Pengaruh penerapan social learning network terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tik kelas VIII di SMP Darul 'Ulum 1 Jombang / Mohammad Bariksah Athoillah

Athoillah, Mohammad Bariksah (2018) Pengaruh penerapan social learning network terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tik kelas VIII di SMP Darul 'Ulum 1 Jombang / Mohammad Bariksah Athoillah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Athoillah, Mohammad Bariksah. 2018. Pengaruh Penerapan Social Learning Network Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas VIII di SMP Darul ÔÇÿUlum 1 Jombang. Tesis. Program Studi Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Sulton, M.Pd., (II) Dr. Sulthoni, M.Pd. Kata Kunci: pengaruh penerapan, social learning network, motivasi belajar, hasil belajar. Berawal dari semakin kompleksnya permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran konvensional, sehingga muncul suatu konsep pembelajaran berbasis internet sebagai upaya perbaikan yang dapat mengatasi permasalahan yang sulit diatasi dengan cara konvensional. Seiring berjalannya waktu, terjadilah suatu pergeseran dalam perkembangannya, sebagai bukti, adanya penggunaan media teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran, dimana media tersebut dapat digunakan sebagai media pendukung untuk lebih memudahkan terjadinya proses pembelajaran antara siswa dengan guru serta mampu menjembatani jarak antara siswa dengan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan motivasi belajar antara siswa yang dibelajarkan menggunakan Social Learning Network (edmodo) dengan siswa yang dibelajarkan secara konvensional pada mata pelajaran TIK kelas VIII, (2) perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan menggunakan Social Learning Network (edmodo) dengan siswa yang dibelajar-kan secara konvensional pada mata pelajaran TIK kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain posttest-only control group. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 57 terdiri atas 29 siswa kelompok kontrol dan 28 siswa kelompok eksperimen. Teknik pengambilan data menggunakan angket motivasi, dan angket tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian analisis uji t untuk menguji hipotesis pertama dan kedua, dilanjutkan dengan uji T2 (manova). Hasil uji hipotesis pertama, diperoleh Thitung sebesar -5,187 dan nilai Signifikan (Sig.) yang diperoleh adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan motivasi belajar antara siswa yang dibelajarkan menggunakan Social Learning Network (edmodo) dengan siswa yang dibelajarkan secara konvensional pada mata pelajaran TIK kelas VIII. Hasil uji hipotesis kedua, diperoleh Thitung = -2,950 dan nilai Signifikan (Sig.) yang diperoleh adalah 0,005 lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan menggunakan Social Learning Network (edmodo) dengan siswa yang dibelajarkan secara konvensional pada mata pelajaran TIK kelas VIII. Selanjutnya dilakukan Uji F pada Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, Roy's Largest Root diperoleh 1,307 dan nilai Signifikan (Sig.) yang diperoleh adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan Social Learning Network terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas VIII.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 14 Oct 2019 07:08
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57282

Actions (login required)

View Item View Item