Pengembangan sistem open educational resource berbasis web sebagai pendukung dalam pendekatan transdisipliner / Dio Lingga Purwodani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sistem open educational resource berbasis web sebagai pendukung dalam pendekatan transdisipliner / Dio Lingga Purwodani

Purwodani, Dio Lingga (2018) Pengembangan sistem open educational resource berbasis web sebagai pendukung dalam pendekatan transdisipliner / Dio Lingga Purwodani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purwodani Dio.L. 2018. Pengembangan Sistem Open Educational Resource Berbasis Web Sebagai Pendukung Dalam Pendekatan Transdisipliner. Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sulton M.Pd. (II) Dr. Henry Praherdhiono S.Si M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Sistem OER transdisipliner website sumber belajar Revolusi digital pada abad ini ditandai dengan kolaborasi teknologi yang mengaburkan antara ruang fisik digital dan biologis. Kemahiran generasi Z dalam teknologi informasi sehingga mereka dapat dengan mudah mencari informasi untuk kepentingan pendidikan maupun kepentingan lainnya dapat diakses dengan mudah dan cepat. Apapun yang dilakukan generasi Z sering berhubungan dengan dunia maya mulai dari mencari informasi berkomunikasi maupun mencari hiburan bahkan belajar. Selain itu penerapan pendekatan transdisipliner di Universitas Negeri Malang yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar pada lintas fakultas maupun lintas prodi. Hal tersebut merupakan latar belakang dari Pengembangan Sistem Open Educational Resource Berbasis Web. Dalam sistem yang dikembangkan tersebut memberikan kemudahan bagi pengguna dalam mencari sumber belajar. Sistem tersebut dapat diakses oleh Mahasiswa Dosen dan pengguna diluar Universitas Negeri Malang. Terdapat empat kategori sumber belajar yang tersedia yaitu siaran pendidikan short course e-book dan karya mahasiswa. Dosen dan mahasiswa memiliki kesempatan dalam berkontribusi sumber belajar tersebut. Khusus untuk mahasiswa dapat berkontribusi sumber belajar setelah melewati proses review terlebih dahulu. Dalam pengembangan ini metode pengembangan yang dipilih yaitu model pengembangan Davidson-Shiver dan Rasmunssen terdapat 8 tahapan antaralain analisis rencana evaluasi desain pengembangan ujicoba implementasi evaluasi formatif implementasi menyeluruh dan evaluasi sumatif. Dikarenakan terbatasnya waktu dalam pengembangan ini pengembang hanya melaksanakan 7 langkah pengembangan tanpa tahapan evaluasi sumatif. Produk yang dikembangkan dilakukan validasi terhadap ahli media ahli sumber belajar dan diujicobakan kepada pengguna baik Dosen Mahasiswa dan pengguna umum. Hasil rekapitulasi ujicoba yang dilakukan kepada ahli sumber belajar ahli media responden dosen responden mahasiswa dan responden umum diperoleh prosentase sebesar 88.61 % dengan kata lain produk yang dikembangkan layak untuk dimanfaatkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57288

Actions (login required)

View Item View Item