Pengembangan multi media interaktif berbasis gamifikasi bermuatan cultural deviance solution sebagai pendidikan karakter siswa SD / Cici Meilindia Anggraeni

Anggraeni, Cici Meilindia (2019) Pengembangan multi media interaktif berbasis gamifikasi bermuatan cultural deviance solution sebagai pendidikan karakter siswa SD / Cici Meilindia Anggraeni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Anggraeni, Cici. M. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Gamifikasi bermuatan Cultural Deviance Solution sebagai Pendidikan Karakter Siswa SD. Tesis, Jurusan Teknologi Pembelajaran, Fakultas Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd (II) Prof. Dr. Punaji Setyosari, M.Pd, M.Ed. Kata Kunci: multimedia interaktif, gamifikasi, cultural deviance solution, pendidikan karakter. Pengembangan multimedia interaktif berbasis gamifikasi dilakukan untuk mengoptimalkan proses belajar di dalam kelas, serta pemanfaatan fasilitas yang tersedia disekolah berupa laboratorium computer yang masih minim, karena keterbatasan waktu serta kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis elektronik. Sedangkan minat siswa dalam belajar menggunakan teknologi sangat tinggi. Maka, dengan dikembangkannya multimedia interaktif berbasis gamifikasi ini diharapkan mampu membantu guru dalam mempermudah penyampaian pesan, serta siswa lebih termotivasi dalam belajar. SDN Karang Besuki 1 Malang, merupakan salah satu sekolah yang sudah menerapkan program penguatan pendidikan karakter dalam kegiatan pembelajarannya. Pengenalan tentang indahnya keragaman negeri adalah salah satu bahasan yang terdapat pada mata pelajaran kelas IV yang merupakan salah satu upaya dalam pelaksanaan penguatan pendidikan karakter sebagai solusi alternatif penyimpangan budaya (cultural deviance solution). Metode pengembangan yang digunakan adalah Lee & Owens (2004). Langkah-langkah tahap pengembangannya antara lain: 1) tahap analisis, (2) tahap desain, (3) tahap pengembangan, (4) tahap implementasi dan (5) tahap evaluasi. Subjek penelitian dalam pengembangan ini adalah siswa kelas IV SDN Karang Besuki Malang yang berjumlah 34 orang. Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi, ahli media, serta uji coba lapangan diperoleh data yang valid. Hasil validasi ahli media diperoleh hasil dengan persentase 95%, ahli materi diperoleh hasil dengan persentase 93%, dan dari uji coba lapangan terhadap siswa diperoleh hasil dengan persentase 89%. Sehingga multimedia interaktif layak digunakan pada pembelajaran pengenalan indahnya keragaman Negeri kelas IV di SDN Karang Besuki 1 Malang. Sedangkan hasil uji coba lapangan juga diperoleh data valid dan layak digunakan, serta hasil evaluasi pembelajaran untuk aspek pengetahuan dinyatakan efektif karena nilai rata-rata siswa di atas KKM.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57291

Actions (login required)

View Item View Item