Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer pada mata diklat dasar-dasar mesin / Wanda Ramansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer pada mata diklat dasar-dasar mesin / Wanda Ramansyah

Ramansyah, Wanda (2010) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer pada mata diklat dasar-dasar mesin / Wanda Ramansyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Komputer Dasar-Dasar Mesin Model Kemp dan Dayton. Mata diklat dasar-dasar mesin adalah mata diklat yang diberikan kepada seluruh siswa SMK kelas 1 jurusan Teknik Otomotif. Pembelajaran dalam mata diklat dasar-dasar mesin ini membahas materi-materi yang meliputi pengenalan komponen-komponen mesin 2 tak dan 4 tak cara kerja mesin 2 tak dan 4 tak sistem pelumasan dan sistem pendinginan mesin. Ditinjau dari karakteristik pembelajaran mata diklat dasar-dasar mesin tersebut maka pembahasan lebih banyak mengupas tentang pergerakan di dalam mesin. Permasalahan timbul karena pembelajaran menggunakan buku cetak atau modul tentu saja dirasakan kurang hal ini karena buku cetak atau modul hanya dapat menyajikan gambar diam saja. Tujuan pengembangan ini adalah untuk mengatasi permasalahan belajar siswa dengan menciptakan media belajar berupa multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer pada pembelajaran mata diklat dasar-dasar mesin yang bertujuan untuk membantu memudahkan dan memotivasi siswa SMK khususnya jurusan Teknik Otomotif untuk memahami materi dalam mata diklat dasar-dasar mesin. Metode pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer ini adalah menggunakan model Kemp dan Dayton di mana langkah-langkahnya adalah menentukan (1) ide atau tujuan umum pembelajaran (2) tujuan khusus pembelajaran (3) karakteristik audiens (4) isi materi (content outline) (5) treatment (6) storyboard (7) naskah (script) (8) developing editing and mixing dan (9) testing and revising. Dari hasil uji validasi produk pengembangan didapat data sebagai berikut ahli isi atau materi menyatakan produk multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer mencapai kualifikasi tinggi dengan prosentase jawaban 87 14% ahli media pembelajaran menyatakan produk multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer mencapai kualifikasi tinggi dengan prosentase jawaban 83 % dan ahli desain pembelajaran menyatakan produk multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer mencapai kualifikasi tinggi dengan prosentase jawaban 88%. Dari hasil uji coba perorangan mengenai produk multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer didapat rata-rata prosentase jawaban 90 % yang berarti produk berada pada kualifikasi sangat tinggi . Kemudian dari uji coba kelompok kecil didapat rata-rata prosentase jawaban 87 % yang berarti produk berada pada kualifikasi tinggi . Langkah terakhir pada uji coba kelompok besar didapat rata-rata prosentase jawaban 88 % yang berarti produk berada pada kualifikasi tinggi . Saran desiminasi produk pengembangan ini adalah agar produk ini dapat disebarluaskan dan digunakan oleh siswa SMK secara luas khususnya siswa SMK jurusan teknik otomotif. Namun penyebaran produk juga harus disertai dengan penyediaan fasilitas-fasilitas teknologi yang memadai seperti komputer atau laptop beserta sound system dan proyektor untuk memfasilitasi produk ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57329

Actions (login required)

View Item View Item