Kepemimpinan karismatik kyai di Madrasah Aliyah Matholi'ul Anwar Lamongan / Oleh Siti Suwaibatul Aslamiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan karismatik kyai di Madrasah Aliyah Matholi'ul Anwar Lamongan / Oleh Siti Suwaibatul Aslamiyah

Siti Suwaibatul Aslamiyah (2009) Kepemimpinan karismatik kyai di Madrasah Aliyah Matholi'ul Anwar Lamongan / Oleh Siti Suwaibatul Aslamiyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemimpin karismatik mempunyai dampak yang dalam dan tidak biasa terhadap para pengikut. Mereka menganggap bahwa pemimpin itu mampu dan mereka menganggap pemimpin itu benar dan menerimanya tanpa mempertanyakannya lagi mereka tunduk kepada pemimpin dengan senang hati mereka sayang terhadap pemimpin tersebut mereka terlibat secara emosional dalam misi kelompok atau organisasi tersebut mereka yakin bahwa pemimpin mereka mampu segala-galanya. Kepala madrasah sebagai pemimpin di madrasah merupakan faktor utama dalam menjalankan madrasahnya sebagai suatu organisasi untuk mencapai tujuan pendidikan. Kepala madrasah berkewajiban untuk menjalankan dan merealisasikan visi dan misi madrasah. Untuk itu sebagai seorang pemimpin sebuah lembaga pendidikan seharusnya memiliki karisma yang tinggi disegani dipatuhi dan dijadikan teladan oleh bawahannya. Dengan kata lain bahwa seorang pemimpin hendaknya memiliki kemampuan spiritual karena kemampuan apapun tanpa didukung oleh kemampuan spiritual tersebut tidak berarti apa-apa. Pemimpin tersebut tidak lain adalah seorang Kyai. Dengan kepemimpin karismatik Kyai tujuan yang telah direncanakan akan segera terlaksana dan dengan pemimpin yang karismatik pula kepercayan masyarakat terhadap madrasah semakin kuat. Untuk itu penelitian ini difokuskan pada kepemimpinan karismatik Kyai di Madrasah Aliyah Matholi ul Anwar Lamongan dengan rincian fokus (1) bagaimana pelaksanaan kepemimpinan karismatik Kyai di Madrasah Aliyah Matholi ul Anwar (2) bagaimana iklim kerja di Madrasah Aliyah Matholi ul Anwar di bawah kepemimpinan karismatik Kyai (3) bagaimana pandangan guru pegawai siswa dan orang tua siswa terhadap kepemimpinan karismatik Kyai di Madrasah Aliyah Matholi ul Anwar Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara mendalam (2) observasi berperan serta (3) studi dokumentasi. Data diperoleh melalui (1) wawancara langsung dengan informan ( pejabat Depag. kepala madrasah guru siswa dan orang tua siswa yang berupa perkataan lisan dan perilaku informan serta pengamatan langsung yang berkaitan dengan kepemimpinan karismatik. (2) dokumen-dokumen foto-foto dan benda-benda yang dapat digunakan sebagai pelengkap data hasil wawancara dan pengamatan langsung. Data yang diperoleh di analisis dengan alur reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan/verifikasi. Proses analisis dilakukan sejak memasuki latar penelitian. Agar diperoleh temuan penelitian yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya maka hasil penelitian di uji keabsahannya. dengan uji kredibilitas depentabilitas dan konfirmabilitas melalui trianggulasi member check dan pendapat para ahli. Temuan penelitian ini adalah (1) Dalam menjalankan tugas-tugasnya kepala madrasah (Kyai) banyak dibantu oleh para wakilnya yang memperoleh kepercayaan penuh dari kepala madrasah sehingga kepala madrasah tinggal mengawasi. Kepala madrasah mempunyai pengaruh yang besar terhadap pencapaian tujuan madrasah. Pengaruh tersebut bersumber dari pribadi K.H. Mahsuli Effendi (kepala madrasah). Beliau memiliki kelebihan di bidang keagamaan yang tercermin dalam sikap dan tindakan beliau yang dijadikan teladan oleh para guru maupun pegawainya misalnya dalam berbicara memakai bahasa halus dengan intonasi bahasa yang lembut dalam pergaulan selalu mengedepankan sopan santun/tamah tamah dan familier tidak diktator tetapi bijaksana suka bersilaturrahmi keputusan diambil dengan jalan musyawarah. (2) Tercipta iklim kerja tenang damai tentram . Hal itu disebabkan karena mereka selalu menaruh hormat dan taat kepada Kyai sebagai kepala madrasah. Kepatuhan mereka disebabkan karena berharap mendapatkan barokah sehingga mereka bekerja dengan hati yang ikhlas. Keikhlasan hati dapat melahirkan kepuasan dan sebagai dampak positifnya tercipta disiplin di dalam bekerja (kinerja tinggi) (3). Para guru pegawai siswa dan orang tua siswa berpandangan bahwa kepemimpinan karismatik Kyai itu sangat penting dan mereka sangat menyukai model kepemimpinan tersebut alasannya (a) kepala madrasah tidak harus memiliki gelar akademik tetapi haruslah seorang public figur dan menjadi idola masyarakat (b) madrasah diibaratkan sebagai ladang subur dan sumber ilmu (c) perilaku anak menjadi lebih baik beliau sebagai teladan bagi mereka (d) mengharap Barokah Kyai. Berdasarkan temuan penelitian ini maka disampaikan saran (1) Bagi para pengelola pendidikan madrasah yang menggunakan pola kepemimpinan karismatik Kyai hendaknya memperhatikan segi negatifnya yaitu menutup kemungkinan bagi pihak luar yang tidak memiliki garis keturunan Kyai untuk bisa menduduki jabatan kepala. (2) Bagi para pendidik hendaknya memiliki ilmu agama dan umum terlebih bagi seorang pemimpin di lembaga pendidikan formal. (3) Bagi para siswa diharapkan memiliki cita-cita untuk menempuh pendidikan tinggi. (4) Bagi para peneliti lain diharapkan agar melakukan penelitian lebih lanjut dan lebih mendalam tentang kepemimpinan karismatik Kyai terutama di lembaga pendidikan formal (sekolah/madrasah).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57336

Actions (login required)

View Item View Item