota Ambon (5) apakah ada hubungan yang signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru SMA Swasta di Kota Ambon (5) apakah ada hubungan yang signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru SMA Swasta di Kota Ambon (6) apakah ada hubungan yang signifikan antara iklim sekolah dengan kinerja guru SMA Swasta di Kota Ambon (7) apakah ada hubungan yang signifikan antara kompensasi kerja dengan kinerja guru SMA Swasta di Kota Ambon (8) apakah ada hubungan yang signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah iklim sekolah dan kompensasi kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru SMA Swasta di Kota Ambon. Guna menjawab rumusan masalah di atas penelitian ini dilakukan dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di sebelas SMA Swasta di Kota Ambon dengan populasi sebesar 185 orang dan sampel 121 orang. Sampel diambil secara random proporsional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket sebagai instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat perilaku kepemimpinan kepala sekolah SMA Swasta di Kota Ambon termasuk kategori tinggi yakni mencapai 57 85% (2) tingkat iklim sekolah SMA Swasta di Kota Ambon termasuk kategori tinggi yaitu 85 95% (3) tingkat kompensasi kerja SMA Swasta Kota Ambon termasuk kategori tinggi yaitu 67 77% (4) tingkat kinerja guru SMA Swasta di Kota Ambon termasuk kategori sangat tinggi yaitu 79 34% (5) terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru SMA Swasta di Kota Ambon dengan sig t 0 008 0 05 berarti ada hubungan yang signifikan (6) terdapat hubungan yang signifikan antara iklim sekolah dengan kinerja guru SMA Swasta di Kota Ambon dengan sig t 0 032 0 05 berarti ada hubungan yang signifikan (7) terdapat hubungan yang signifikan antara kompensasi kerja dengan kinerja guru SMA Swasta di Kota Ambon dengan sig t 0 043 0 05 berarti ada hubungan yang signifikan dan (8) terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah iklim sekolah dan kompensasi kerja dengan kinerja guru SMA Swasta di Kota Ambon dengan sig F 0 000 0 05 berarti ada hubungan yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan saran-saran sebagai berikut (1) para guru mendapat bahan masukan untuk memperbaiki diri dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diembankan sehingga terjadi peningkatan profesionalisme diri sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (2) kepala sekolah menjadikannya sebagai informasi yang berguna dalam rangka perbaikan perilaku kepemimpinan dengan menciptakan iklim sekolah yang kondusif serta pemberian kompensasi yang wajar sesuai kewenangannya sehingga para guru tetap berupaya meningkatkan kinerja mereka (3) diharapkan ada langkah yang disikapi oleh Dinas Pendidikan dan Olahraga Kota Ambon Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan serta instansi terkait lain terhadap penilaian kinerja kepala sekolah dan perbaikan kompensasi kerja sebagai upaya mempertahankan dan meningkatkan kinerja guru PNS yang dipekerjakan pada sekolah swasta (4) kiranya ada pertimbangan guna disikapi oleh pengelola yayasan persekolahan di Kota Ambon terutama persetujuan pengangkatan kepala sekolah serta pemberian kompensasi yang memadai sebagai upaya peningkatan kesejahteraan sehingga kinerja guru dapat dipertahankan dan ditingkatkan dan (5) perlu dilakukan penelitian lanjut untuk mengetahui kinerja guru selain variabel perilaku kepemimpinan kepala sekolah iklim sekolah dan kompensasi kerja sehingga dapat diperoleh informasi lain tentang upaya peningkatan kinerja guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57337 |
Actions (login required)
View Item |