Zainuddin (2009) Hubungan keterampilan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan pengajaran, mengembangkan kurikulum, dan mengembangkan staf dengan kinerja guru Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Lamongan / Zainuddin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Supervisi merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab kepala sekolah dalam kapasitasnya sebagai seorang supervisor. Agar kepala sekolah dapat melaksanakan tugasnya dengan baik maka kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi dituntut untuk memiliki keterampilan supervisi yang baik. Sehubungan dengan hal itu masalah pokok dalam penelitian ini ialah apakah ada hubungan yang signifikan antara keterampilan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan pengajaran keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan keterampilan dalam mengembangkan staf dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian diskriptif korelasional. Data diperoleh dari 200 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Empat jenis angket tentang (1) keterampilan dalam meningkatkan pengajaran (2) Keterampilan dalam mengembangkan kurikulum (3) keterampilan dalam mengembangkan staf dan (4) kinerja guru. Data dianalisis dengan analisis diskriptif digunakan teknik prosentase. Hasil analisis diskriptif menunjukan bahwa dari ke empat variabel penelian secara umum menunjukan katagori efektif Berdasarkan analisis uji parsial diperoleh temuan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan dalam meningkatkan pengajaran dengan kinerja guru SMA Negeri di kabupaten Lamongan (2) terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dengan kinerja guru SMA Negeri di kabupaten Lamongan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan dalam mengembangkan staf dengan kinerja guru SMA Negeri di kabupaten Lamongan (4) terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara ketiga keterampilan supervisi dengan kinerja guru SMA Negeri di kabupaten Lamongan Bertitik tolak dari hasil penelitian tersebut maka peneliti memberi saran sebagi berikut (1) bagi penentu atau pengambil kebijakan di lingkungan Dinas Pendidikan khususnya Dinas Pendidikan Lamongan bahwa hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi dalam hal pembuatan kebijakan pendidikan khususnya peningkatan kinerja guru (2) bagi kepala sekolah sebagai seorang supervisor hendaknya dapat dijadikan referensi dalam melakukan supervisi . Mengingat bahwa keterampilan supervisi itu memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru . Sehingga sekolah dapat melaksanakan fungsinya secara benar (3) bagi para guru hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan dalam meningkatkan kinerjanya karena kinerja guru ini akan sangat berpengaruh terhadap peningkatan proses pembelajaran siswa di kelas (4) bagi para pembaca hasil dari penelitian ini di-harapkan dapat menambah khasanah pengetahuan khususnya di bidang manajemen pendidikan (5) bagi para peneliti lain karena penelitian ini masih dianggap banyak kekurangan maka perlu dilakukan penelitian lanjut untuk mengetahui variabel lain yang berpengaruh terhadap kinerja guru selain dari keterampilan supervisi kepala sekolah mengigat sumbangan efektifnya yang tergolong kecil.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Mar 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57330 |
Actions (login required)
View Item |