Hubungan kemampuan guru mengelola kelas, kelengkapn sarana prasarana dan motivasi belajar siswa dengan pencapaian kompetensi mata diklat produktif siswa pada SMK Negeri di wilayah Probolinggo / oleh Dwi Rini Agus Prihatin - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kemampuan guru mengelola kelas, kelengkapn sarana prasarana dan motivasi belajar siswa dengan pencapaian kompetensi mata diklat produktif siswa pada SMK Negeri di wilayah Probolinggo / oleh Dwi Rini Agus Prihatin

Dwi Rini Agus Prihatin (2010) Hubungan kemampuan guru mengelola kelas, kelengkapn sarana prasarana dan motivasi belajar siswa dengan pencapaian kompetensi mata diklat produktif siswa pada SMK Negeri di wilayah Probolinggo / oleh Dwi Rini Agus Prihatin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia cukup memprihatinkan sehingga memerlukan pembaharuan dalam penyelenggaraan pendidikan. Oleh karena itu diperlukan suatu cara untuk mengatasinya salah satunya adalah penyempurnaan kurikulum yaitu Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) sebagai penyempurnaan kurikulum sebelumnya yang cenderung content-based. Diharapkan di era yang akan datang lulusan pendidikan nasional memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif sesuai standar mutu nasional dan internasional (Amanto 2002). Untuk mampu mengejar ketinggalan dan mengikuti perubahan yang terjadi dengan cepat sumber daya manusia yang handal dan mampu menguasai teknologi menjadi persyaratan utama yang harus disiapkan. Begitu pula dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) selain sebagai lembaga pendidikan formal diharapkan dapat berkembang menjadi Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan Terpadu (PPKT) yang mampu menyelenggarakan pelatihan berbasis kompetensi dan pembelajaran tuntas sehingga mampu menghasilkan calon tenaga kerja produktif (Depdiknas 2001). Untuk itu sistem pendidikan dan pelatihan (diklat) kejuruan harus mampu memberikan bekal keterampilan dan pengetahuan agar tamatannya menjadi tenaga kerja produktif sehingga mampu meningkatkan pendapatan dan taraf hidup serta dapat mengembangkan dirinya guna menghadapi perubahan yang kian cepat. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan sumber daya manusia tenaga kependidikan (guru) yang bermutu sebagai salah satu penentu kualitas pendidikan disamping juga didukung oleh sarana prasarana yang memadai yang dapat menunjang pendidikan berbasis kompetensi. Faktor pendukung tak kalah penting lainnya adalah motivasi belajar siswa itu sendiri yang akan menjadi penentu keberhasilan pendidikan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang dirancang sebagai penelitian deskriptif korelasional. Populasi sasaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III SMK Negeri di wilayah Probolinggo yang berjumlah 882 siswa dan tersebar pada 4 SMK Negeri yang ada di wilayah Probolinggo. Dengan menggunakan rumus Slovin ditentukan besarnya sampel sebanyak 90 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang dipergunakan adalah teknik analisis korelasi sederhana dan berganda yang mana perhitungannya menggunakan bantuan komputer melalui program SPSS 10.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) kemampuan guru SMK Negeri di wilayah Probolinggo dalam mengelola kelas dinilai cukup baik (2) kelengkapan sarana prasarana sekolah dinilai cukup baik (3) motivasi belajar siswa SMK Negeri di Wilayah Probolinggo tergolong cukup baik (4) pencapaian kompetensi mata diklat produktif siswa SMK Negeri di Wilayah Probolinggo tergolong cukup baik (5) terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan guru dalam mengelola kelas dengan pencapaian kompetensi mata diklat produktif siswa (6) terdapat hubungan yang signifikan antara kelengkapan sarana prasarana sekolah dengan pencapaian kompetensi mata diklat produktif siswa (7) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan pencapaian kompetensi mata diklat produktif siswa (8) terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan guru dalam mengelola kelas kelengkapan sarana prasarana sekolah dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama dengan pencapaian kompetensi mata diklat produktif siswa dan (9) kemampuan guru dalam mengelola kelas memiliki pengaruh yang peling dominan dibanding variabel bebas lainnya dalam mempengaruhi pencapaian kompetensi siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran yang dapat diajukan adalah (1) Bagi Kepala sekolah hendaknya kepala sekolah selalu berusaha menyediakan dan melengkapi sarana prasarana yang ada di sekolah sesuai dengan program keahlian yang ada di sekolah sehingga proses dan kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung dengan efektif serta lebih memberikan pembinaan kepada guru terutama yang berkaitan dengan kemampuan guru dalam mengajar dalam menunjang keberhasilan pendidikan (2) Bagi Guru hendaknya guru selalu meningkatkan kemampuan dan kompetensinya dalam melaksanakan peran dan fungsinya dalam bidang pengajaran dengan lebih aktif mengikuti berbagai pendidikan dan pelatihan serta pembinaan-pembinaan yang diberikan baik oleh kepala sekolah maupun dinas pendidikan untuk lebih mengembangkan sikap keprofesionalannya (3) Bagi Siswa diharapkan siswa untuk tetap mempertahankan motivasi belajarnya dan senantiasa merasa ikut memiliki sekolah beserta semua yang ada di dalamnya termasuk sarana prasarana sekolah. Sehingga dapat lebih tertib dalam pemakaian dan pemeliharaannya yang pada akhirnya akan bermuara pada peningkatan motivasi belajar siswa itu sendiri dan (4) Bagi Orang Tua hendaknya jika orang tua siswa menginginkan anaknya memiliki hasil belajar yang baik maka sudah selayaknya jika orang tua memenuhi kebutuhan akan sarana prasarana tersebut dan sekaligus partisipasi orang tua untuk senantiasa mengingatkan anaknya agar dapat bersikap tertib dan baik selama di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57334

Actions (login required)

View Item View Item