Firmanto, Antonius Denny (2010) Pengembangan bahan ajar mata kuliah eklesiologi program studi S1 filsafat agama Kristen STFT Widya Sasana Malang dengan model Dick & Carey / Antonius Denny Firmanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pengembangan bahan pembelajaran Eklesiologi model Dick dan Carey. Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana Malang adalah lembaga pendidikan tinggi bagi kajian filosofis-teologis. Lembaga pendidikan ini bertujuan mendalami dan mengembangkan nilai-nilai kemanusiaan. Berkenaan dengan nilai penting dari tujuan tersebut diperlukanlah adanya proses pembelajaran yang baik. Salah satu ciri dari proses pembelajaran yang baik adalah adanya bahan pembelajaran yang baik dan bermutu. Tesis ini memuat proses pengembangan bahan pembelajaran mata kuliah Eklesiologi. Tahapan pengembangan dalam tesis ini mengikuti Dick and Carey instructional system design. Pengembang memilih model ini karena Dick and Carey instructional system design menawarkan desain utuh pengembangan bahan pembel-ajaran. Rangkaian kegiatan yang dilakukan pengembang dalam mengembangkan mata kuliah eklesiologi adalah 1). mengidentifikasi tujuan umum pembelajaran 2). menganalisis pembelajaran 3). mengidentifikasi kemampuan awal dan karakteristik pebelajar 4). merumuskan tujuan khusus pembelajaran 5). menyusun instrumen penilaian 6). mengembangkan strategi pembelajaran 7). mengembangkan dan memilih bahan ajar 8). merancang dan melaksanakan evaluasi formatif 9) merevisi pengajaran dan 10). merancang dan melakukan penilaian sumatif. Selama proses pengembangan bahan pembelajaran ahli isi mata kuliah Eklesiologi ahli pengem-bangan pembelajaran dan ahli media pembelajaran serta beberapa pebelajar membe-rikan tanggapan dan masukan perbaikan. Pengembangan bahan pembelajaran ini menghasilkan 1). bahan pembelajaran 2). panduan pembelajar dan 3). panduan Pebelajar. Kajian produk menunjukkan bahwa 1) ahli isi mata kuliah Eklesiologi men-yetujui substansi mata kuliah yang disajikan dalam bahan pembelajaran 2). ahli desain pengembangan pembelajaran menyetujui proses pembelajaran yang ditawar-kan dalam bahan pembelajaran 3). ahli desain media pembelajaran menerima apa yang ditampilkan melalui bahan pembelajaran dan 4). Pebelajar memberikan opini positif atas bahan pembelajaran. Bahan pembelajaran yang dikembangkan oleh Antonius Denny Firmanto ini dapat digunakan oleh pembelajar dan pebelajar di STFT Widya Sasana Malang. Bahan pembelajaran ini juga dapat digunakan oleh mereka yang berminat dalam kajian eklesiologis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Aug 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57325 |
Actions (login required)
View Item |