Pengembangan bahan ajar berbantuan augmented reality dan kooperatif think pair share pelajaran prakarya kelas VII SMP Negeri 4 Kota Malang / Mariyana

Mariyana (2019) Pengembangan bahan ajar berbantuan augmented reality dan kooperatif think pair share pelajaran prakarya kelas VII SMP Negeri 4 Kota Malang / Mariyana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Mariyana, 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Augmented Reality dan Kooperatif Think Pair Share Pelajaran Prakarya Kelas VII SMP Negeri 4 Kota Malang. Tesis, Program Studi Teknologi Pembelajaran. Pascasarjan. Universitas Negari Malang Pembimbing: (I). Dr. Anselmus J.E. Toenlioe, M.Pd. (II). Dr. Sulthoni, M.Pd Kata Kunci: Pengembangan, Augmented Reality, Kooperatif Think Pair Share Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan Bahan Ajar Berbantuan Augmented Reality dan Kooperatif Think Pair Share Pelajaran Prakarya Kelas VII yang diuji tingkat validasinya dan juga efektifitasnya. Pada penelitian dan pengembangan ini, peneliti menggunakan prosedur pengembangan Borg and Gall dengan tahapan: (1) penelitian dan pengumpulan data (research and information collecting); (2) perencanaan (planning yaitu menyusun rencana penelitian, meliputi..kemampuan-kemampuan yang diperlukan dalam pelaksanaan penelitian; (3) pengembangan draf produk (develop preliminary form of product); (4) uji coba lapangan awal (preliminary field testing); (5) merevisi hasil uji coba (main product revision); (6) uji coba lapangan (main field testing); (7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan (operasional product revision); (8) uji pelaksanaan lapangan (operasional field testing); (9) penyempurnaan produk akhir (final product revision); (10) diseminasi dan implementasi (dissemination and implementation). Penelitian ini dilakukan pada SMP Negeri 4 Kota Malang. Hasil validasi Bahan Ajar Berbantu Augmented Reality dan Kooperatif Think Pair Share Pelajaran Prakarya Kelas VII Oleh Ahli Media sebesar 91,67% dengan predikat valid, Ahli Desain sebesar 89,17% dengan predikat valid, Ahli Materi sebesar 93,33% dengan predikat valid. Hasil uji coba skala kecil sebesar 93,46% dengan predikat valid, presentase uji coba lapangan sebesar 91,86% dengan predikat valid. Selain tingkat kevalidan, Bahan Ajar Berbantuan Augmented Reality dan Kooperatif Think Pair Share Pelajaran Prakarya Kelas VII ini diuji tingkat kefektifannya dalam pembelajaran. Uji keefektifan memperoleh nilai 96,97%. Berdasarkan hasil keseluruhan uji validasi dan uji kefektifan produk maka dapat disimpulkan Bahan Ajar Berbantu Augmented Reality dan Kooperatif Think Pair Share Pelajaran Prakarya Kelas VII ÔÇ£LAYAK dan EFEKTIFÔÇØ untuk digunakan sebagai suplemen pembelajaran mata pelajaran Prakarya untuk SMP kelas VII semester 1

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57292

Actions (login required)

View Item View Item