Pengembangan bahan ajar pada mata kuliah ilmu alamiah dasar Program Studi Ilmu Sosial di Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi / Riztika Widyasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar pada mata kuliah ilmu alamiah dasar Program Studi Ilmu Sosial di Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi / Riztika Widyasari

Widyasari, Riztika (2018) Pengembangan bahan ajar pada mata kuliah ilmu alamiah dasar Program Studi Ilmu Sosial di Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi / Riztika Widyasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widyasari Riztika. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Pada Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar Program Studi Ilmu Sosial Di Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi. Tesis Jurusan Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sihkabuden M.Pd. (II) Dr. Sulthoni. M.Pd. Kata Kunci Bahan Ajar Ilmu Alamiah Dasar Banyaknya konsep ilmu alamiah dasar (IAD) yang bersifat abstrak dan harus diserap mahasiswa dalam waktu singkat menjadikan IAD merupakan materi yang sulit bagi kebanyakan mahasiswa di Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi. Dosen selalu dianggap memiliki pemikiran kreatif sebagai bagian yang diinginkan dari kurikulum apapun. Mata kuliah IAD adalah mata kuliah wajib ditempuh mahasiswa pada program studi ilmu sosial. Adapun karakteristik mahasiswa pada program studi sosial ini sebagian besar lulusan dari SMK dan SMA jurusan ilmu pengetahuan sosial yang dasar tentang pengetahuan ilmu alamiahnya masih minim. Kondisi inilah menuntut dosen pengampu harus berkreatif dan inovatif dalam menyusun bahan ajar agar standar kompetensi yang ditentukan tercapai. Pengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk menghasilkan bahan IAD yang layak digunakan dan untuk mengetahui tingkat keefektifannya dalam kegiatan belajar mengajar di universitas ini. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan Dick Carrey (2009) untuk mengembangkan bahan ajar IAD. Prosedur penelitian pengembangan melalui tahap (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran (2) melakukan analisis pembelajaran (3) mengidentifikasi karakteristik peserta didik (4) merumuskan tujuan khusus (5) mengembangkan butir test (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran (8) merancang dan melakukan evaluasi formatif (9) melakukan revisi bahan ajar. Produk divalidasi oleh ahli media ahli desain dan ahli materi. Uji coba dilakukan di Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi dengan subyek uji coba yaitu mahasiswa semester 2 program studi Ilmu Administrasi Negara sebanyak 22 mahasiswa. Hasil analisis data pada bahan ajar mata kuliah IAD ini memenuhi kriteria valid yakni dengan ditunjukkan dari hasil perhitungan data oleh 1 orang ahli media didapatkan hasil 97% 1 orang ahli desain didapatkan hasil 92% hasil perhitungan data 1 orang ahli materi didapatkan hasil 90% hasil perhitungan data 2 orang uji coba perorangan didapatkan 90 6% 5 orang uji coba kelompok kecil didapatkan hasil 88 8% 15 orang uji coba lapangan didapatkan hasil 90 1% dan hasil perhitungan tingkat keefektifan didapatkan hasil 95 4% dengan kategori efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Saran pengembangan selanjutnya produk bahan ajar IAD dikembangkan secara digital pada perangkat smart phone.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57280

Actions (login required)

View Item View Item