Pengembangan media video pembelajaran pendidikan kedisiplinan pada pelajaran PKn untuk kelas V SD / Siti Sofiyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video pembelajaran pendidikan kedisiplinan pada pelajaran PKn untuk kelas V SD / Siti Sofiyati

Sofiyati, Siti (2019) Pengembangan media video pembelajaran pendidikan kedisiplinan pada pelajaran PKn untuk kelas V SD / Siti Sofiyati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sofiyati Siti. 2017.Pengembangan Media Video Pendidikan Kedisiplinan Pada Pembelajaran PKn Kelas V SD. Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. Pembimbing (II) Dr. Suthoni M.Pd Kata Kunci Video Pembelajaran Pendidikan Kedisiplinan PKn. Media pembelajaran memiliki kedudukan yang penting dalam pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang sering kali dipakai oleh guru adalah video sebab video merupakan media yang tidak hanya berisi materi tetapi juga serangkaian kegiatan yang diikuti oleh peserta didik. Pengembangan media video pembelajaran di SD 01 Garum dilakukan karena belum adanya media video pembelajaran yang dihasilkan pada pelajaran PKn dengan materi kedisiplinan. Tujuan dari pengembangan media video untuk menghasilkan suatu produk video pembelajaran yang valid dan efektif serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn materi kedisiplinan. Tahapan ini mengikuti pengembangan model ADDIE yang terdiri dari tahapan sebagai berikut (1) analisis (2) desain (3) pengembangan (4) implementasi dan (5) evaluasi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa angket validasi pada ahli media ahli materi dan audiens serta tes hasil belajar. Jenis data yang yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Media ini divalidasi oleh ahli media dan ahli materi serta mengetahui pemanfaatan hasil belajar oleh audiens/siswa sebanyak 25 orang. Setelah dianalisis hasil validasi dari media video pembelajaran ini valid. Ahli media 88 75% dengan predikat valid. Ahli materi 88% dengan predikat valid.Uji coba perorangan 94.67% dengan predikat valid. Validasi kelompok kecil 94 20% dengan predikat valid. Validasi kelompok besar/klasikal 96 10% dengan predikat valid. Pada hasil belajar dengan media video uji tingkat keefektifannya memperoleh hasil skor siswa sebanyak 100% dimana seluruh siswa mengalami peningkatan pada hasil belajar. Kesimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif ini efektif digunakan dalam proses pembelajaran di kelas khususnya pada mata pelajaran PKn materi kedisiplinan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57295

Actions (login required)

View Item View Item