Desain Pembelajaran Berbasis Transdisipliner untuk Mengembangkan Kapabilitas Mahasiswa / Yulias Prihatmoko - Repositori Universitas Negeri Malang

Desain Pembelajaran Berbasis Transdisipliner untuk Mengembangkan Kapabilitas Mahasiswa / Yulias Prihatmoko

Prihatmoko, Yulias (2018) Desain Pembelajaran Berbasis Transdisipliner untuk Mengembangkan Kapabilitas Mahasiswa / Yulias Prihatmoko. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prihatmoko Yulias. 2018. Desain Pembelajaran Berbasis Transdisipliner untuk Mengembangkan Kapabilitas Mahasiswa. Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sulton M.Pd. (II) Dr. Henry Praherdhiono S.Si M.Pd. Kata Kunci kapabilitas kompetensi life based learning desain pembelajaran Perubahan era kompetensi menjadi era kapabilitas merupakan perubahan mendasar dalam paradigma hasil belajar. Kapabilitas dipopulerkan oleh peraih nobel yaitu Amartya Sen dan Martha Nussbaum. Kapabilitas adalah kombinasi dari fungsi yang dimiliki seseorang untuk mencapai sesuatu (Nussbaum Sen 1993). Dengan demikian pengembangan kapabilitas sejauh mana seseorang dapat membangun ruang kompetensinya. Pada waktunya akan membutuhkan basis informasi yang lebih luas daripada pengukuran kinerja tradisional yang semata-mata didasarkan pada tingkat pendidikan latar belakang atau konteks ekonomi (Nussbaum and Sen 1993). Model pengembangan kapabilitas setiap keilmuan memerlukan landasan kompetensi berbagai profesi sebagai pijakan praktis. Menurut (Staron 2011) life based learning membangun pebelajar untuk memperluas kesempatan untuk pembelajaran dan pengembangan kapabilitas. Life based learning bisa juga disebut belajar berbasis kehidupan (BBK). Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan desain pembelajaran berbasis transdisipliner untuk mengembangkan kapabilitas mahasiswa. Model Pengembangan Shivers dan Rasmussen (2007) dipilih berdasarkan kesesuaian terhadap kebutuhan karateristik pengembangan. Metode pengembangan desain pembelajaran berbasis web Model Davidson-Shivers dan Rasmussen memiliki fase-fase pengembangan antara lain 1) analisis 2) rencana evaluasi 3) fase serentak yang meliputi desain pengembangan sistem uji coba implementasi dan evaluasi formatif. Fase ini dapat dilakukan bekali-kali hingga batas waktu yang tidak ditentukan 4) implementasi menyeluruh dan 5) evaluasi sumatif dan penelitian. Produk yang dihasilkan dari pengembangan ini adalah sebuah desain model pembelajaran untuk mengembangkan kapabilitas mahasiswa dengan sistem transdisipliner. Desain tersebut dirincikan dalam rancangan pembelajaran semester. Selain itu desain tersebut diintegrasikan dengan kelas on-line pada laman e-learning.um.ac.id. Matakuliah yang dipilih dalam pengembangan ini adalah matakuliah Profesi Teknologi Pendidikan Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan. Desain tersebut terdiri 1) identitas rancangan perkuliahan 2) Tahap rancangan organisasi materi/bahan kajian 3) tahap desain seting pembelajaran 4) rancangan pembelajaran sinkronous dan 5) rancangan pembelajaran asinkronous. Desain pembelajaran matakuliah Profesi Teknologi Pendidikan untuk mengembangkan kapabilitas mahasiswa dengan sistem transdisipliner ini akan diintegrasikan dengan kelas on-line. Kelas on-line dijadikan sebagai guideline pelaksanaan alur pembelajaran dan akses sumber belajar. Kelas on-line dapat diakses pada laman elearning. um.ac.id. Produk hasil pengembangan tersebut divalidasi oleh ahli desain pembelajaran. Berdasarkan tanggapan angket ahli desain pembelajaran diperoleh persentase 90 2%. Dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Tanggapan dari ahli desain pembelajaran perlu ditentukan posisi dari rancangan tersebut sebagai apa. Perlu diperjelas untuk rancangan aktivitas pebelajar dalam alur pembelajaran. Sumber pembelajaran perlu diperkaya lagi untuk menambah referensi pebelajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57286

Actions (login required)

View Item View Item