Pengembangan desain sistem pembelajaran berbasis flipped classroom dengan menggunakan model assure pada mata pelajaran PJOK / Wiku Aji Sugiri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan desain sistem pembelajaran berbasis flipped classroom dengan menggunakan model assure pada mata pelajaran PJOK / Wiku Aji Sugiri

Sugiri, Wiku Aji (2018) Pengembangan desain sistem pembelajaran berbasis flipped classroom dengan menggunakan model assure pada mata pelajaran PJOK / Wiku Aji Sugiri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Sugiri W.A. 2018. Pengembangan Desain Sistem Pembelajaran Berbasis Flipped Classroom Dengan Menggunakan Model Assure Pada Mata Pelajaran PJOK. Tesis. Program Studi Teknologi Pembelajaran. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sihkabuden M.Pd (II) Saida Ulfa S.T. M.Edu. Ph.D Kata Kunci Desain Sistem Pembelajaran Flipped Classroom Model ASSURE Berdasarkan hasil pengamatan awal yang dilakukan di SMAN 10 Malang dijumpai beberapa kondisi dalam pelaksanaan pembelajaran PJOK. Beberapa kondisi tersebut antara lain (1) bahan ajar yang digunakan guru dalam menyampaikan materi hanya berupa buku paket (2) proses pembelajaran lebih banyak fokus pada guru (teacher-centered) dimana siswa lebih banyak mencontoh apa yang telah dipraktikkan oleh guru dan (3) jam pelajaran yang diberikan sangatlah terbatas alokasi waktu untuk mata pelajaran PJOK hanya 2 jam pelajaran per minggu (90 menit). Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan sebuah desain sistem pembelajaran berbasis flipped classroom dengan menggunakan model ASSURE. Dalam pengembangan model ASSURE terdapat enam langkah yang harus dilakukan oleh pengembang yaitu (a) menganilis pebelajar (b) menentukan tujuan pembelajaran (c) memilih metode media dan materi (d) menggunakan media dan materi (e) mendorong partisipasi pebelajar dan (f) evaluasi dan perbaikan. Berdasarkan hasil validasi dari ahli media ahli materi dan ahli desain pembelajaran diperoleh data yang valid ( 8805 80%) sehingga desain sistem pembelajaran ini layak untuk diimplementasikan dalam mata pelajaran PJOK. Hasil validasi ahli desain pembelajaran sebesar 93 33% ahli media sebesar 94 28% dan ahli materi sebesar 92%. Selanjutnya hasil uji coba lapangan yang diterapkan pada 30 siswa kelas X SMAN 10 Malang didapatkan hasil yang sangat efektif dimana presentase siswa yang mencapai KKM yaitu sebanyak 100%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57287

Actions (login required)

View Item View Item